Ini 11 Tips Merencanakan Liburan Bersama Anak bagi Orang Tua

Minggu, 30 Juni 2024 | 12:45 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 11 Tips Merencanakan Liburan Bersama Anak bagi Orang Tua

ILUSTRASI. Tips Merencanakan Liburan Bersama Anak bagi Orang Tua. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin.


TIPS KELUARGA - JAKARTA. Intip panduan untuk merencanakan liburan bersama anak. Perencanaan liburan bersama anak-anak bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan sekaligus menantang.

Dengan sedikit persiapan dan perencanaan, perjalanan Anda dapat menjadi momen yang penuh kenangan manis dan tawa riang.

Saat merencanakan liburan keluarga, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan setiap anggota keluarga, terutama anak-anak yang mungkin memerlukan perhatian khusus.

Mulai dari memilih destinasi yang ramah anak hingga mempersiapkan barang-barang penting yang perlu dibawa, setiap langkah dalam persiapan ini akan memastikan perjalanan berjalan lancar dan nyaman.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Menarik, Pernah ke Karang Resik?

Perencanaan liburan bersama anak

Wisata di kawasan Kota Tua

Anda dapat menyusun rencana yang matang tidak hanya membantu mengurangi stres selama perjalanan tetapi juga membuat setiap momen liburan menjadi lebih berarti.

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, Anda bisa menikmati setiap detik liburan tanpa kekhawatiran dan benar-benar bersantai bersama anak-anak Anda.

Merencanakan perjalanan darat dengan anak-anak memerlukan persiapan khusus agar semua anggota keluarga dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mempersiapkan dan menjalani perjalanan darat bersama anak-anak, dilansir dari New Horizon.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Depok yang Menarik Dikunjungi, Pernah Coba?

1. Rencanakan Perjalanan Anda dari Awal

Perjalanan darat bisa terasa panjang, terutama bagi anak-anak. Rencanakan rute perjalanan sesuai jadwal anak Anda. Gunakan Google Maps untuk memperkirakan waktu tempuh dan sisakan waktu tambahan untuk cuaca, lalu lintas, dan pemberhentian istirahat.

Jika perjalanan memakan waktu lebih dari enam jam, pertimbangkan untuk berangkat di tengah malam atau pagi dini hari agar anak bisa tidur di dalam mobil.

2. Jadwalkan Waktu untuk Istirahat

Pemberhentian untuk ke kamar kecil adalah keharusan dalam perjalanan darat keluarga. Jadwalkan cukup waktu untuk beberapa kali berhenti di sepanjang rute. Ini memberi kesempatan untuk menggunakan toilet, meregangkan kaki, mengisi bahan bakar, dan menghirup udara segar setelah waktu yang lama di dalam mobil.

Rencanakan pemberhentian di kota besar atau pemandangan menarik untuk membuat pemberhentian lebih menarik bagi anak-anak.

3. Berikan Ruang Pribadi untuk Anak-Anak

Apabila bepergian dengan beberapa anak, beri mereka ruang pribadi sebanyak mungkin. Ini dapat mengurangi kemungkinan pertengkaran atau ketidaknyamanan. Dengan ruang yang cukup, anak-anak lebih cenderung merasa nyaman dan damai selama perjalanan.

4. Selalu Siapkan Kit Darurat Perjalanan

Setiap kemungkinan terjadinya keadaan darurat selama perjalanan. Siapkan kit darurat yang berisi peralatan P3K, obat-obatan, hand sanitizer, tisu, handuk kertas, dan pengisi daya ponsel. Ini akan sangat membantu jika terjadi kecelakaan kecil atau gangguan lainnya.

5. Ajak Anak Mengemas Tas Sendiri

Anda dapat mengajak anak-anak untuk mengemas tas ransel kecil berisi mainan, buku, boneka, atau elektronik favorit mereka. Pastikan Anda memeriksa barang-barang yang mereka bawa untuk memastikan semuanya sesuai, ramah mobil, dan tidak berlebihan.

Batasi mereka untuk memilih satu item dari setiap kategori, seperti satu mainan, satu buku, dan seterusnya.

6. Bawa Camilan Sehat

Camilan adalah teman terbaik saat perjalanan panjang. Bawalah camilan sehat dan berikan dalam interval waktu tertentu, misalnya setiap 1-2 jam. Anda bisa menghindari camilan yang berantakan dan siapkan dalam wadah kedap udara agar tetap segar. Bawa juga pendingin kecil jika perlu untuk menjaga camilan tetap dingin.

7. Siapkan Permainan Mobil yang Menyenangkan

Permainan mobil dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan. Anda dapat mencoba permainan seperti ular tangga atau boardgame selama perjalanan. Anda juga bisa membuat permainan sendiri untuk menghibur dan mendidik anak-anak selama perjalanan.

8. Temukan Kegiatan untuk Membantu Anak Memahami Waktu

Anak-anak sering kali kesulitan memahami berapa lama perjalanan berlangsung. Anda bisa membantu mereka dengan memberikan jam tangan atau jam digital dan menunjukkan interval waktu. Gunakan makanan ringan atau kegiatan tertentu sebagai penanda waktu yang berlalu.

9. Buat Daftar Putar Musik

Musik bisa menjadi hiburan yang menyenangkan selama perjalanan. Buat daftar putar dengan lagu-lagu yang disukai semua anggota keluarga. Audiobook ramah anak juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengisi waktu.

10. Rencanakan Waktu Tidur dan Waktu Tenang

Selain musik dan kegiatan, rencanakan juga waktu untuk tidur atau waktu tenang. Jika memungkinkan, sesuaikan waktu tidur anak dengan perjalanan Anda. Siapkan selimut dan ciptakan suasana tenang untuk tidur siang di mobil.

11. Duduk di Belakang Bersama Anak-Anak

Apabila bepergian dengan orang dewasa lain, pertimbangkan untuk duduk di kursi belakang bersama anak-anak untuk menemani mereka. Ini bisa menjadi waktu yang baik untuk berinteraksi dan memberikan perhatian penuh kepada mereka.

Demikian informasi terkait perencanaan liburan bersama anak yang dapat diterapkan oleh orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru