Ini 7 Cara Mengatasi Speaker HP Tidak Muncul Suara dengan Baik

Kamis, 04 Juli 2024 | 16:12 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Cara Mengatasi Speaker HP Tidak Muncul Suara dengan Baik

ILUSTRASI. Ilustrasi speaker di HP  


HP ANDROID - JAKARTA. Ikuti panduan cara mengatasi speaker HP tidak berfungsi. Ketika speaker pada HP tiba-tiba tidak berfungsi, hal ini bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu.

Hal ini terjadi terutama saat pengguna mengandalkan perangkat tersebut untuk berkomunikasi, mendengarkan musik, atau menonton video.

Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kesalahan pengaturan volume atau mode ponsel yang tidak tepat, hingga kerusakan perangkat keras atau gangguan perangkat lunak.

Beberapa langkah sederhana seperti memeriksa pengaturan suara, membersihkan lubang speaker dari debu dan kotoran, atau melakukan restart pada ponsel sering kali bisa membantu.

Baca Juga: Ini 3 Cara Merekam Panggilan WhatsApp di HP Android dan iPhone

Cara mengatasi speaker HP tidak muncul suara

HP

Jika solusi tersebut belum dapat menyelesaikan masalah, Anda bisa ikuti panduan berikut ini. Simak cara mengatasi speaker HP tidak berfungsi dengan baik, dilansir dari laman iMobie.

1. Uji Speaker di Menu Diagnostik

Ini adalah metode self-test untuk HP Android yang memungkinkan pengguna memeriksa kualitas beberapa komponen sendiri untuk menentukan penyebab masalah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk memeriksa apakah ada masalah dengan speaker pada HP Android Anda.

Buka menu “Telepon” dan ketik “ #0# ” untuk masuk ke menu uji. Pilih “Speaker” dan ikuti instruksi untuk menguji speaker HP Anda.

2. Periksa Mode Jangan Ganggu (Do Not Disturb)

Mode Jangan Ganggu pada HP Android memungkinkan Anda memblokir semua jenis notifikasi. Saat mode ini diaktifkan, HP Anda tidak akan memutar suara apa pun, termasuk suara yang seharusnya dimainkan oleh speaker.

Jika Anda mencoba memutar sesuatu saat mode Jangan Ganggu diaktifkan, Anda mungkin tidak akan mendengar suara apa pun dari HP Anda. Untuk mengatasi masalah ini, matikan mode ini dan speaker Anda akan kembali berfungsi. Caranya:

Buka Pengaturan, kemudian klik Suara & getar, pilih Jangan Ganggu di HP Anda. Matikan sakelar untuk Jangan Ganggu.

3. Pastikan Bluetooth Tidak Terhubung

Salah satu alasan mengapa speaker Android Anda tidak berfungsi bisa jadi karena HP terhubung ke perangkat Bluetooth. Dalam kasus ini, HP akan mengirimkan sinyal audio ke perangkat yang terhubung.

Cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memutuskan koneksi HP Anda dari perangkat tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut:

Buka Pengaturan, buka menu Bluetooth & koneksi perangkat, klik Bluetooth di perangkat Anda. Ketuk ikon roda gigi di sebelah perangkat yang terhubung dan pilih Putuskan.

4. Bersihkan Speaker

Agar speaker HP Anda berfungsi dengan baik, mereka harus dalam kondisi baik. Jika speaker Anda kotor atau penuh dengan debu, Anda perlu membersihkannya untuk mencoba memperbaiki masalah.

Ambil kain bersih dan temukan letak speaker di HP Anda. Gunakan kain untuk dengan lembut membersihkan speaker dan area sekitarnya. Pastikan tidak ada debu di dalam speaker. Jika ada, mintalah bantuan teknisi untuk membersihkannya.

5. Restart Perangkat

Salah satu metode umum untuk memperbaiki speaker Android yang tidak berfungsi adalah dengan me-restart perangkat Anda. Jika ada aplikasi atau utilitas lain yang mengganggu speaker HP Anda, mematikan dan menyalakan kembali HP Anda biasanya dapat memperbaiki sebagian besar masalah tersebut.

Hampir semua perangkat Android dapat di-restart menggunakan tombol Daya. Beberapa perangkat menunjukkan opsi di layar untuk membiarkan Anda memilih apa yang ingin Anda lakukan dengan HP Anda.

Untuk me-restart perangkat Anda, Tekan dan tahan tombol Daya selama beberapa detik. Ketuk opsi yang mengatakan Restart untuk me-restart HP Anda.

6. Nonaktifkan Mode Diam

Anda mungkin sudah tahu bahwa HP Anda dilengkapi dengan berbagai mode suara. Salah satu mode ini adalah mode diam, dan seperti namanya, mode ini membuat semua suara di ponsel Anda menjadi diam.

Karena itu, HP Anda tidak memutar apa pun melalui speaker dan ini membuat banyak dari Anda berpikir bahwa speaker tidak berfungsi. Anda perlu mematikan mode diam di ponsel Anda untuk memperbaiki masalah ini.

Untuk melakukannya, geser sakelar pada HP Anda yang membantu beralih antara mode dan atur HP Anda ke mode umum.

7. Periksa Pengaturan Suara Spesifik Aplikasi

Perangkat Android telah banyak disupport jenis aplikasi dilengkapi dengan pengaturan suara mereka sendiri. Di dalam aplikasi ini, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan suara untuk berbagai aktivitas.

Jika Anda mematikan opsi suara di aplikasi ini, itulah sebabnya Anda tidak dapat memutar suara melalui speaker saat menggunakan aplikasi ini.

Karena setiap aplikasi memiliki menu yang unik, Anda tidak dapat mengikuti prosedur umum untuk mendapatkan kembali suara Anda.

Cara terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah masuk ke menu pengaturan aplikasi Anda, dan kemudian menemukan opsi untuk suara. Pastikan tidak ada opsi suara yang dinonaktifkan.

Demikian informasi terkait cara mengatasi speaker HP tidak berfungsi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru