Ini 5 tipe mahasiswa yang perlu dicontoh dan karateristiknya

Senin, 16 November 2020 | 10:19 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini 5 tipe mahasiswa yang perlu dicontoh dan karateristiknya

ILUSTRASI. Mahasiswa, ini 5 tipe mahasiswa yang perlu dicontoh dan karateristiknya. FOTO ANTARA/Ampelsa/Koz/nz/13.

KONTAN.CO.ID -  Ada beragam tipe mahasiswa yang mungkin sudah Anda temui selama berkuliah. 

Salah satu yang paling terkenal adalah tipe mahasiswa kupu-kupu atau kuliah-pulang. 

Tidak sedikit mahasiswa yang masuk dalam tipe kupu-kupu. Namun ada baiknya Anda mengembangkan diri selama masih berkuliah. 

Ada beberapa tipe mahasiswa yang bisa Anda tiru selama berkuliah. Tipe tersebut memiliki karakteristik yang bisa membantu Anda untuk berkembang. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud membagikan 5 tipe mahasiswa yang bisa dijadikan contoh. 

Informasi tersebut dibagikan melalui Instagram resmi Ditjen Dikti (14/11/2020). Berikut 5 tipe dan karakteristik mahasiswa yang dihimpun dari Instagram Ditjen Dikti. 

  • Tipe mahasiswa kuliah-kerja

Tipe mahasiswa yang pertama yang perlu dicontoh adalah kuliah-kerja. Tidak sedikit mahasiswa yang "nyambi" bekerja paruh waktu untuk menambah uang. 

Ada banyak lowongan freelance yang bisa dicoba mahasiswa. Anda bisa mencoba menjadi tutor pelajaran hingga penerjemah lepas. 

Uang yang didapat dari freelance bisa digunakan untuk beragam kebutuhan kuliah. Dengan mencoba tipe ini, Anda bisa belajar manajemen waktu. 

Secara tidak langsung, Anda juga belajar bagaimana kehidupan di dunia kerja. 

Baca Juga: Masih ragu ikut organisasi? Yuk simak mitos dan fakta mahasiswa yang aktif organisasi

  • Tipe mahasiswa kuliah-berprestasi

Kebanyakan mahasiswa pasti ingin berprestasi. Namun demikian, untuk menjadi tipe mahasiswa ini Anda butuh kerja keras. 

Prestasi yang diraih tidak hanya dalam bidang akademik, non-akademik pun juga bisa. Tipe mahasiswa ini biasanya memiliki jiwa kompetitif yang tinggi, tidak pantang menyerah, dan mandiri. 

  • Tipe mahasiswa kuliah-perpustakaan

Setiap universitas pasti memiliki perpustakaan untuk menunjang pembelajaran. Perpustakaan baik universitas dan fakultas memiliki banyak koleksi buku yang berkualitas.

Manfaatkan fasilitas ini untuk menunjang pembelajaran Anda. Tingkatkan keterampilan diri dengan membaca buku dari perpustakaan. 

Selain buku, perpustakaan juga merupakan tempat yang ideal untuk mengerjakan tugas atau belajar. Suasana yang tenang bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi. 

  • Tipe mahasiswa kuliah-rapat

Mahasiswa yang aktif berorganisasi secara tidak langsung masuk dalam tipe ini. Mahasiswa yang masuk tipe ini biasa disebut mahasiswa kura-kura atau kuliah-rapat. 

Jika Anda ikut organisasi atau kegiatan kampus, relasi Anda akan bertambah. Relasi ini bisa menjadi penolong saat Anda mencari kerja kelak. 

  • Tipe mahasiswa kuliah-dagang

Tipe mahasiswa kuliah-dagang biasanya sibuk mengurus dagangannya di luar kegiatan kampus.  

Jika Anda ingin berbisnis, bisa mulai untuk mencoba berdagang saat masih kuliah. Jiwa entrepreneur Anda bisa terasah dengan kegiatan ini. 

Selanjutnya: Calon dokter, ini 4 universitas yang memiliki jurusan kedokteran terbaik di Indonesia

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru