CLOSE [X]

Ini 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah, Indonesia Nomor Berapa?

Senin, 20 November 2023 | 10:01 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah, Indonesia Nomor Berapa?

ILUSTRASI. Ini 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah, Indonesia Nomor Berapa?. Sumber Foto : bryla.pl


EDUKASI - JAKARTA. Periksa daftar negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah. Negara tentu memiliki fenomena alam yang memiliki ciri-ciri khusus dan keunikannya.

Dunia ini dipenuhi dengan keajaiban geografis yang menakjubkan. Di antara semua negara yang tersebar di berbagai benua, ada salah satu negara menonjol sebagai raksasa yang mendominasi luas wilayahnya.

Rusia, menjadi negara yang memiliki bentang luas di antara dua benua besar, Asia dan Eropa, menjadi negara terluas di dunia.

Dengan keberagaman geografis yang mencakup dataran luas, pegunungan megah, dan wilayah kutub yang sepi, Rusia bukan hanya sebuah negara.

Baca Juga: Ini Bank dengan Biaya Tenaga Kerja Terbesar di Indonesia

Negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah

Rusia

Beberapa sejarah sudah menyebutkan bahwa Rusia bisa menjadi sebuah benua tersendiri yang memukau dengan kekayaan alamnya.

Dalam 10 daftar negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah berikut, tidak ada nama Indonesia.  Wilayah NKRI tercatat mencapai 1,904,569 km2 yang membuatnya masuk ke peringkat 15 dunia.

Sebagai pengetahuan umum, Anda perlu mengenal lebih jauh negara-negara terbesar di dunia dengan catatan total bentangan alam termasuk daratan dan laut.

Untuk itu, ketahui beberapa negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah dilansir dari World O Meter.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke IKN, Apa yang Terjadi dengan Jakarta? Ini Prediksinya

1. Rusia

Negara Penghasil Gas Alam terbesar ada di Rusia

Dikenal sebagai negara terbesar di dunia, Rusia mendominasi dengan total luas wilayah mencapai 17,098,242 km2. Rusia menjadi negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya.

Sebagai negara yang melintasi dua benua, Asia dan Eropa, Rusia memiliki keragaman geografis yang mencakup dataran luas, pegunungan, dan wilayah kutub.

Negara ini dibatasi oleh Laut Arktik, negara dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Belarusia, dan Ukraina.

Selain itu, Rusia juga berbatasan langsung dengan negara Asia seperti Laut Okhotsk, Laut Bering, dan bersebelahan dengan Jepang.

2. Kanada

ilustrasi Kanada - bendera Kanada

Setelah Rusia, ada negara yang terletak di Amerika Utara, Canada menempati peringkat kedua dengan total luas wilayah 9,984,670 km2.

Negara ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, termasuk pegunungan, hutan, dan danau besar. Kanada juga diapit oleh Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik yang membuat bentangan perairan semakin besar.

3. China

Bendera China

Merupakan negara terpadat penduduknya, China juga memimpin dalam hal luas wilayah dengan total mencapai 9,706,961 km2. Selain memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang luar biasa, China juga memiliki ragam lanskap geografis.

China memiliki banyak fenomena alam yang tidak terjadi di belahan dunia lain seperti sungai yang bermacam-macam bentangannya.

4. Amerika Serikat

USA

Terdiri dari 50 negara bagian, Amerika Serikat menempati peringkat keempat dengan luas wilayah mencapai 9,372,610 km2. Dengan keragaman geografi yang signifikan, termasuk pegunungan, dataran tinggi, dan pantai yang panjang, Amerika Serikat menjadi negara berkeanekaragaman alam.

Sama seperti Kanada, Amerika Serikat juga dikelilingi Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

5. Brasil

Patung Kristus Penebus

Menjadi negara terbesar di Amerika Selatan, Brazil memiliki total luas wilayah 8,515,767 km2. Selain hutan hujan Amazon yang besar, Brasil juga dikenal dengan pantai-pantai eksotisnya dan hutan hujan yang kaya akan biodiversitas.

6. Australia

Australia

Dengan total luas wilayah mencapai 7,692,024 km2, Australia menjadi negara terbesar keenam di dunia. Terkenal dengan flora dan fauna uniknya, Australia memiliki padang gurun, hutan, dan pesisir yang menakjubkan.

7. India

Polusi udara di India

Meskipun penduduknya padat, India memiliki luas wilayah yang signifikan, mencapai 3,287,590 km2. Negara ini memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang luar biasa, dengan dataran tinggi, sungai besar, dan wilayah pegunungan.

8. Argentina

ARGENTINA

Terletak di Amerika Selatan, Argentina memiliki total luas wilayah 2,780,400 km2. Negara ini dikenal dengan pampas luasnya, pegunungan Andes, dan kehidupan malam yang kaya di ibukotanya, Buenos Aires.

9. Kazakhstan

Proyek Konstruksi Terbesar di Kazakhstan

Negara di Asia Tengah ini menempati peringkat kesembilan dengan total luas wilayah 2,724,900 km2. Kazakhstan memiliki lanskap yang beragam, termasuk gurun, pegunungan, dan stepa yang luas.

10. Aljazair

Unjuk rasa warga Aljazair

Terletak di Afrika Utara, Aljazair memiliki total luas wilayah 2,381,741 km2. Dikenal dengan gurun Sahara yang sebagian besar meliputi wilayahnya, Aljazair juga memiliki pegunungan dan pesisir yang menarik.

Itulah informasi terkait 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya yang bisa menjadi pengetahuan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru