Ini Fitur Baru YouTube yang Akan Rilis, Sleep Timer hingga Mempermudah Bikin Playlist

Jumat, 18 Oktober 2024 | 09:49 WIB   Penulis: Arif Budianto
Ini Fitur Baru YouTube yang Akan Rilis, Sleep Timer hingga Mempermudah Bikin Playlist

ILUSTRASI. Ini Fitur Baru YouTube yang Akan Rilis, Sleep Timer hingga Mempermudah Bikin Playlist


YOUTUBE - Inilah fitur baru YouTube yang akan rilis, wajib Anda ketahui sebelum mencobanya. Mulai dari Sleep Timer hingga fitur yang mempermudah pengguna ketika membuat Playlist.

Tidak dapat dipungkiri, YouTube menjadi salah satu platform di mana orang kerap kali mengunjungi website atau aplikasi tersebut demi menonton video dari kanal atau channel  yang mereka ikuti.

Hampir setiap hari atau mungkin setiap menit, Anda mungkin membuka YouTube untuk melihat ada video baru atau perkembangan informasi lainnya yang disajikan dalam format video.

Bicara tentang YouTube, belum lama ini (15/10/2024), aplikasi tersebut mengumumkan akan mendapatkan beberapa fitur baru. Fitur baru ini tentu saja bakal meningkatkan pengalaman pengguna saat memakai aplikasi streaming video tersebut.

Mulai dari peningkatan visual hingga penambahan fitur yang semakin mempermudah dan memanjakan pengguna.

Dilansir dari blog resmi YouTube, berikut adalah sederet fitur baru yang akan hadir di YouTube.

TECH-SOCIALNETWORKS/

Baca Juga: Samsung One UI 7 Berbasis Android 15, ini Daftar HP Samsung yang Mendapatkan Update

Multitasking semakin mudah dengan miniplayer yang mendapatkan peningkatan

Fitur baru YouTube yang akan hadir dan mempermudah pengguna adalah miniplayer. Buat yang mungkin belum tahu, minipalyer adalah tampilan video YouTube ketika Anda sedang scroll atau memilih video lain sambil memutar video.

Nah, tampilan miniplayer ini semakin sempurna di mana pengguna bisa memindahkan miniplayer ke posisi tertentu sesuai keinginan.

Membuat, membagikan dan vote Playlist YouTube dengan mudah

YouTube memiliki fitur playlist di mana pengguna dapat menambahkan video tertentu sesuai dengan playlist yang Anda buat.

Untuk mempermudah pengguna, sekarang playlist YouTube dapat dibuat dengan mudah, mendukung fitur kolaborasi, voting hingga berbagi playlist lewat kode qr.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menambahkan thumbnail pada playlist, bisa menggunakan gambar atau foto yang sudah Anda siapkan atau memanfaatkan AI untuk generate thumbnail.

Fitur baru Sleep Timer

Mungkin fitur Sleep Timer terdengar sederhana. YouTube memperkenalkan fitur bernama Sleep Timer yang bermanfaat untuk pengguna yang mungkin punya kebiasan nonton YouTube sebelum tidur.

Alih-alih ponsel Anda menyala sampai terbangun karena memutar YouTube tanpa henti, Sleep Timer dapat Anda manfaatkan untuk menghentikan atau pause tayangan YouTube sesuai dengan waktu yang Anda inginkan.

YouTube akan melakukan uji coba fitur Sleep Timer ini bagi member Premium sebelum nantinya diluncurkan untuk pengguna yang lebih banyak lagi.

Mengoleksi badge atau lencana

Jika Anda mungkin terbiasa bermain game untuk mengoleksi achievement, YouTube juga akan mengadopsi fitur serupa. 

Bukan disebut sebagai achievement, tetapi badge atau lencana.

Lencana YouTube ini akan diberikan kepada pengguna sebagai bentuk perayaan pencapaian yang unik.

Misalnya, menjadi salah satu anggota berbayar di channel kreator tertentu atau menyelesaikan quiz dengan benar.

Pengguna juga bisa mendapatkan lencana karena menjadi pendengar teratas dari artis favorit mereka atau memiliki kreator yang memperhatikan komentar.

Anda dapat menemukan koleksi lencana yang telah dikumpulkan pada tab Anda atau menu yang terletak di paling kanan pada aplikasi YouTube.

Baca Juga: Minecraft 1.21.31.05: Cara Download Update Manual di HP Android dan iOS (iPhone/iPad)

Tampilan baru Short. nonton YouTube di TV

Seperti yang kita ketahui, YouTube bisa diakses dari berbagai platform. Tidak terbatas pada HP atau laptop saja, tetapi juga TV yang mendukung smart TV.

Peningkatan visual pada YouTube di TV membuat Anda semakin nyaman ketika menonton Shorts di TV.

Dengan UI atau antarmuka yang baru, menawarkan interaksi berkelanjutan dengan konten. Anda dapat melihat komentar atau menjelajahi Toko.

Anda dapat melihat semuanya tanpa mengganggu pengalaman menonton.

Tidak hanya itu saja, pengalaman nonton YouTube di TV juga semakin imersif. Ketika Anda mengunjungi channel dari kreator YouTube, video akan mulai diputar secara otomatis, menampilkan teaser konten yang akan ditampilkan pada video tersebut, sebelum menontonnya secara penuh.

Tonton: Harga Emas Antam Hari Ini Kembali Menghijau, Jumat 18 Oktober 2024

Itulah beberapa fitur baru YouTube yang akan rilis. Menurut Anda, apakah fitur baru YouTube yang akan rilis ini bermanfaat bagi Anda sebagai pengguna?

Selanjutnya: BEI Mendorong BUMN Jumbo IPO Tahun Depan

Menarik Dibaca: IHSG Menguat 0,2% Pada Perdagangan Jumat Pagi (18/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru