CLOSE [X]

Ini 5 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Pakai Warna Netral di Rumah

Jumat, 29 April 2022 | 20:16 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Ini 5 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Pakai Warna Netral di Rumah

ILUSTRASI. Berikut kelebihan dan keunggulan warna netral yang membuatnya wajib digunakan di rumah Anda. Foto: Instagram @dtchairsblog


KONTAN.CO.ID - Warna netral merupakan salah satu kelompok warna yang sangat populer digunakan di rumah-rumah, baik sebagai warna eksterior, interior, hingga furnitur dan dekorasi rumah.

Memang, jika Anda rajin menengok Instagram atau katalog-katalog rumah masa kini, kebanyakan rumah-rumah yang ditampilkan mengusung warna-warna netral seperti putih, krem, coklat, abu-abu, hingga hitam.

Kepopuleran tersebut tentu bukan tanpa sebab. Bahkan, ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan warna netral pada rumah. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 6 Trik untuk Membuat Rumah Terkesan Lebih Modern, Coba Yuk!

Membantu menonjolkan detail ruangan

Dikutip dari MyMove, penggunaan warna netral bisa membantu menonjolkan detail yang ada di suatu ruangan, lo. Sebab, warnanya yang simpel memudahkan Anda untuk berfokus pada hal-hal seperti tekstur dinding, kilau lantai, hingga permukaan furnitur yang lembut.

Jika Anda menggunakan warna-warna mencolok, perhatian Anda pasti akan tertuju pada warna tersebut sehingga tidak sempat memperhatikan detail seperti tekstur dan pola yang ada di ruangan.

Klasik dan timeless

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan warna netral adalah sifatnya yang klasik dan timeless, alias akan selalu relevan dan tidak mudah ketinggalan zaman.

Oleh karena itu, menggunakan warna netral bisa membantu Anda menghemat banyak pengeluaran, karena Anda tak harus menghabiskan uang untuk mendekorasi ulang rumah di masa-masa yang akan datang.

Baca Juga: Mengenal Arti Warna Interior dalam Feng Shui, Seperti Apa Ya?

Kalem dan menenangkan

Melansir laman Homedit, warna netral yang simpel membuatnya memiliki kesan yang kalem dan menenangkan. Warna netral pun cocok digunakan untuk area atau ruangan yang membutuhkan ketenangan, misalnya kamar tidur.

Selain melalui warna cat, warna netral yang kalem juga bisa dihadirkan melalui furnitur atau dekorasi berbahan alami, misalnya kayu dan batu. Penggunaan furnitur dan dekorasi tersebut juga dapat menghadirkan kesan yang kalem di suatu ruangan.

Baca Juga: 4 Hal yang Sebaiknya Ada di Dapur Kecil, Bikin Lebih Optimal

Mudah dikombinasikan dengan gaya apapun

Ada banyak sekali gaya dekorasi interior yang bisa Anda pilih untuk rumah, misalnya minimalis, modern, Skandinavia, Japandi, hingga rustic. Jika Anda tergolong suka berganti-ganti gaya atau ingin mencoba beberapa gaya interior sekaligus, cobalah untuk menggunakan warna netral.

Sebab, warna netral sangat mudah dikombinasikan dengan gaya apapun. Selain itu, warna netral juga akan membuat rumah Anda terasa lebih luas, lega, dan cerah.

Memudahkan dekorasi

Interior rumah yang berwarna netral pada dasarnya mirip seperti kanvas kosong. Artinya, Anda bisa mendekorasi rumah dengan lebih bebas dengan berbagai warna dan motif yang diinginkan.

Hanya saja, tetap perhatikan unsur-unsur dekorasi yang digunakan. Sebagai contoh, perpaduan warna dan motif yang kontras akan membuat rumah Anda terlihat lebih ramai dibandingkan jika menggunakan warna dan motif yang senada.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan warna-warna netral di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru