Ini 6 Komponen Mobil yang Wajib Dipantau secara Rutin saat Masuk Bengkel

Kamis, 14 Desember 2023 | 10:08 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Komponen Mobil yang Wajib Dipantau secara Rutin saat Masuk Bengkel

ILUSTRASI. Ini 6 Komponen Mobil yang Wajib Dipantau secara Rutin saat Masuk Bengkel KONTAN/Fransiskus Simbolon


OTOMOTIF - JAKARTA. Simak bagian komponen mobil yang wajib diservis secara rutin. Perawatan kendaraan roda empat tentu berbeda dengan kendaraan lain mulai dari bagian hingga frekuensi masuk ke bengkel.

Mobil bukan sekedar alat transportasi, namun merupakan investasi yang memerlukan perhatian khusus agar tetap dapat beroperasi secara optimal dan aman.

Langkah perawatan rutin tidak hanya mencegah potensi kerusakan dan kegagalan komponen, tetapi juga berperan dalam menjaga nilai kendaraan serta meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Pemilik mobil diimbau untuk menerapkan praktik perawatan komponen mobil dengan tepat untuk memaksimalkan masa pakai mobilnya dan mengurangi risiko masalah.

Baca Juga: 8 Pilihan Mobil Bekas Berukuran Kecil yang Terjangkau, Ada Hatchback dan SUV

Kenapa Perawatan mobil secara rutin penting?

Bengkel Mobil Astra Internasional Daihatsu

Mobil perlu perawatan rutin karena beberapa alasan yang sangat penting untuk menjaga kinerja, keamanan, dan umur pakai kendaraan. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa perawatan rutin mobil sangat diperlukan:

  • Pencegahan Kerusakan: Melalui perawatan rutin, masalah-masalah kecil dapat terdeteksi dan diperbaiki sebelum berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius. Tindakan pencegahan ini dapat mencegah biaya perbaikan yang mahal di masa depan.
  • Meningkatkan Kinerja: Perawatan rutin, seperti penggantian oli, filter udara, dan busi, dapat meningkatkan kinerja mesin dan sistem lainnya. Hal ini membantu mobil tetap berjalan dengan baik dan efisien.
  • Keamanan Pengendara dan Penumpang: Kendaraan yang terawat dengan baik lebih aman untuk dikendarai. Pengecekan rutin pada sistem pengereman, lampu, roda, dan suspensi dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan akibat kegagalan komponen kunci.
  • Pemeliharaan Nilai Kendaraan: Mobil yang mendapatkan perawatan rutin cenderung mempertahankan nilai jual yang lebih tinggi. Pembeli yang potensial cenderung lebih tertarik pada kendaraan yang memiliki riwayat perawatan yang baik.
  • Efisiensi Bahan Bakar: Merawat mesin dengan baik cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Pergantian filter udara dan pengaturan sistem bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Pencegahan Overheat Mesin: Pengecekan dan penggantian cairan pendingin secara teratur dapat mencegah mesin dari kelebihan panas, yang dapat menyebabkan kerusakan serius.

Untuk itu, Anda perlu cek kembali apa saja komponen yang wajib Anda pantau saat masuk bengkel.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mobil Bekas Toyota di Bawah Rp 50 Jutaan

Komponen mobil yang perlu perawatan rutin

Berikut ini beberapa panduan perawatan komponen mobil yang dicek secara rutin dilansir dari laman Bridgestonetire.

1. Cairan pendingin

Setiap bulan atau momen sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya Anda membuka kap mobil dan memeriksa level oli. Selain itu cek bagian cairan pendingin saat mesin dalam keadaan dingin.

Saat kadar keduanya yang rendah dapat menyebabkan masalah mesin saat tidak ditangani. Lihat manual pemilik Anda untuk menemukan keduanya pada kendaraan spesifik Anda.

2. Penyaring udara

Filter udara mesin mobil mengatur udara yang mengalir ke mesin dan membantu mencegah kotoran dan partikulat. Dengan memastikan filter udara mengalir dengan baik, Anda dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi, dan membantu menjamin masa pakai mesin.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah, jadi periksalah manual pemilik Anda untuk mengetahui petunjuknya dan seberapa sering perlu diubah.

3. Tekanan ban

Saat ban dirawat dengan baik merupakan bagian integral dari pengendaraan yang aman dan hemat bahan bakar, biasakan untuk sering memeriksa ban secara visual. Periksa tekanan ban Anda setiap bulan, dan sebelum melakukan perjalanan jauh atau membawa beban ekstra.

Alat pengukur tekanan ban akan diperlukan untuk memeriksa tekanan ban mobil. Selain itu, selama musim dingin, perhatikan bahwa tekanan ban turun satu pon setiap penurunan tekanan 10 derajat.

Panduan pemilik akan menampilkan berapa banyak tekanan udara yang dibutuhkan ban mobil. Anda dapat memeriksa kedalaman tapak menggunakan metode sen sederhana.

4. Kelistrikan lampu

Penting juga pada bagian lampu pada kendaraan Anda berfungsi dengan baik, namun sering kali hal ini mudah diabaikan. Sebulan sekali, nyalakan lampu depan saat Anda parkir di depan permukaan datar dan periksa apakah kedua lampu depan berfungsi dengan baik dan pada posisi yang baik.

Cek kembali di sekitar mobil dan periksa secara visual sinyal belok dan lampu parkir Anda. Anda bisa meminta tolong dengan seseorang untuk berdiri di belakang mobil saat menginjak rem untuk memastikan lampu rem mobil berfungsi.

Baca Juga: Ini 8 Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan dan Peralatan yang Perlu Disiapkan

5. Cek saringan oli

Oli motor di mesin mobil memiliki banyak fungsi mulai dari melumasi bagian penggerak, penutup terhadap serpihan, mendinginkan mesin, mengurangi keausan, dan mencegah korosi mesin.

Dengan menjaga bagian ini tetap bersih sangat penting untuk kesehatan mesin yang baik. Tergantung pada mobil dan jenis oli yang digunakan, Anda mungkin perlu mengganti oli & filter oli setiap 3 bulan.

Buku panduan pemilik kendaraan baru yang merekomendasikan penggantian oli antara 8.000 dan 16.000 km. Periksa manual pemilik kendaraan Anda dan konsultasikan dengan profesional untuk memastikan apa yang sesuai untuk kendaraan Anda.

6. Bagian eksterior

Langkah waxing pada kendaraan Anda setiap enam bulan setelah dicuci tidak hanya akan membuatnya tetap berkilau, tetapi juga membantu menjaga cat tetap dalam kondisi yang baik dan mengurangi kemungkinan karat.

Banyak bahan pengiritasi seperti debu, pasir, dan garam yang dapat menumpuk dan faktor lingkungan seperti ozon dan sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan mikroskopis, namun waxing dapat membantu meminimalkan hal ini dengan membentuk segel pelindung untuk memperpanjang umur cat.

Itulah bagian dan komponen penting mobil yang wajib diservis secara rutin agar tetap dalam kondisi prima.

Selanjutnya: BPKH Pastikan Pengelolaan Dana Haji Aman

Menarik Dibaca: Lima Alasan Han Ri Ta Berkhianat di Moon in the Day

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru