Ingin menurunkan berat badan tapi malah olahraga, ikuti cara ini

Kamis, 05 November 2020 | 15:20 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin menurunkan berat badan tapi malah olahraga, ikuti cara ini


TIPS & TRIK - Jakarta. Malas berolahraga tapi ingin memiliki berat badan ideal, menjadi cita-cita banyak orang. Pasti, semua orang mau menurunkan berat badan dengan cara yang lebih cepat dan mudah untuk dijalankan.

Sebenarnya ini adalah hal yang mustahil, karena prinsip penurunan berat badan adalah kalori yang masuk lebih sedikit dari yang dikeluarkan. Walau demikian, ada beberapa trik yang dapat dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan tapi malas melakukan aktivitas yang berat, seperti dilansir dari Eat This Not That.

1. Perbanyak rempah-rempah

Memperbanyak rempah-rempah ke dalam makanan yang kita konsumsi adalah salah satu cara menurunkan berat badan. Sebuah studi dalam jurnal Appetite menemukan, bahwa partisipan makan lebih sedikit hidangan kaya akan rempah-rempah daripada hidangan yang rempah-rempahnya terasa ringan.

Memasukkan banyak bumbu maupun rempah-rempah bebas garam juga memberikan kita kenikmatan makanan yang enak, tanpa menambahkan lemak atau kalori.

Baca juga: Promo KJSM Hari Hari 5 November, banyak gratis 1 dan diskon hingga 50%

2. Menonjolkan makanan sehat

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Marketing, orang-orang lebih cenderung makan terlalu banyak camilan dari kemasan transparan daripada yang tidak tembus cahaya. Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, manfaatkan preferensi tersebut dengan mengedepankan makanan sehat dan menyembunyikan camilan berkalori tinggi di tempat yang sulit dijangkau.

Lebih baik lagi, jauhkan camilan tinggi gula dan kalori itu dari daftar belanjaan sejak awal. Gantilah dengan makanan sehat yang harus kita makan setiap hari.

3. Singkirkan camilan tak sehat

Cara lain menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan menyingkirikan camilan tak sehat. Camilan yang disimpan, baik di kulkas maupun meja makan membuat kita tergiur untuk memakannya.

Bahkan, berdasarkan studi dari PLoS ONE, kemunculan makanan tak sehat di media sosial atau foto-foto saja sudah dapat meningkatkan kadar hormon yang membuat kita merasa lapar.

Jadi, mangkuk berisi permen, toples kue, atau kantong keripik yang tersimpan di tempat yang mudah dilihat harus segera disembunyikan untuk menghindari makan kelebihan kalori saat tubuh sebenarnya tidak lapar.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru