Ini 10 Cara Mengamankan iPhone dengan Fitur Bawaan untuk Proteksi Terbaik

Selasa, 14 Mei 2024 | 11:03 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 10 Cara Mengamankan iPhone dengan Fitur Bawaan untuk Proteksi Terbaik

ILUSTRASI. Ini 10 Cara Mengamankan iPhone dengan Fitur Bawaan. REUTERS/Issei Kato


IPHONE - JAKARTA. Simak cara mengamankan iPhone dengan benar. Setiap pengguna ingin menjaga privasi dan keamanan data di Era Digital.

iPhone telah menjadi HP yang sudah banyak digunakan orang dan dipercaya memiliki keamanan tinggi. Di era digital yang penuh dengan ancaman keamanan, menjaga iPhone dari akses tidak sah menjadi prioritas utama.

Beruntungnya, Apple menyediakan berbagai fitur dan teknologi canggih untuk membantu Anda mengamankan iPhone.

Keamanan iPhone merujuk pada serangkaian fitur, teknologi, dan praktik yang dirancang untuk melindungi data dan privasi pengguna iPhone dari akses yang tidak sah atau pencurian.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan IMEI Handphone ke Bea Cukai lewat Web hingga ECD

Tips meningkatkan keamanan iPhone

ilustrasi handphone

Dengan menerapkan langkah-langkah keamanan ini, Anda dapat menjaga iPhone terlindungi dari berbagai ancaman digital dan memastikan privasi serta keamanan data pribadi.

Selain itu, beberapa fitur dapat mengamankan perangkat termasuk mendeteksi posisi saat dalam kondisi terburuk seperti hilang dan dicuri.

Berikut adalah serangkaian cara mengamankan iPhone untuk keamanan terbaik, dilansir dari Life Hacker.

Baca Juga: Cara Tethering Internet dari HP ke Laptop dalam 4 Langkah

1. Gunakan Password Manager

Anda dapat menggunakan aplikasi manajemen kata sandi dapat membantu Anda menyimpan dan mengelola kata sandi dengan aman, mencegah mereka dari dicuri atau disalahgunakan.

2. Penguncian Layar

Pengguna dapat mengatur kode sandi, pola, atau identifikasi sidik jari atau wajah untuk membuka kunci iPhone mereka. Hal ini mencegah orang lain dari mengakses perangkat tanpa izin.

Anda dapat mengaktifkan kunci sandi layar untuk layar utama iPhone Anda. Ini adalah langkah pertama dalam melindungi iPhone Anda dari akses yang tidak sah.

3. Atur Notifikasi di Lockscreen

Pastikan untuk mengatur notifikasi di layar kunci agar tidak sembarang orang dapat membaca pesan atau informasi penting pada layar kunci iPhone Anda.

4. Touch ID dan Face ID

Fitur identifikasi sidik jari (Touch ID) atau pemindaian wajah (Face ID) memungkinkan pengguna untuk membuka kunci iPhone mereka dengan cepat dan aman tanpa harus memasukkan kode sandi.

5. Pengelolaan Akses Aplikasi

Pengguna dapat memberikan atau menolak akses aplikasi terhadap informasi pribadi atau sensor perangkat, seperti lokasi GPS atau mikrofon, melalui pengaturan privasi yang disesuaikan.

Ini termasuk menonaktifkan akses ke Control Center pada layar kunci dapat membantu mencegah pencurian atau penyalahgunaan iPhone Anda.

6. App Store Curation

Apple melakukan peninjauan aplikasi yang ketat sebelum disetujui untuk ditampilkan di App Store, untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan tidak melanggar privasi pengguna.

7. Aktifkan Find My iPhone

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi iPhone mereka jika hilang atau dicuri, serta untuk mengunci atau menghapus data perangkat dari jarak jauh.

Fitur Find My iPhone memungkinkan melacak perangkat Anda melalui browser dan mengunci perangkat untuk menautkan ke perangkat lain.

8. Cadangkan Data secara Rutin

Penting untuk mencadangkan data perangkat Anda secara teratur, sehingga data Anda tidak hilang jika perangkat Anda hilang atau rusak.

9. Proteksi dari Serangan Peretasan

Apple menggunakan teknologi keamanan tinggi untuk melindungi iPhone dari serangan peretasan, termasuk deteksi dan penanggulangan malware serta upaya untuk memodifikasi atau membajak perangkat lunak.

Apple menyediakan penyimpanan awan melalui layanan iCloud, yang juga dilengkapi dengan enkripsi data end-to-end untuk melindungi data pengguna yang disimpan di cloud.

10. Selalu Update iOS

Pastikan untuk selalu mengupdate perangkat lunak iOS Anda ke versi terbaru untuk mendapatkan peningkatan keamanan dan perlindungan terhadap ancaman baru.

Ingatlah untuk selalu waspada dan berhati-hati saat menggunakan perangkat Anda di internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru