Ini 9 Cara Mempersiapkan Pengaturan Awal iPhone Baru untuk Pemula

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:55 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 9 Cara Mempersiapkan Pengaturan Awal iPhone Baru untuk Pemula

ILUSTRASI. iPhone 16


TIPS & TRIK - JAKARTA. Simak cara melakukan pengaturan awal iPhone yang wajib diketahui oleh pemula. Memulai pengaturan awal pada iPhone baru merupakan langkah penting untuk memastikan perangkat Anda siap digunakan dengan optimal.

iPhone dikenal dengan desainnya yang elegan dan inovatif serta penggunaan sistem operasi iOS, yang merupakan sistem operasi mobile eksklusif dari Apple.

Selain berfungsi sebagai perangkat komunikasi, iPhone menawarkan berbagai fitur seperti kamera berkualitas tinggi, pemutar musik, akses ke internet, serta berbagai aplikasi produktivitas dan hiburan yang tersedia melalui App Store.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone untuk Pemula

Cara Melakukan Pengaturan Awal iPhone

Pengguna iPhone

 

Tentunya, setiap perangkat baru yang dinyalakan, pengguna perlu melakukan aktivasi ke pengaturan akun agar aman dan terintegrasi dengan baik.

Pastikan untuk mengatur berbagai fitur dan opsi personalisasi yang ditawarkan oleh sistem operasi iOS.

Pengaturan ini mencakup langkah-langkah sederhana seperti memilih bahasa, menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, hingga menyiapkan fitur keamanan seperti Face ID atau Touch ID.

Ada beberapa informasi terkait cara menyiapkan iPhone dengan benar, ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkannya dilansir dari Life Wire.

Baca Juga: Cara Hapus Cache untuk HP Android dan iPhone dalam 3 Metode

1. Hidupkan iPhone

Pertama, Anda perlu menyalakan iPhone dengan menekan tombol tidur/daya di sudut kanan atas atau di tepi kanan, tergantung model Anda. Geser slider ke kanan untuk memulai aktivasi iPhone.

2. Pilih Bahasa dan Negara

Masukkan informasi terkait lokasi Anda, seperti memilih bahasa yang akan ditampilkan di layar dan mengatur negara tempat Anda menggunakan iPhone. Ketuk bahasa yang diinginkan, lalu pilih negara dan ketuk "Next".

3. Gunakan Fitur Quick Start (Opsional)

Apabila Anda memiliki perangkat iOS lain dan menggunakan iOS 11 atau yang lebih baru, Anda dapat memanfaatkan fitur Quick Start untuk mentransfer data secara nirkabel.

Anda perlu menempatkan perangkat lama di dekat iPhone baru, tautkan keduanya menggunakan kamera, dan ikuti petunjuk yang diberikan.

4. Atur Secara Manual

Saat Anda tidak menggunakan Quick Start, pilih "Set Up Manually" untuk melanjutkan.

5. Hubungkan ke Jaringan Wi-Fi

Sambungkan ke jaringan Wi-Fi dengan mengetuk nama jaringan dan memasukkan kata sandinya. Jika tidak ada Wi-Fi, Anda bisa menggunakan data seluler untuk melanjutkan.

6. Aktivasi iPhone

Setelah terhubung ke Wi-Fi atau iTunes, iPhone akan mencoba mengaktifkan dirinya. Langkah ini melibatkan konfirmasi nomor telepon, memasukkan kode pos penagihan, dan menerima syarat dan ketentuan.

7. Atur Fitur Keamanan

Konfigurasi fitur keamanan seperti Touch ID, Face ID, dan/atau kode sandi. Ini opsional, tetapi sangat disarankan untuk melindungi data Anda.

8. Transfer atau Pulihkan Data

Anda bisa mentransfer atau memulihkan data dari cadangan iCloud, komputer, atau perangkat lain. Jika tidak ada data yang perlu dipulihkan, pilih "Don't Transfer Apps & Data".

9. Masuk dengan Akun Apple

Anda perlu memasukkan ID Apple yang sudah ada atau buat akun baru jika belum memiliki Apple ID. Nantinya, setiap aktivitas Anda yang berhubungan dengan perangkat tersebut akan terekam di akun Apple ID tersebut.

Itulah penjelasan terkait cara melakukan pengaturan iPhone yang wajib diketahui oleh pengguna baru.

Selanjutnya: Promo Deterjen dan Sabun Mandi di Superindo Weekday dan Alfamart Terbaru Oktober 2024

Menarik Dibaca: IHSG Bergerak di Zona Merah pada Pembukaan Senin Pagi (7/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru