CLOSE [X]

Ini 6 Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di HP Android

Jumat, 03 November 2023 | 10:44 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di HP Android

ILUSTRASI. Ini 6 Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di HP Android


HP ANDROID - JAKARTA. Intip panduan cara mengatasi video tidak bisa diputar di HP Android. Petunjuk mudah berikut ini tentu bisa dicoba oleh Anda yang mendapatkan masalah mengenai video.

Video yang tidak dapat diputar dapat disebabkan oleh berbagai alasan, tergantung pada platform atau perangkat yang Anda gunakan. Ada beberapa alasan umum mengapa video mungkin tidak dapat diputar.

Saat video membutuhkan akses internet, artinya ada kemungkinan koneksi internet yang lemah dapat mengakibatkan buffering yang lambat. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cukup stabil untuk streaming video.

Apabila Anda mendapatkan file video dari perangkat lain dengan kualitas tinggi memerlukan bandwidth yang lebih besar bisa menjadi masalah. Anda perlu mengurangi kualitas video tersebut agar mudah dibaca oleh perangkat

Baca Juga: YouTube Paksa Pengguna Berlangganan Premium Jika Masih Mengaktifkan Adblock

Cara mengatasi video tidak bisa diputar di HP Android

VIDEO ANIMASI

Selain itu, permasalahan perangkat memiliki ruang penyimpanan yang hampir penuh, itu dapat menghambat pemutaran video. Pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia.

Format dari video itu sendiri mungkin memiliki masalah teknis atau telah dihapus oleh sumbernya. Sehingga, perangkat Anda mungkin tidak kompatibel dengan format video tertentu. 

Untuk itu, Anda bisa ikuti beberapa langkah yang bisa dicoba dalam permasalahan pemutaran video yang gagal.

Simak cara mengatasi video tidak bisa diputar di HP Android maupun browser dilansir dari laman Stellarinfo.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Sehari-Hari Warren Buffett, Bisa Dicontek Gen Z

1. Mulai ulang perangkat

Anda bisa melakukan langkah pertama dengan memulai perangkat. Pertama, tutup semua aplikasi yang ada di ponsel Anda. Mulai ulang/Reboot ponsel. Selanjutnya, buka Galeri dan periksa apakah video Anda diputar.

2. Hapus cache di Perangkat

Data cache diperlukan untuk mengurangi waktu pemuatan tetapi membersihkan cache juga penting untuk pemecahan masalah guna mengatasi beberapa masalah yang mungkin timbul karena data cache rusak.

Untuk menghapus data pada HP mulai dengan buka Pengaturan, pilih Penyimpanan/Manajer Aplikasi, pilih Hapus Cache. Sekarang, kembali ke Galeri untuk memutar video.

3. Copot pemasangan aplikasi yang tidak aman

Virus trojan juga merupakan ancaman bagi ponsel Android. Jika Anda telah mengunduh aplikasi atau perangkat lunak apa pun dari sumber yang tidak tepercaya, hapus aplikasi atau perangkat lunak tersebut.

Ada kemungkinan hal ini mengganggu kelancaran fungsi Perangkat seluler, termasuk tidak memungkinkan Anda memutar video seluler atau membuat video Anda rusak.

4. Instal video player

Nah, Ada kemungkinan pemutar media di HP tidak mendukung codec video yang dicoba putar. Instal pemutar video yang kompatibel seperti pemutar VLC, BS Player, atau MX Player dari Google Play store.

5. Perbarui OS Android

Berikutnya, Anda bisa memperbarui OS Android Anda untuk memperbaiki masalah video yang tidak dapat diputar. Sebelum memperbarui OS Android, disarankan untuk membuat cadangan data seluler seperti kontak, foto, video.

6. Ubah format video

Nah, Anda bisa ikuti panduan untuk mengubah format video yang bisa saja tidak sesuai dengan program yang ada pada HP Android. Anda bisa gunakan fitur converter file online yang gratis untuk aksesnya.

Itulah sederet solusi dari masalah video tidak bisa diputar di HP Android agar berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru