Ini 4 Cara Mengunci Layar Laptop Windows Agar Tidak Mati

Minggu, 11 Agustus 2024 | 14:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 4 Cara Mengunci Layar Laptop Windows Agar Tidak Mati

ILUSTRASI. Panduan mengunci Layar Laptop Windows Agar Tidak Mati


GADGET - JAKARTA. Intip cara mengunci layar laptop Windows agar tidak mati atau bergerak. Mungkin cara paling terkenal untuk mengunci layar adalah melalui menu.

Tindakan mengunci layar memungkinkan pengguna untuk melihat layar lebih lama tanpa perlu adanya konten screen saver.

Untuk melakukannya di Windows, pengguna perlu membuka Menu Start dengan mengklik ikon Windows, lalu klik ikon Pengguna, diikuti dengan opsi Kunci.

Sebagai alternatif, mereka bisa menekan Ctrl + Alt + Del dan klik Kunci pada layar yang muncul, atau cukup tekan Enter setelah Ctrl + Alt + Del.

Baca Juga: Cara Mengunci Chat atau Lock Chat WhatsApp Menggunakan Kode Rahasia di HP

Panduan mengunci layar laptop Windows agar tidak mati

Windows 11

Demikian pula, di macOS pengguna perlu mengklik ikon Apple di sudut kiri atas layar dan memilih Kunci Layar dari menu.

Meskipun ini bukan tindakan yang rumit, mereka memang melibatkan sejumlah gerakan mouse dan klik. Dan mengingat banyaknya orang yang tidak repot-repot mengunci perangkat mereka, tampaknya banyak yang merasa ini terlalu merepotkan.

Saat Anda kehilangan harapan untuk meyakinkan rekan-rekan Anda menggunakan opsi dasar, sarankan mereka mencoba cara yang lebih sederhana dan lebih cepat.

Berikut ini panduan untuk mengunci layar laptop Windows yang dapat dicoba dengan shortcut dan command prompt.

Baca Juga: Ini 4 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Terkunci dengan Beberapa Metode

1. Pakai pintasan keyboard

Nah, Anda bisa mengunci komputer Anda dalam hitungan detik menggunakan beberapa tombol. Anda bahkan tidak perlu mengonfigurasi apa pun. Pintasan Windows dan macOS sudah disetel secara default.

  • Di Windows (10 atau 11), cukup tekan Windows + L.
  • Di macOS, kombinasi yang Anda butuhkan adalah Control + Command + Q.

2. Pakai tombol daya

Ada metode yang bahkan lebih mudah di Mac modern: menempatkan jari Anda pada sensor Touch ID langsung mengunci layar (keyboard Apple tanpa Touch ID memiliki tombol Kunci khusus sebagai gantinya). Jadi, tidak perlu lagi mencari pintasan yang tepat di keyboard seperti satu "tombol" ini sudah cukup.

Nah, bagi pengguna Windows, tidak ada yang setara. Namun, komputer dapat dikonfigurasi sehingga menekan tombol daya akan menidurkan dan mengunci perangkat secara bersamaan.

Untuk melakukan ini, di pengaturan Daya dan tidur, buka Pilih apa yang dilakukan tombol daya di Pengaturan daya tambahan, temukan Saat saya menekan tombol daya dan pilih Tidur. Juga, di opsi Masuk, temukan Persyaratan masuk dan pilih Selalu.

3. Gerakkan pointer

Anda dapat menggunakan macOS memiliki fitur yang disebut Hot Corners. Tujuannya sangat sederhana: menggerakkan pointer ke salah satu dari empat sudut layar memicu tindakan yang telah ditentukan sebelumnya.

Tindakan tersebut bisa berupa mengunci layar. Pengaturannya hanya membutuhkan beberapa menit, setelah itu Anda bisa mengunci layar dengan satu gerakan pointer ke sudut yang dipilih.

Windows tidak memiliki fitur Hot Corners secara default. Namun, ada alat bernama WinXCorners yang memungkinkan Anda menambahkannya ke sistem dan menggunakan sudut layar, misalnya, untuk mengunci layar.

Jika Anda tidak ingin menginstal apa pun, Windows menawarkan alternatif yang mirip: Anda dapat menempatkan pintasan di desktop yang, ketika diklik dua kali, mengunci komputer.

Cukup buat pintasan baru, dan di kotak Ketik lokasi item, masukkan hal berikut: "%windir%\System32\rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation"

4. Pakai Dynamic Lock

Terakhir, opsi terbaik untuk yang sering lupa: Dynamic Lock di Windows 10 dan 11 (diperlukan Bluetooth). Fitur ini secara otomatis mengunci komputer Anda saat Anda dan perangkat yang dipasangkan keluar dari jangkauan Bluetooth.

Meskipun macOS tidak memiliki fitur bawaan seperti itu, Anda dapat mengunduh aplikasi Near Lock, yang melakukan pekerjaan yang sama.

Aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda menggunakan tidak hanya iPhone Anda, tetapi juga Apple Watch untuk secara otomatis mengunci Mac Anda.

Yang terakhir mungkin menjadi pilihan yang lebih aman: Anda mungkin tidak selalu membawa ponsel ke mana-mana di kantor, sementara (mungkin) ada lebih banyak kesempatan untuk menjaga jam tangan tetap di pergelangan tangan Anda.

Itulah panduan untuk mengonfigurasi semua perangkat Anda untuk mengunci secara otomatis setelah periode tidak aktif tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru