kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ini 5 langkah mudah bikin video Instagram TV (IGTV) jadi lebih menarik


Sabtu, 22 Juni 2019 / 13:05 WIB

Ini 5 langkah mudah bikin video Instagram TV (IGTV) jadi lebih menarik

KONTAN.CO.ID - Beberapa waktu lalu Instagram telah meluncurkan IGTV, aplikasi baru untuk menonton video vertikal. Alih-alih hanya satu menit, masyarakat dapat mengunggah video IGTV hingga satu jam.

Untuk Anda yang masih asing dengan IGTV. Anda dapat melihat ikon TV kecil di sudut kanan atas layar akun Instagram. Anda tekan ikon TV tersebut untuk mulai menonton video.

Cara lainnya, Anda dapat mengunduh aplikasi IGTV secara mandiri melalui play store. Di kutip dari Forbes, Kevin Systrom CEO Instagram mengatakan tidak ada iklan di IGTV.

Meskipun belum ada cara untuk menghasilkan uang, beberapa pengusaha telah menjajal IGTV. Mereka mulai bereksperimen dengan IGTV selama satu minggu pertama (pasca peluncuran).

Sayangnya, konten video yang di unggah melalui IGTV tidak cukup menarik. Sebagian pengusaha mengunggah ulang video Instagram atau Youtube lamanya.

Apakah Anda ingin membuat video IGTV lebih menarik ?. Bila jawabannya iya, tandanya Anda wajib membaca tips membuat video IGTV di bawah ini.   

1. Shoot vertical video

Langkah pertama, Anda harus membuat video dengan shoot vertical. Karena, tampilan IGTV berbentuk vertikal. Sekedar info, ukuran rasio IGTV sekitar 9:16.

Lainnya, Anda harus membuat video dengan kualitas gambar jernih (frame rate minimal 30 FPS). Tujuannya, agar penonton nyaman dan betah saat menonton video IGTV Anda.

Perlu Anda ketahui, batas ukuran maksimal file video IGTV sekitar 650 MB. Anda juga dapat mengunggah video dengan durasi waktu lebih dari 10 menit.

2. Video berdurasi pendek

Langkah kedua, Anda sebaiknya mengunggah video IGTV berdurasi dua hingga tiga menit. Anda wajib mengemas video tersebut dengan menarik. Sehingga, penonton tidak menutup channel IGTV Anda dalam beberapa detik.

Asal tahu saja, tidak semua penonton betah melihat video berdurasi lama.

3. Konten pertunjukan 

Langkah ketiga, Anda sebaiknya membuat konten video IGTV semenarik mungkin. Misalnya, Anda dapat membuat video tutorial, pertunjukan game, atau reality show.

Anda pun dapat membuat video-video IGTV tersebut secara berseri. Dengan begitu, Anda dapat mendorong penonton untuk berlangganan bila ingin melihat video selanjutnya.

Selain itu, agar video IGTV terlihat menarik Anda dapat memberikan efek di dalamnya. Misalnya, Anda dapat menambahkan efek sinar atau suara di dalam video. Atau, Anda dapat menyisipkan pop up data infografik.

4. Buat jadwal unggahan video 

Langkah keempat, Anda wajib mengunggah video IGTV secara konsisten. Agar terasa lebih mudah, Anda dapat menentukan waktu untuk mengunggah video.

Misalnya, Anda dapat memilih hari Sabtu pukul 10.00 wib sebagai waktu mengunggah video IGTV.

Lainnya, Anda juga wajib memberitahu penonton dan pengikut jadwal posting IGTV. Tujuannya, agar mereka tidak melewatkan unggahan video IGTV terbaru Anda.

5. Promosikan IGTV

Langkah terakhir, Anda wajib mempromosikan channel IGTV. Tujuannya untuk mengundang penonton melihat video IGTV yang Anda buat.

Bila Anda bingung cara mempromosikannya, jangan khawatir. Anda cukup membuat video teaser berdurasi kurang dari 30 detik.

Kemudian, Anda unggah video teaser tersebut di dinding akun Instragam. Anda juga harus berikan deskripsi bila video lengkapnya dapat di liat melalui IGTV.

 


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.3476

Close [X]
×