Ini Daftar Atlet Termuda dan Atlet Tertua yang Bertanding di Olimpiade Paris 2024

Rabu, 31 Juli 2024 | 16:44 WIB Sumber: businessinsider.com
Ini Daftar Atlet Termuda dan Atlet Tertua yang Bertanding di Olimpiade Paris 2024

ILUSTRASI. Olimpiade Paris 2024 telah menjadi sorotan dunia dengan menampilkan berbagai macam cabang olahraga yang diikuti oleh atlet dari berbagai negara. REUTERS/Esa Alexander


OLIMPIADE PARIS 2024 - JAKARTA. Olimpiade Paris 2024 telah menjadi sorotan dunia dengan menampilkan berbagai macam cabang olahraga yang diikuti oleh atlet dari berbagai negara.

Salah satu aspek menarik dari kompetisi ini adalah rentang usia yang luas di antara para atlet yang berlaga. Mulai dari atlet yang berusia sangat muda hingga yang berusia lanjut, kompetisi ini menunjukkan bahwa usia bukanlah halangan untuk mencapai prestasi puncak. 

Atlet Termuda di Olimpiade Paris 2024

Zheng Haohao (11 Tahun) - Tiongkok

Zheng Haohao, seorang skateboarder berusia 11 tahun dari Tiongkok, merupakan atlet termuda yang berlaga di Olimpiade Paris 2024. Meskipun usianya yang masih sangat belia, Haohao telah menunjukkan bakat luar biasa di bidangnya. Ia mulai bermain skateboard pada usia 7 tahun dan berhasil lolos ke Olimpiade hanya sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-12. Haohao dijadwalkan akan bersaing dalam nomor park putri pada tanggal 6 Agustus.

Vareeraya Sukasem (12 Tahun) - Thailand

Vareeraya Sukasem adalah seorang skateboarder berusia 12 tahun dari Thailand yang juga berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024. Sebagai pembawa bendera perempuan untuk Thailand pada upacara pembukaan, Sukasem berhasil menyelesaikan kompetisi nomor street putri, meskipun hanya menempati peringkat ke-17 dan tidak melaju ke final. Debutnya di Olimpiade menunjukkan bahwa meskipun masih muda, ia telah memiliki pengalaman yang cukup di level internasional.

Baca Juga: Penonton Pembukaan Olimpade Paris Terbanyak Sejak Tahun 2012

Heili Sirviö (13 Tahun) - Finlandia

Heili Sirviö, skateboarder berusia 13 tahun dari Finlandia, adalah atlet termuda yang pernah mewakili negaranya di Olimpiade. Sirviö telah berkompetisi di tingkat internasional selama dua tahun terakhir dan cukup aktif di media sosial, mendokumentasikan perjalanannya menuju Olimpiade melalui YouTube dan Instagram. Ia akan berlaga di nomor park putri pada tanggal 6 Agustus mendatang.

Fay DeFazio Ebert (14 Tahun) - Kanada

Fay DeFazio Ebert, seorang skateboarder berusia 14 tahun dari Kanada, adalah anggota termuda dalam timnya. Ebert memulai karirnya di skateboard setelah sebelumnya tertarik pada atletik dan lari lintas alam. Ia berhasil meraih medali emas di Pan American Games 2023 dan lolos ke nomor park putri di Olimpiade Paris 2024.

Sky Brown (16 Tahun) - Britania Raya

Sky Brown, seorang skateboarder berusia 16 tahun dari Britania Raya, kembali berlaga di Olimpiade setelah debutnya di Tokyo 2020, di mana ia membuat sejarah sebagai atlet termuda Britania Raya yang berkompetisi di Olimpiade. Brown, yang meraih medali perunggu di nomor park putri pada Olimpiade Tokyo, baru-baru ini berhasil menempati posisi kedua dalam kualifikasi Olimpiade untuk mengamankan tempatnya di Paris.

Hezly Rivera (16 Tahun) - Amerika Serikat

Hezly Rivera, seorang pesenam berusia 16 tahun dari Amerika Serikat, adalah salah satu atlet termuda yang mewakili negaranya di Olimpiade Paris 2024. Meskipun Rivera tidak lolos ke final individu, ia menjadi bagian dari tim senam Amerika Serikat yang berhasil meraih medali emas dalam kompetisi beregu.

Quincy Wilson (16 Tahun) - Amerika Serikat

Quincy Wilson, seorang sprinter berusia 16 tahun dari Amerika Serikat, adalah anggota termuda dari tim atletik negaranya dan merupakan pelari pria termuda yang pernah lolos ke tim atletik AS. Meskipun ia tidak berkompetisi di nomor individu, Wilson dijadwalkan akan berlaga dalam estafet 4x400 meter.

Lola Tambling (16 Tahun) - Britania Raya

Lola Tambling adalah skateboarder berusia 16 tahun yang mewakili Britania Raya di Olimpiade Paris 2024. Tambling, yang sebelumnya memenangkan Kejuaraan Nasional Britania Raya 2022 di cabang skateboard, akan bersaing dalam nomor park putri.

Dominika Banevič (17 Tahun) - Lithuania

Dominika Banevič, seorang breakdancer berusia 17 tahun dari Lithuania, akan berkompetisi di cabang olahraga baru, yakni breaking, di Olimpiade Paris 2024. Banevič sebelumnya memenangkan medali emas di Kejuaraan Dunia Breaking 2023 dan akan berlaga dalam kategori yang sama pada tanggal 9 Agustus.

Alex Shackell (17 Tahun) - Amerika Serikat

Alex Shackell, seorang perenang berusia 17 tahun dari Amerika Serikat, adalah salah satu atlet termuda dalam tim renang negaranya. Shackell lolos ke nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri setelah menempati posisi kedua di kualifikasi tim. Ia dijadwalkan untuk berlaga pada tanggal 31 Juli, bersamaan dengan kakaknya, Aaron, yang juga berkompetisi di nomor 400 meter gaya bebas putra.

Atlet Tertua di Olimpiade Paris 2024

Juan Antonio Jiménez (65 Tahun) - Spanyol

Juan Antonio Jiménez, seorang atlet berkuda berusia 65 tahun dari Spanyol, adalah salah satu atlet tertua yang berlaga di Olimpiade Paris 2024. Meskipun ada atlet berkuda lain yang lebih tua, seperti Mary Hanna dari Australia, Jiménez adalah atlet tertua yang lolos kualifikasi untuk Olimpiade ini. Ia pernah berkompetisi di Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2004, dan membantu Spanyol meraih medali perak di nomor dressage beregu di Athena.

Rolf-Göran Bengtsson (62 Tahun) - Swedia

Rolf-Göran Bengtsson, atlet berkuda berusia 62 tahun dari Swedia, kembali berkompetisi di Olimpiade setelah debutnya di Atlanta 1996. Bengtsson telah memenangkan dua medali perak dalam karirnya dan akan berlaga dalam nomor tim jumping pada Olimpiade Paris 2024.

Pius Schwizer (61 Tahun) - Swiss

Pius Schwizer, seorang atlet berkuda berusia 61 tahun dari Swiss, kembali ke Olimpiade setelah terakhir kali berkompetisi pada Olimpiade 2012 di London. Schwizer, yang sebelumnya membantu Swiss meraih medali perunggu di nomor jumping beregu pada Olimpiade Beijing 2008, akan berlaga dalam nomor jumping di Paris.

Mario Deslauriers (59 Tahun) - Kanada

Mario Deslauriers, atlet berkuda berusia 59 tahun dari Kanada, kembali berkompetisi di Olimpiade untuk keempat kalinya setelah debutnya di Los Angeles 1984. Deslauriers adalah orang termuda yang pernah memenangkan Final Piala Dunia FEI pada tahun yang sama. Ia akan bersaing dalam nomor jumping beregu di Paris.

Baca Juga: Ini Deretan Miliarder Dunia yang Terlihat di Perhelatan Olimpiade Paris 2024

Steffen Peters (59 Tahun) - Amerika Serikat

Steffen Peters, seorang atlet berkuda berusia 59 tahun dari Amerika Serikat, adalah atlet tertua dalam tim negaranya di Olimpiade Paris 2024. Peters telah berkompetisi di lima Olimpiade sebelumnya dan membantu AS meraih medali perunggu di nomor dressage beregu pada Olimpiade Atlanta 1996. Meskipun tim AS telah tereliminasi dari kompetisi dressage beregu di Paris, Peters masih akan bersaing di nomor individu.

Zhiying Zeng (58 Tahun) - Chile

Zhiying Zeng, yang juga dikenal sebagai Tania, adalah seorang pemain tenis meja berusia 58 tahun yang mewakili Chile di Olimpiade Paris 2024. Setelah pensiun dari karir tenis meja di Tiongkok pada usia 20 tahun dan pindah ke Chile untuk melatih, Zeng akhirnya berhasil tampil di Olimpiade pertamanya pada usia 58 tahun. Meskipun ia kalah di babak penyisihan nomor tunggal putri, debutnya di Olimpiade merupakan pencapaian luar biasa.

Carl Hester (57 Tahun) - Britania Raya

Carl Hester, seorang atlet berkuda berusia 57 tahun dari Britania Raya, adalah atlet tertua dalam tim berkuda negaranya di Olimpiade Paris 2024. Ini adalah Olimpiade ketujuh bagi Hester, yang pertama kali berkompetisi di Barcelona 1992. Hester telah memenangkan medali emas, perak, dan perunggu di berbagai Olimpiade, dan masih akan bersaing di nomor dressage individu dan beregu di Paris.

Nino Salukvadze (55 Tahun) - Georgia

Nino Salukvadze, seorang penembak berusia 55 tahun dari Georgia, membuat sejarah di Olimpiade Paris 2024 dengan menjadi wanita pertama yang berpartisipasi dalam 10 Olimpiade.

Salukvadze memulai debutnya di Olimpiade Seoul 1988, di mana ia memenangkan medali emas di nomor 25 meter pistol dan perak di nomor 10 meter air pistol. Di Paris, ia akan berlaga di nomor 25 meter pistol.

Andy Macdonald (50 Tahun) - Britania Raya

Andy Macdonald, berkompetisi untuk Britania Raya pada usia 50 tahun, menjadikannya pemain skateboard Olimpiade tertua dalam sejarah singkat olahraga ini di Olimpiade.

Atlet kelahiran Amerika Serikat, yang ayahnya berasal dari Inggris, lolos kualifikasi tim Britania Raya untuk Olimpiade Paris. Ini adalah pertandingan Olimpiade pertamanya, dan pertandingan skateboard dijadwalkan pada tanggal 7 Agustus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru