Ini 11 Cara Mengoptimalkan Mode Hemat Daya iPhone untuk Pemula

Kamis, 26 September 2024 | 14:26 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 11 Cara Mengoptimalkan Mode Hemat Daya iPhone untuk Pemula

ILUSTRASI. Cara Mengoptimalkan Mode Hemat Daya iPhone untuk Pemula


TIPS & TRIK - JAKARTA. Intip informasi terkait cara mengoptimalkan mode hemat daya iPhone. Pengguna iPhone tentu tidak asing dengan penurunan performa dari baterai pengguna.

Dalam mode hemat daya pada iPhone adalah langkah penting untuk memastikan perangkat Anda dapat digunakan lebih lama tanpa harus sering mengisi ulang baterai.

Lewat fitur Mode Daya Rendah, mengurangi kecerahan layar, dan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, daya baterai dapat dikelola lebih efisien.

Selain itu, mematikan fitur-fitur seperti layanan lokasi, notifikasi push, dan koneksi yang tidak digunakan seperti Bluetooth atau AirDrop, dapat memberikan penghematan daya yang signifikan.

Baca Juga: Intip Kode iPhone Resmi Indonesia dan Internasional Sebelum Membeli Gadget Ini

Cara mengoptimalkan mode hemat daya iPhone

Pembelian Iphone

Nah, saat melalui pengaturan yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan iPhone sehari-hari dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Simak beberapa informasi terkait cara mengoptimalkan mode hemat daya iPhone, dilansir dari Life Wire.

1. Aktifkan Mode Daya Rendah

Fitur ini dapat memperpanjang daya tahan baterai dengan mengurangi aktivitas yang berjalan di latar belakang, seperti email push dan unduhan otomatis. Caranya: Pengaturan > Baterai > Aktifkan Mode Daya Rendah.

2. Atur Kecerahan Layar

Layar yang terlalu terang dapat menguras baterai lebih cepat. Mengurangi kecerahan atau mengaktifkan Auto-Brightness bisa membantu menghemat daya. Caranya: Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Atur kecerahan sesuai kebutuhan atau aktifkan Auto-Brightness.

3. Nonaktifkan Fitur Lokasi yang Tidak Diperlukan

Fitur lokasi menggunakan banyak daya baterai. Anda dapat mematikan layanan lokasi untuk aplikasi yang tidak perlu. Caranya: Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Pilih aplikasi yang tidak memerlukan akses lokasi dan ubah menjadi "Saat Menggunakan" atau "Tidak Pernah".

4. Nonaktifkan Pembaruan Aplikasi di Latar Belakang

Nah, beberapa aplikasi terus memperbarui konten di latar belakang atau Background App Refresh, menguras daya baterai.. Nah, Anda dapat membuka menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Aplikasi Latar Belakang > Nonaktifkan atau pilih aplikasi tertentu.

5. Matikan Notifikasi Push yang Tidak Penting

Notifikasi yang muncul terus-menerus dapat menguras baterai. Matikan notifikasi push untuk aplikasi yang tidak penting. Langkahnya cukup mudah, Anda bisa buka Pengaturan > Notifikasi > Nonaktifkan notifikasi untuk aplikasi yang tidak diperlukan.

Ilustrasi HP

6. Utamakan Fitur Wi-Fi

Koneksi data seluler memakan lebih banyak daya daripada Wi-Fi. Usahakan menggunakan Wi-Fi saat memungkinkan. Anda bisa membuka menu Pengaturan > Wi-Fi > Aktifkan Wi-Fi dan sambungkan ke jaringan terdekat.

7. Matikan Bluetooth dan AirDrop Jika Tidak Digunakan

Fitur Bluetooth dan AirDrop juga menguras daya baterai jika terus aktif tanpa digunakan. Caranya: Pengaturan > Bluetooth > Nonaktifkan, atau dari Control Center matikan Bluetooth dan AirDrop.

8. Kurangi Efek Visual

Nah, Anda juga bisa mengatur dan mengurangi efek visual seperti Parallax dan animasi lainnya dapat membantu menghemat baterai. Caranya: Pengaturan > Aksesibilitas > Gerakan > Aktifkan Kurangi Gerakan.

9. Atur Penguncian Lebih Cepat

Pengguna dapat mengatur waktu penguncian otomatis menjadi lebih singkat dapat membantu mengurangi konsumsi baterai ketika layar tidak digunakan. Anda dapat membuka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Penguncian Otomatis > Atur ke waktu yang lebih singkat, misalnya 30 detik.

10. Matikan Hey Siri dan Layanan Suara Lainnya

Kemudian, Fitur "Hey Siri" dan pengenalan suara yang terus aktif menghabiskan daya baterai. Mematikannya bisa membantu menghemat daya. Caranya: Pengaturan > Siri & Pencarian > Nonaktifkan "Dengarkan 'Hey Siri'".

11. Hindari Pengisian Baterai Berlebihan

Pastikan Anda mengusahakan untuk tidak mengisi baterai hingga 100% terlalu sering dan hindari baterai turun di bawah 20% untuk menjaga kesehatan baterai jangka panjang.

Itulah penjelasan terkait cara mengoptimalkan mode hemat daya iPhone yang wajib diketahui oleh pengguna.

Selanjutnya: Prakiraan Cuaca Jakarta, Jumat (27/9): Jaksel, Jaktim, dan Jakbar Hujan

Menarik Dibaca: Katalog Promo JSM Alfamidi Spesial Gajian Hanya 4 Hari Periode 26-29 September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru