Ini Cara Edit Video di Laptop Windows dan Macbook lewat 7 Aplikasi Ini

Kamis, 12 September 2024 | 15:21 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini Cara Edit Video di Laptop Windows dan Macbook lewat 7 Aplikasi Ini

ILUSTRASI. Edit Video di Laptop Windows dan Macbook lewat 7 Aplikasi Ini. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara edit video di Laptop Windows dan Macbook dengan deretan aplikasi berikut. Pengguna bisa ikuti langkah mudah untuk mengedit video dengan mudah.

Edit video adalah aktivitas yang melibatkan penggunaan perangkat lunak pengeditan video untuk membuat atau memodifikasi video.

Aktivitas ini dapat dilakukan untuk berbagai tujuan, seperti membuat video pendidikan, memproduksi materi pemasaran, atau sekadar berbagi kenangan pribadi.

Untuk mengedit video, pertama-tama menyiapkan file dan aplikasi yang mendukung. Pastikan Anda sudah memiliki gambaran seperti referensi video untuk memperlancar proses hingga hasil final.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kualitas Foto menjadi HD secara Gratis

Tahapan editing video di Laptop

Aplikasi editing video KineMaster

Berikut ini beberapa tahapan dalam mengedit video di laptop Windows maupun Macbook:

  • Pilih perangkat lunak pengeditan video: Ada banyak software edit video pilihan populer yang tersedia, seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, dan Sony Vegas Pro.
  • Impor video yang ingin diedit: Langkah ini dapat dilakukan dengan menyeret dan menjatuhkan file video ke antarmuka perangkat lunak, atau dengan mengklik tombol "Impor" atau "Tambah File".
  • Potong dan Pilih klip: Kemudian, pengguna dapat menggunakan alat pemotong perangkat lunak untuk menghapus bagian video yang tidak diinginkan, atau untuk memasukkan klip baru ke dalam proyek.
  • Tambah efek dan transisi. Nah, pengguna dapat menggunakan efek dan transisi perangkat lunak untuk menambah daya tarik visual pada video.
  • Edit audio. Tahapan ini pengguna bisa menyesuaikan level volume, memangkas atau memindahkan bagian audio, atau menambahkan musik atau suara latar lainnya.
  • Tambah teks dan grafik: Pengguna dapat menambahkan teks dan grafik ke video untuk membuat judul, keterangan, atau watermark.
  • Edit Color Grading: Pengguna dapat menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi, dan parameter warna lainnya untuk meningkatkan kualitas visual video Anda.
  • Render dan ekspor video: Setelah selesai mengedit video, pengguna perlu merendernya ke dalam format yang dapat diputar atau diunggah.

Aplikasi Edit Video di Laptop

Agar edit video dapat dengan mudah dilakukan, ada beberapa aplikasi edit video yang wajib diketahui.

Berikut adalah beberapa aplikasi edit video populer yang tersedia untuk laptop Windows dan MacBook dilansir dari Shopify.

1. Final Cut Pro

Final Cut Pro merupakan aplikasi editing video khusus untuk pengguna MacBook. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur profesional, termasuk alur kerja yang efisien, pemotongan presisi, penyesuaian warna yang canggih, serta dukungan untuk format video berkualitas tinggi.

2. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro adalah software pengeditan video populer untuk pengguna Windows. Ini memiliki fitur seperti pengeditan multi-track, efek visual canggih, dukungan format video yang luas, serta integrasi dengan alat kreatif lainnya.

3. iMovie

iMovie adalah aplikasi editing video bawaan yang gratis bagi pengguna MacBook. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan fitur pengeditan dasar seperti pemotongan, efek, transisi, dan pengeditan audio. Jika tidak tersedia di Launch Apps, iMovie bisa diunduh melalui App Store.

4. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah aplikasi pengeditan video dasar yang tersedia secara gratis untuk pengguna Windows 7 dan versi sebelumnya. Aplikasi ini menyediakan fitur sederhana seperti pemotongan klip, penambahan efek, transisi, dan musik latar.

5. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve merupakan software pengeditan video yang populer di kalangan profesional, tersedia untuk Windows dan MacBook. Software ini menawarkan alat pengeditan canggih, koreksi warna profesional, efek visual, dan fitur kolaborasi yang kuat. Spesifikasi perangkat yang mumpuni diperlukan untuk mengedit video menggunakan DaVinci Resolve.

6. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah software pengeditan video profesional yang kompatibel dengan Windows dan MacBook. Software ini menyediakan berbagai fitur canggih seperti pengeditan non-linear, efek visual, transisi, dan pengeditan audio yang kuat.

Sayangnya, Anda memerlukan perangkat dengan spesifikasi tertentu untuk mendapatkan kemudahan dalam proses editing video.

7. HitFilm Express

HitFilm Express adalah software editing video gratis untuk Windows dan MacBook. Aplikasi ini menawarkan fitur pengeditan dasar dan efek visual canggih, serta dukungan untuk komposisi 3D.

Namun, langkah-langkah umum yang diuraikan di atas sama untuk sebagian besar perangkat lunak pengeditan video. Untuk itu, pengguna bisa memilih aplikasi edit video di Laptop Windows dan Macbook sesuai dengan spesifikasi perangkat.

Demikian penjelasan terkait cara edit video di Laptop Windows dan Macbook yang wajib diketahui oleh pengguna.

Selanjutnya: Yuk Wisata Bunga di Australia

Menarik Dibaca: Yuk Wisata Bunga di Australia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru