Ingin menanam bawang merah sendiri di rumah? Begini caranya

Jumat, 24 Juli 2020 | 18:01 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin menanam bawang merah sendiri di rumah? Begini caranya


HOBI - JAKARTA. Harga bawang merah naik turun di pasaran. Anda bisa menanam bawang merah sendiri di rumah dengan cara berikut.

Bawang merah, salah satu bumbu dapur favorit masyarakat. Tidak heran, bawang merah sering digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. 

Selain itu, bawang merah juga jadi taburan untuk beberapa menu makanan. Bawang merah jadi pelengkap yang membuat makanan menjadi lebih lezat untuk disantap. 

Baca Juga: Ini loh manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh Anda

Jadi idola masyarakat, harga bawang merah di pasaran sering naik turun. Daripada terus membeli bawang merah di pasar, Anda bisa menanam sendiri bawang merah di rumah. 

Dalam waktu dua sampai tiga bulan, Anda bisa memanen tanaman bawang merah. Menanam bawang merah tidak membutuhkan lahan yang besar, jadi Anda bisa menanamnya di belakang atau samping rumah.   

Learning Coordinator Kebun Kumara, Sarah Adipayanti, menjabarkan tips menanam bawang merah di rumah. Berikut cara dan tips menanam bawang merah di rumah. 

Alat yang perlu disiapkan 

Pertama siapkan media tanah, lahan yang cukup dan terpapar sinar matahari, benih, serta wadah untuk ditanam. 

1. Wadah untuk ditanam bisa menggunakan bekas gelas plastik dari kopi susu atau botol plastik yang sudah tidak terpakai. "Intinya memanfaatkan apa saja yang ada di rumah. 

Anda juga bisa memanfaatkan polybag, kalau bawang merah langsung di pot saja," jelas Sarah kepada Kompas.com, Minggu (21/6/2020). 

2. Sinar matahari merupakan komponen penting dalam proses menanam bawang merah. Mengingat tanaman memperlukan matahari agar bisa melakukan proses fotosintesis. 

Tanaman pangan membutuhkan panas dari sinar matahari enam sampai delapan jam dalam sehari. Sebelum memulai menanam lebih baik observasi dulu apakah di rumah ada fasilitas yang terpapar sinar matahari enam sampai delapan jam. 

3. Saat mempersiapkan media tanam, Anda bisa mengumpulkan dan mencampurkan sekam, kompos, pupuk kandang, tanah dengan perbandingan 2:1:1:2. 

Fungsi utama tanah adalah sebagai penghantar makanan bagi tumbuhan sehingga penting untuk memilih kandungan di dalamnya. Pilih tanah yang bagus kualitasnya bagus. Kualitas tanah yang baik ciri-cirinya ada tiga, berikut ciri-cirinya : 

  • Tekstur tanah gembur, tidak padat tapi juga tidak terlalu berpasir. 
  • Tanah berwarna gelap yang menandakan telah menyerap sinar matahari dan biasanya akan menyimpan banyak unsur hara. 
  • Terdapat kehidupan di dalamnya.

“Misalkan ada cacing atau ada binatang-binatang lainnya. Dengan adanya banyak kehidupan di dalam tanah tersebut itu yang menandakan tanah itu subur,” tambah Sarah.

Cara Menanam Bawang Merah 

1. Langkah pertama dalam menanam bawang merah adalah memilih bibit bawang yang baik. Anda bisa mengambil bawang yang ada di dapur rumah. Pastikan tidak ada bercak hitam atau bagian busuk pada bawang. 

2. Setelah itu bawang harus dipotong bagian atasnya dulu supaya nanti tunasnya bisa keluar dari sana. "Bawang dipotong aja 1/5 bagian atasnya. Setelah itu baru di tanam," jelas perempuan yang sering disapa Ara itu. 

3. Setelah itu persiapkan media tanam dari bawang merah. Bawang merah akan lebih cepat tumbuh dan kualitasnya baik jika media tanamnya lebih berpasir. Anda bisa menambahkan sekam lebih banyak daripada media tanah lainnya. 

4. Saat media tanam dan bibit sudah siap maka Anda bisa langsung menanam bawang merahnya. Bawang merah ditanam jangan full atau jangan sampai tertimbun semua. 

Beri celah sedikit, karena dari celah tersebut bisa tumbuh daun. Bawang suka dengan paparan sinar matahari. Pastikan bawang merah terkena paparan sinar mata hari yang cukup. 

5. Anda bisa menyirami bawang merah dua kali sehari, waktu idealnya adalah pagi sebelum jam sembilan pagi dan sore hari jam empat. Siram ke arah tanahnya, karena akar yang akan menyerap air dan menyalurkan keseluruh bagian tanaman. 

Jangan terlalu sering memberikan pupuk pada bawang merah. Sebab, tanaman tidak bisa tumbuh maksimal dan malah over dosis. 

“Lebih baik lihat kondisi tanamannya dulu jangan langsung diberikan pupuk setiap harinya,” papar wanita yang akrab disapa Ara. 

Bawang merah sudah bisa dipanen sekitar dua sampai tiga bulan setelah ditanam. Ciri bawang merah yang sudah bisa dipanen adalah daunnya sudah layu lalu siungnya sudah muncul di permukaan.(Yana Gabriella Wijaya) 

Baca Juga: Ingin punya tanaman cabai di rumah? Simak dulu tips menanam cabai dari ahlinya

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Tanam Bawang Merah di Rumah, Bisa untuk Bumbu Dapur", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru