Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.165
  • EMAS682.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Ingin menghemat biaya bagasi saat mudik, intip tipsnya berikut ini

Senin, 27 Mei 2019 / 03:00 WIB

Ingin menghemat biaya bagasi saat mudik, intip tipsnya berikut ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim mudik hampir tiba, Anda harus segera menyiapkan koper untuk berkemas. Anda harus cermat mengemas perlengkapan bila ingin bebas biaya bagasi pesawat. 

Maskapai low cost carrier telah menghapuskan fasilitas bagasi gratis untuk penumpang sejak Februari 2019. Alhasil, setiap penumpang wajib membeli bagasi bila barang bawaannya lebih dari tujuh kilogram.

Anda harus siap merogoh kocek cukup dalam untuk membeli bagasi pesawat. Karena pihak maskapai mematok tarif cukup tinggi untuk mendapatkan fasilitas bagasi tersebut.

Contohnya, maskapai Lion Air mengenakan tarif Rp 23.000 per Kg untuk rute Jakarta - Denpasar.

Bila tidak ingin mengeluarkan dana untuk membeli bagasi, Anda harus membatasi barang bawaan. Karena, maskapai hanya memberikan fasilitas gratis bagasi kabin seberat tujuh kilogram.

Anda pusing mengemas perlengkapan untuk mudik agar tidak melebihi ukuran bagasi kabin?. Jangan panik, KONTAN akan berbagai tips untuk mengemas barang bawaan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Buat daftar kegiatan 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar kegiatan selama mudik Lebaran. Usahakan Anda menuliskan kegiatan cukup detail, seperti agenda janji temu Anda dengan teman-teman.

"Dari daftar tersebut tentukan pula baju apa yang ingin dipakai," kata Andini, Marketing Communication Panorama.

Dengan begitu, Anda tahu barang apa saja yang harus dibawa.     

2. Pilih pakaian warna netral

Langkah kedua, Anda dapat memilih pakaian berwarna netral untuk dibawa. Contohnya, Anda dapat memilih pakaian warna hitam, coklat, dan putih.

Dengan begitu, Anda dapat memakai busana tersebut lebih dari satu kali. Agar tidak terlihat membosankan, Anda dapat melakukan mix and match pakaian yang dibawa.

Anton Teddy, CEO TX Travel mengatakan Anda harus pintar mengkombinasikan baju. Agar, teman-teman Anda tidak menyadari pakaian tersebut sudah pernah dipakai.

"Bila Anda berencana travelling usahakan membawa baju berbahan sintetis agar nyaman digunakan," tambahnya.

Sekedar info, baju berbahan sintetis tidak mudah lecek saat di masukkan dalam tas atau koper. Sehingga, Anda tidak perlu repot menyetrika pakaian bila ingin menggunakannya.

Andini menyarankan untuk menggulung semua baju yang Anda bawa. Agar tidak menghabiskan banyak ruang dalam koper Anda. Khusus untuk celana jeans Anda cukup melipatnya.

Bila Anda menggulungnya akan menghabiskan banyak tempat karena ukurannya yang besar.

"Susun pakaian secara berdampingan dan urutkan berdasarkan hari (memakainya)," katanya. Tujuannya, agar Anda tidak perlu membongkar koper saat mencari pakaian.

3. Bawa sepatu multifungsi

Agar tidak terlalu banyak membawa barang, sebaiknya Anda cukup membawa sepasang sandal dan sepatu.

"Pilihlah sepatu yang nyaman digunakan untuk jalan-jalan dan mendatangi acara resmi," kata Andini. Sehingga, Anda tidak perlu berganti-ganti sepatu.

Contohnya, Anda dapat membawa sepatu sneaker selama mudik di kampung.

4. Tinggalkan perlengkapan mandi

Tinggalkan perlengkapan mandi di rumah! Anda dapat membelinya di lokasi tujuan.

Andini mengaku cara ini cukup efektif untuk mengurangi barang bawaan. Anda mempunyai cukup banyak ruang kosong di dalam koper.

Anda dapat mengisi ruang kosong tersebut dengan hair dryer, catokan rambut, atau lainnya.

"Sebaiknya Anda membawa hair dryer karena banyak manfaatnya," katanya.

Sekedar info, Anda dapat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan pakaian yang terkena noda basah. Sehingga, Anda tidak perlu repot menjemur saat ingin segera memakainya.  

5. Bawa kosmetik ukuran mini

Selama mudik, Anda cukup membawa kosmetik berukuran mini. Sehingga, barang tersebut tidak memakan ruang terlalu besar dalam koper Anda.

Khusus untuk kaum hawa yang suka berdandan, Anda sebaiknya membawa kosmetik secukupnya. Anda dapat membawa kosmetik berwarna nude yang cocok digunakan setiap saat.

7. Timbang berat koper

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menimbang koper yang hendak dibawa. Tujuannya, agar Anda tidak perlu mengupgrade ukuran bagasi.

Asal tahu saja, Anda hanya diperbolehkan membawa tas seberat tujuh kilogram ke dalam pesawat. Bila lebih, Anda harus membeli bagasi pesawat yang tarifnya sudah ditentukan oleh pihak maskapai.

Untuk moda kereta api, Anda diperbolehkan membawa barang seberat 20 Kg ke dalam kereta. Bila lebih, Anda akan dikenakan denda bagasi oleh petugas stasiun.


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0010 || diagnostic_api_kanan = 0.0660 || diagnostic_web = 0.3407

Close [X]
×