Ini daftar harga hatchback dan city car bekas, Yaris dijual mulai Rp 80 jutaan

Senin, 06 Juli 2020 | 13:48 WIB Sumber: Kompas.com
Ini daftar harga hatchback dan city car bekas, Yaris dijual mulai Rp 80 jutaan

ILUSTRASI. Pekerja membersihkan mobil bekas di pusat penjulan mobil bekas di Tangerang Selatan, Selasa (17/3). Gangguan produksi mobil baru dengan komponen impor sebagai dampak wabah virus corona membuat perusahaan pembiayaan bersiap memperkuat penetrasi mobil bekas


OTOMOTIF - JAKARTA. Pasar mobil bekas merupakan alternatif menarik bagi Anda yang memiliki tabungan atau dana terbatas untuk kebutuhan tersier. 

Pasalnya, harga mobil jauh lebih terjangkau dibandingkan keluaran resmi diler pada tahun produksi yang sama. Pilihan yang ditawarkan pun tak kalah beragam, hanya saja risikonya cukup besar (terkait kondisi unit). 

Baca Juga: Inilah harga mobil MPV bekas kelas murah, mulai dari Rp 80 jutaan

Bicara pasar terkini, mobil perkotaan (city car) dan hatchback merupakan pilihan menarik selain kendaraan berjenis LCGC dan LMPV yang umum dikenakan warga Indonesia. 

Desain yang tidak membosankan, kapasitas penumpang mumpuni untuk harian, hingga stabilnya harga jual kembali ialah beberapa kelebihan mobil tersebut. 

"Apalagi pajak hatchback lebih murah daripada sedan. Jadi ini alternatif bagi yang mencari kenyamanan seperti sedan tapi kepraktisannya MPV," kata Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua. 

Tetapi, harga pasaran mobil memang lebih mahal dari LCGC maupun LMPV. Untuk Toyota Yaris E manual produksi tahun 2008 dan Honda Jazz I-DSI 2008 saja saat ini masih kisaran Rp 88 juta. 

Baca Juga: Ini deretan mobil bekas kisaran Rp 60 Juta, ada BMW juga!

Sementara untuk produksi yang lebih muda, sekitar 2010-2012, kedua mobil tersebut sudah masuk Rp 100 jutaan. "Honda Jazz RS 2018 masih Rp 230 juta," kata pedagang mobil bekas dari Andalan Mobil SMB, Sudirman. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru