Ini 10 Cara Mengatasi HP Android Sering Ngelag Paling Efektif

Jumat, 09 Agustus 2024 | 13:16 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Ini 10 Cara Mengatasi HP Android Sering Ngelag Paling Efektif

ILUSTRASI. Ini 10 Cara Mengatasi HP Android Sering Ngelag Paling Efektif


TIPS & TRIK - Mengatasi HP Android yang sering ngelag sebenarnya cukup mudah dilakukan. Beberapa cara berikut ini bisa Anda gunakan dengan efektif.

HP ngelag jelas akan sangat mengganggu, terutama bagi Anda yang membutuhkan HP untuk bekerja atau sekadar bermain game.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang sangat mudah dilakukan. Beberapa cara berikut ini bisa secara efektif menghilangkan lag, baik untuk sementara atau jangka waktu yang lama.

Langsung saja, berikut adalah 10 cara mengatasi HP Android yang sering mengalami lag.

Baca Juga: Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BRI di ATM, Indomaret, dan Agen BRILink

1. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Mengosongkan penyimpanan secara berkala bisa jadi cara paling mudah. Cara ini bisa Anda mulai dengan menghapus file kecil yang sering menumpuk tak berguna seperti rekaman video, foto, atau gambar lain yang Anda unduh dari internet.

2. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Pengembang aplikasi saat ini mulai menyediakan produknya dalam versi Lite atau versi lebih ringan. Menggunakan aplikasi jenis ini bisa membuat kerja HP Anda lebih ringan dan mencegah lagging.

3. Matikan Tampilan Animasi

Beberapa HP memiliki sistem tampilan animasi dan efek transisi yang cukup mutakhir. Sayangnya, sistem itu bisa membuat HP bekerja lebih lambat. Anda bisa mematikan animasi lewat menu Setting > Developer options > Window animation.

Baca Juga: Cek Perbandingan Realme 13 dan Realme 12 5G, Harga di Kelas Rp 3 Jutaan

4. Bersihkan Cache

Sering dilupakan, cache dan data aplikasi dapat terkumpul dan membuat HP bekerja lebih lambat. Masuk ke Settings > Apps > [Nama Aplikasi] > Storage > Clear cache atau Clear data untuk membuat sampah aplikasi itu.

5. Update Software

Memperbarui software sesuai jadwal juga bisa membuat HP Anda bekerja dengan lebih optimal. Sistem terbaru jelas akan mencegah ngelag di HP Anda.

6. Restart HP

Dalam situasi mendesak, Anda bisa langsung me-restart HP secara paksa. Setelahnya, HP yang ngelag akan mulai bekerja secara normal kembali.

7. Tutup Background Apps

Background Apps atau aplikasi yang bekerja di belakang secara diam-diam juga bisa membuat HP melambat. Anda bisa mengatasi ini dengan menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan.

Baca Juga: Simak 2 Cara Reset HP OPPO Langsung ke Setelan Pabrik

8. Matikan Mode High-Performance 

Sejumlah HP menyediakan Mode High-Performance untuk membuat kinerja aplikasi terlihat lebih baik. Sayangnya, beberapa HP mungkin akan mengalami masalah jika sudah ada banyak aplikasi di dalamnya. Dalam kondisi itu, Anda bisa mematikan mode itu untuk sementara.

9. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Cara ini mungkin bisa jadi solusi paling mudah. Anda pasti sering mengunduh banyak aplikasi dan melupakannya begitu saja. Solusinya, langsung saja hapus seluruh aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan lagi.

10. Factory Reset

Jika semua cara di atas belum mampu mengatasi HP ngelag Anda, langkah terakhir adalah melakukan Factory Reset atau mengembalikan HP Anda ke setelan pabrik. Risikonya, seluruh data dan aplikasi Anda akan hilang, HP Anda akan kembali lagi seperti saat pertama kali dibeli.

Itu dia beberapa cara mengatasi HP Android yang sering mengalami lagging

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru