Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas dengan Mudah

Kamis, 01 Juni 2023 | 06:50 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas dengan Mudah

ILUSTRASI.


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara mengatasi HP yang cepat panas di Android maupun iPhone. Pengguna perangkat tentu menemui masalah terkait performa HP yang semakin menurun.

Seiring berjalannya waktu, beberapa faktor dapat menyebabkan penurunan performa pada HP dan menyebabkan peningkatan suhu yang berlebihan.

Temperatur pada HP akan naik seiring berjalannya penggunaan yang memakan kinerja seperti bagian RAM dan Memori.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penurunan performa dan masalah panas pada HP seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 4 Cara Reset HP Android dan iPhone dengan Benar, Cek Petunjuknya

Cara mengatasi HP yang cepat panas

Penggunaan HP saat tugas yang berat seperti bermain game berat, menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya, atau menonton video dengan kualitas tinggi dapat menyebabkan panas berlebih pada HP.

Selain itu, HP dengan prosesor yang kuat, terutama pada model-model high-end, cenderung menghasilkan panas lebih banyak ketika digunakan secara intensif.

Apabila ventilasi di HP terhalang atau terblokir, seperti tutup belakang yang tertutup rapat atau penggunaan casing yang tidak memadai, suhu di dalam HP bisa meningkat dengan cepat.

Nah, pengguna bisa mengatasi masalah HP yang cepat panas dengan praktis.

Baca Juga: Ini 3 Cara Membuat Foto Profil WhatsApp Kosong untuk Privasi

Penyebab HP Cepat Panas

1. Aplikasi Berlebihan

Pertama, untuk mengatasi masalah HP yang cepat panas, pengguna bisa mengurangi penggunaan aplikasi. Penggunaan aplikasi yang berat atau menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dapat menyebabkan HP cepat panas.

2. Overclocking

Kemudian, masalah HP yang cepat panas dapat terjadi saat terjadi root. Apabila HP di-root atau dijalankan dengan mode overclocking yang tidak stabil, hal ini dapat menyebabkan peningkatan suhu.

3. Kondisi Lingkungan

Penggunaan HP dalam suhu lingkungan yang panas atau terpapar sinar matahari langsung dapat menyebabkan peningkatan suhu.

4. Pendinginan yang Buruk

Apabila ventilasi pada HP terhalang atau kotor, suhu HP dapat meningkat. Solusinya adalah membersihkan ventilasi dan memastikan udara dapat mengalir dengan baik di sekitar HP.

5. Baterai yang Rusak

Baterai yang sudah tua atau rusak dapat menyebabkan HP cepat panas. Cara mengatasi HP cepat panas ini adalah mengganti baterai dengan yang baru dan asli dari produsen atau meminta bantuan dari pusat layanan resmi.

6. Masalah Perangkat Keras

Beberapa masalah perangkat keras, seperti masalah pada CPU, chipset, atau motherboard, juga dapat menyebabkan HP cepat panas.

7. Sistem Operasi yang Tidak Terbarukan

Masalah suhu panas pada HP dapat terkait dengan bug atau masalah di dalam sistem operasi. Pastikan menjaga sistem operasi HP Anda tetap terbarukan dengan pembaruan terbaru yang dirilis oleh produsen.

Tentunya, pengguna bisa berkonsultasi ke pihak yang ahli dalam bidang perangkat HP untuk mengetahui cara mengatasi masalah suhu pada HP ini.

Cara mengatasi HP cepat panas

Nah, agar masalah tidak kembeli timbul, Anda bisa meminimalisir panas perangkat dengan langkah berikut ini.

  • Matikan Aplikasi yang Tidak Diperlukan: Pastikan aplikasi yang tidak sedang digunakan benar-benar ditutup dan tidak berjalan di latar belakang. Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang bisa membebani CPU dan menyebabkan panas berlebih.
  • Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung: Jangan biarkan ponsel Anda terpapar sinar matahari langsung untuk jangka waktu yang lama. Panas dari sinar matahari dapat memperburuk masalah panas berlebih.
  • Nonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan: Nonaktifkan fitur yang tidak Anda gunakan, seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan NFC, ketika tidak diperlukan. Fitur-fitur ini dapat mengkonsumsi daya dan menyebabkan ponsel menjadi panas.
  • Hapus Cache dan Data: Kadang-kadang, cache yang terakumulasi dari aplikasi dapat menyebabkan ponsel menjadi panas. Cobalah menghapus cache dan data aplikasi secara berkala.
  • Gunakan Casing yang Sesuai: Casing yang terlalu tebal atau menutup rapat ponsel dapat menghambat pelepasan panas. Pastikan casing yang Anda gunakan tidak menghalangi ventilasi.

Demikian beberapa cara mengatasi HP yang cepat panas dengan mudah sesuai kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru