Ini 5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi di Perangkat Windows

Jumat, 23 Agustus 2024 | 11:57 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi di Perangkat Windows

ILUSTRASI. Ilustrasi?pengguna laptop


LAPTOP - JAKARTA. Cara mengatasi touchpad laptop Windows yang wajib diketahui. Nah, Ada beberapa informasi terkait salah satu masalah perangkat laptop yakni Touchpad.

Touchpad adalah perangkat input pada laptop yang berfungsi sebagai pengganti mouse. Bentuknya berupa area datar yang sensitif terhadap sentuhan jari.

Nah, Touchpad memungkinkan pengguna untuk mengontrol kursor di layar laptop dengan menggeser jari di atas permukaannya.

Untuk memastikan touchpad pada perangkat Windows 10 berfungsi dengan optimal, ada beberapa langkah penting yang bisa diambil. 

Baca Juga: Ini Cara Mengaktifkan Webcam Laptop Windows untuk Swafoto CPNS

Fungsi Touchpad

Layar Laptop

Anda perlu mengetahui beberapa fungsi penting dari Touchpad.

  • Menggerakkan Kursor: Fungsi utama touchpad adalah menggerakkan kursor di layar laptop. Dengan menggeser jari di atas touchpad, pengguna dapat memindahkan kursor ke berbagai bagian layar.
  • Klik dan Double-click: Touchpad juga memungkinkan pengguna untuk melakukan klik dan double-click dengan mengetuk permukaannya atau menekan tombol di bawah touchpad.
  • Scroll: Banyak touchpad yang mendukung fitur scroll, di mana pengguna dapat menggulirkan halaman ke atas atau ke bawah dengan menggeser dua jari di touchpad.
  • Gesture Multitouch: Beberapa touchpad mendukung gesture multitouch, seperti pinch-to-zoom (memperbesar atau memperkecil gambar) atau menggeser tiga jari untuk beralih antara aplikasi.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen di HP Android dan iPhone untuk Pemula

Penyebab Touchpad Tidak Berfungsi

Pemilik laptop wajib tahu beberapa fungsi penting fitur ini.

  • Touchpad Dinonaktifkan: Pertama, Anda bisa jadi Touchpad bisa dinonaktifkan secara tidak sengaja melalui kombinasi tombol Fn + salah satu tombol fungsi (biasanya F1-F12). Pastikan touchpad aktif.
  • Driver Tidak Terpasang atau Bermasalah: Touchpad memerlukan driver yang sesuai untuk berfungsi dengan benar. Jika driver tidak terpasang atau rusak, touchpad bisa berhenti berfungsi. Memperbarui atau menginstal ulang driver touchpad bisa memperbaiki masalah ini.
  • Pengaturan Touchpad: Pengaturan touchpad mungkin telah diubah sehingga fitur tertentu dinonaktifkan atau sensitivitasnya terlalu rendah. Periksa pengaturan touchpad di menu Pengaturan Windows atau panel kontrol.
  • Masalah Perangkat Keras: Jika touchpad mengalami kerusakan fisik atau ada masalah dengan koneksi internal, touchpad bisa berhenti berfungsi. Dalam kasus ini, perbaikan atau penggantian touchpad mungkin diperlukan.
  • Masalah Sistem Operasi: Kadang-kadang, masalah pada sistem operasi seperti Windows bisa menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Restart laptop atau melakukan pembaruan sistem bisa menjadi solusi.
  • Gangguan Perangkat Eksternal: Saat mouse eksternal terhubung ke laptop, beberapa laptop secara otomatis menonaktifkan touchpad. Mencabut mouse eksternal bisa membuat touchpad berfungsi kembali.

Baca Juga: Ini 5 Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke HP atau Laptop untuk Pemula

Cara mengatasi touchpad Laptop tidak berfungsi

Anda bisa mengatasi masalah ini dnegan restart perangkat hingga memperbarui driver, setiap langkah memiliki peran penting dalam mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Melansir dari Life Wire, pengguna dapat mengatasi kendala pada touchpad lewat beberapa langkah berikut ini.

1. Restart perangkat Windows 10

Merestart komputer, laptop, atau tablet Windows 10 sering kali dapat memperbaiki masalah, termasuk touchpad yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk merestart perangkat Windows 10, buka Menu Start, pilih Power, dan pilih Restart.

2. Aktifkan Touchpad di Pengaturan

Touchpad mungkin telah dinonaktifkan di Windows 10 oleh Anda sendiri, pengguna lain, atau sebuah aplikasi. Ini bervariasi tergantung pada perangkat, tetapi secara umum, untuk memeriksa apakah touchpad telah dinonaktifkan di Windows 10.

Ada beberapa cara mengaktifkannya kembali, buka Pengaturan, pilih Devices > Touchpad, dan pastikan tombol sakelar berada di posisi On.

Untuk membuka Pengaturan di Windows 10, buka Menu Start dan klik ikon gear Pengaturan. Sebagai alternatif, Anda dapat membuka Pengaturan dengan mengklik ubin All Settings di Pusat Tindakan (Action Center).

3. Periksa pembaruan Windows 10

Pembaruan Windows 10 menginstal versi terbaru dari sistem operasi dan driver perangkat untuk perangkat Anda, selain pembaruan firmware yang diperlukan agar touchpad dan perangkat lainnya berfungsi dengan baik.

Pastikan perangkat Windows 10 terhubung ke sumber daya saat memperbarui, karena proses ini dapat menguras daya baterai. Kesalahan dapat terjadi jika perangkat mati saat file baru diinstal dan perubahan dilakukan.

4. Perbarui driver perangkat

Terkadang Anda perlu memperbarui driver perangkat agar lebih kompatibel dengan perangkat keras dan sistem operasi. Jika Device Manager tidak muncul saat mencarinya, klik menu Filters di bagian atas hasil pencarian dan pilih Settings.

5. Instal driver secara manual

Apabila Anda menggunakan laptop atau komputer Windows 10 dari pihak ketiga seperti Acer, HP, Lenovo, atau Dell, Anda mungkin perlu menginstal driver perangkat baru secara manual agar touchpad berfungsi dengan baik dengan versi terbaru Windows 10.

Seperti Dell, sebagian besar perusahaan memiliki halaman di situs web resmi mereka tempat Anda dapat mengunduh dan menginstal driver.

Itulah penjelasan terkait dalam mengatasi touchpad laptop tidak bergerak dan berfungsi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru