Ini Beda Generasi Millenial, Generasi X, Y, Alpha, dan Baby Boomers

Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini Beda Generasi Millenial, Generasi X, Y, Alpha, dan Baby Boomers


EDUKASI -Jakarta. Seiring bertambahnya usia zaman turut melahirkan banyak generasi. Di antaranya adalah generasi baby boomers, generasi X, generasi millenial, Y, dan Alpha.

Sebenarnya, apa yang membedakan antara generasi baby boomers, generasi X, generasi millenial, Y, dan Alpha?

Generasi Millenial dan Gen Y

Generasi millenial adalah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi yang lahir pada tahun 1981 hingga 1994/1996. Generasi millenial juga seringkali disebut dengan generasi Y.

Saat ini rata-rata usia generasi millenial adalah 25 hingga 40 tahun. Dirangkum dari laman The Kasasa Exchange generasi millenial sudah terbiasa dengan perangkat seluler dan biasanya memiliki beberapa akun media sosial.

Konsumsi media generasi millenial yakni 95% masih menonton TV, namun mereka telah memulai beralih ke layanan streaming berbayar seperti Netflix dibandingkan menggunakan langganan TV kabel tradisional.

Generasi millenial memberi kekuatan yang besar pada jumlah angkatan kerja, tetapi juga rata-rata masih belum memiliki tingkat finansial yang mapan.

Hal ini membuat generasi millenial lebih memilih menunda pengeluaran dalam jumlah besar seperti pesta pernikahan dan pembeliab rumah.

Baca Juga: 4 Kategori Generasi Manusia, Anda Masuk Generasi Mana?

Generasi Baby Boomers

"Baby boomer" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang lahir antara tahun 1946 dan 1964. Generasi baby boomer merupakan bagian penting dari populasi dunia, terutama di negara maju.

Baby boomer muncul setelah berakhirnya Perang Dunia II ketika tingkat kelahiran di seluruh dunia melonjak dan terjadilah ledakan bayi baru lahir yang akhirnya dikenal sebagai baby boom yang menjadi nama generasi ini.

Baby boomer adalah konsumen terbesar media tradisional seperti televisi, radio, majalah, dan surat kabar. Meskipun begitu tradisional, 90% baby boomer memiliki akun Facebook.

Generasi ini telah mulai mengadopsi lebih banyak teknologi untuk tetap berhubungan dengan anggota keluarga dan berhubungan kembali dengan teman lama.

Baca Juga: Media Sosial Sebagai Alternatif Pembelajaran

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru