Ingin liburan segar di akhir pekan? Coba Tour de Linggarjati di Kuningan

Selasa, 23 Oktober 2018 | 09:34 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Ingin liburan segar di akhir pekan? Coba Tour de Linggarjati di Kuningan

ILUSTRASI. Wisata Bukit Panembongan


WISATA - JAKARTA. Ingin mengeksplor destinasi wisata Kuningan, Jawa Barat? Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah pusat akan menggelar Tour de Linggarjati (TdL) 2018, pada 26-28 Oktober 2018.

Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, menyebut TdL 2018 adalah cara untuk membawa Kabupaten Kuningan ke dunia global. Dia menilai, Kabupaten Kuningan memiliki potensi yang luar biasa yang layak untuk dikembangkan dan perlu diperkenalkan.

“Salah satunya lewat event sport tourism yang selama ini terbukti ampuh mempromosikan pariwisata di berbagai daerah di Indonesia," ujar Ukus Kuswara dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (23/10).

Nah, Kuningan merupakan paket lengkap wisata alam. Dari mulai air terjun yang cantik, perbukitan yang eksotik hingga taman wisata alam yang instagramable. Seperti daerah lain di Jabar, Kuningan juga punya berbagai budaya yang memukau. Seperti upacara adat, serta budaya Sunda yang masih melekat kuat dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

"Bukan itu saja. Kuningan juga memiliki berbagai destinasi wisata sejarah. Seperti Gedung Perjanjian Linggarjati. Makanya dengan berbagai keunggulan ini, Kuningan memang layak menuju pentas global," ungkap Ukus.

Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan menambahkan, saat ini Kuningan pun telah mempunyai aksesibilitas yang sangat baik. Dari Jakarta, wisatawan tinggal menuju Tol Cikapali. Perjalanan Jakarta-Kuningan hanya memakan waktu 3,5 jam.

Selain itu, untuk akses juga ada Tol Cisumdawu dan juga Bandara Internasional Kertajati bisa memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

Penginapan juga sama lengkapnya. Mau hotel berbintang ada. Mau homestay juga banyak.

Apalagi Kuningan memiliki Desa Cibuntu. Desa ini dinobatkan sebagai desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru