Ini 5 Penyebab Nomor Tidak Dapat Menerima Panggilan Telepon di HP

Rabu, 10 Juli 2024 | 12:38 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Penyebab Nomor Tidak Dapat Menerima Panggilan Telepon di HP

ILUSTRASI. Ilustrasi Orang menelpon


GADGET - JAKARTA. Ketahui penyebab nomor tidak dapat menerima panggilan telepon. Pengguna perangkat HP tentu pernah menemui masalah panggilan dengan nomor HP.

Salah satu masalah yang timbul adalah tidak tersambungnya ke penerima telepon dengan keterangan nada "Nomor tidak dapat menerima panggilan".

"Nomor tidak dapat menerima panggilan" artinya adalah pesan yang umum muncul ketika Anda menghubungi seseorang melalui telepon dan panggilan tersebut gagal tersambung.

Fenomena ini sering kali membuat frustrasi, terutama jika Anda sedang membutuhkan komunikasi yang penting dan mendesak.

Baca Juga: Marak Joki Buka Blokir IMEI, Bea Cukai: Jangan Mudah Tergiur!

Alasan Nomor tidak dapat menerima panggilan

Ponsel gaming Asus ROG

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan pesan ini muncul, mulai dari masalah teknis pada jaringan operator hingga pengaturan khusus pada telepon penerima.

"Nomor tidak dapat menerima panggilan" adalah pesan yang sering muncul ketika Anda mencoba menelepon seseorang namun panggilan tersebut gagal tersambung.

Ada beberapa penyebab nomor tidak dapat menerima panggilan telepon, di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga: Sulit Masuk Akun? Inilah 7 Cara Mengatasi Login Gmail Bermasalah bagi Pengguna

1. Nomor Tidak Aktif

Pesan "Nomor tidak dapat menerima panggilan" bisa muncul karena nomor yang Anda coba hubungi sudah tidak aktif atau tidak terdaftar lagi di jaringan operator. Hal ini dapat terjadi jika pemilik nomor telah memutuskan untuk tidak menggunakan nomor tersebut lagi, atau terjadi pemutusan layanan dari operator telekomunikasi.

2. Nomor Tidak Dapat Dihubungi

Jika pemilik nomor berada di luar jangkauan jaringan atau teleponnya dalam keadaan mati, panggilan tidak akan dapat tersambung. Selain itu, jika telepon dalam mode pesawat atau terjadi gangguan sinyal yang signifikan, maka panggilan juga tidak akan berhasil.

3. Nomor Diblokir

Kemungkinan lain adalah pemilik nomor telah memblokir nomor Anda secara sengaja. Blokir ini bisa dilakukan untuk berbagai alasan, seperti ingin menghindari panggilan dari pihak tertentu atau untuk alasan privasi.

4. Masalah Jaringan

Terkadang, masalah teknis pada jaringan operator telekomunikasi bisa menyebabkan panggilan tidak tersambung meskipun nomor yang Anda tuju aktif dan dalam kondisi normal. Hal ini bisa termasuk gangguan sinyal, overcapacity pada jaringan, atau masalah teknis lainnya yang mempengaruhi ketersediaan layanan telekomunikasi.

5. Pengaturan Telepon

Pemilik nomor bisa mengatur telepon mereka untuk tidak menerima panggilan masuk, seperti dengan mengaktifkan mode "Jangan Ganggu" atau fitur pemblokiran panggilan dari nomor tertentu. Pengaturan ini dapat dilakukan sebagai cara untuk mengelola gangguan atau untuk menjaga fokus tanpa diselingi oleh panggilan telepon.

Itulah informasi terkait penyebab nomor tidak dapat menerima panggilan telepon bagi pengguna nomor HP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru