Ini cara cek NIK terdaftar di kartu SIM Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Smartfren

Sabtu, 25 September 2021 | 17:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini cara cek NIK terdaftar di kartu SIM Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Smartfren

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara cek Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang terdaftar di kartu SIM Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren perlu diketahui oleh masyarakat. 

Sebab, dengan mengecek NIK yang terdaftar saat registrasi kartu selular, bisa memungkinkan masyarakat mengetahui Nomor Induk Kependudukan miliknya digunakan untuk berapa nomor kartu seluler. 

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui, apakah NIK miliknya disalahgunakan oleh orang lain untuk registrasi kartu seluler atau tidak. 

Pemerintah memang mewajibkan pelanggan operator seluler di Indonesia untuk mendaftarkan NIK bila mengaktifkan nomor SIM card operator seluler untuk meminimalisir adanya tindak penipuan. 

Tak hanya itu, pemerintah juga membatasi jumlah nomor telepon seluler yang bisa diregistrasi oleh satu NIK. Masyarakat hanya bisa melakukan registrasi paling banyak tiga nomor kartu seluler untuk setiap NIK atau nomor Kartu Keluarga (KK). 

Lantas, bagaimana cara cek NIK yang terdaftar saat registrasi kartu seluler Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Tri?

Baca Juga: Erick Thohir berencana gabungkan ICON+ dengan Telkom, ini tanggapan Telkom

Cara cek NIK yang terdaftar di Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, berikut cara cek NIK yang terdaftar di Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren:

1. Telkomsel 

Cara cek NIK yang terdaftar di Telkomsel adalah melalui telepon ke 188. 

2. Indosat Ooredoo

Cara cek NIK yang terdaftar di Indosat Ooredoo adalah melalui laman https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index. Bisa juga dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format INFO#NIK

3. XL Axiata

Cara cek NIK yang terdaftar di XL Axiata adalah dengan USSD dengan format *123*4444#. Sementara untuk nomor AXIS bisa mengunjungi laman https://axis.co.id/cek-nik. Lalu, masukkan NIK di kolom NIK dan klik Cek NIK.

4. Tri (3)

Cara cek NIK yang terdaftar di Tri (3) adalah melalui SMS ke 4444 dengan format STATUS

5. Smartfren 

Cara cek NIK yang terdaftar di Smartfren adalah melalui SMS ke 4444 dengan format CEK.

Itulah cara cek NIK yang terdaftar di kartu seluler Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren. 

Selanjutnya: Kinerja Telkom (TLKM) naik pada semester I, ini penopangnya

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru