Ini jadinya jika anak-anak mendengarkan musik, simak faktanya

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:30 WIB Sumber: UNICEF
Ini jadinya jika anak-anak mendengarkan musik, simak faktanya

KONTAN.CO.ID - Mendengarkan musik menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Musik selalu bisa menyemarakkan berbagai suasana. Mulai dari senang hingga sedih, semuanya terasa lengkap jika disertai alunan musik.

Namun, apa jadinya jika yang mendengarkan musik adalah anak-anak?

Melansir dari website resmi Unicef, seorang ahli saraf mengatakan bahwa musik memiliki manfaat jangka panjang bagi bayi.

Berdasarkan sebuah penelitian dari Institute of Learning and Brain Sciences, bagian otak bernama korteks pendengaran dan prefrontal pada bayi yang mendengarkan musik akan terlihat berbeda. Korteks pendengaran dan prefrontal sendiri merupakan bagian otak yang bertanggung jawab memproses musik dan ucapan.

Baca Juga: Anak gampang marah, begini cara mengatasinya

Tak hanya pada bayi, efek positif dari mendengarkan musik juga dapat dirasakan oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Baik sekadar mendengarkan maupun sembari memainkannya, berikut ragam manfaat mendengarkan musik bagi anak-anak:

  • Meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres pada anak.
  • Memudahkan anak-anak untuk berhubungan dengan emosi mereka ketika mendengarkan musik sedih. Pasalnya, musik sedih memiliki kekuatan katarsis (pelepasan emosi) yang baik bagi manusia termasuk anak-anak.
  • Merangsang pembentukan zat kimia otak seperti dopamin dan oksitosin. Ketika kedua zat ini dilepaskan maka anak-anak akan terdorong untuk menjadi pribadi yang mudah berbagi, berempati, serta percaya pada orang lain.
  • Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas anak.
  • Mengembangkan kecerdasan spasial. Dilansir dari Wikipedia, kecerdasan spasial merupakan kemampuan seseorang untuk memahami, memproses, dan berpikir ke dalam bentuk visual. Kecerdasan ini menjadi dasar bagi minat anak terhadap matematika, teknik, ilmu komputer, dan arsitektur.
  • Meningkatkan kreativitas dan memperbanyak kosakata.

Nah, Moms. Ternyata tidak sedikit ya manfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak ketika mereka mendengarkan musik. Oleh sebab itu, Moms bisa mulai membiasakan mereka untuk mendengarkan musik mulai dari sekarang.

Namun, pastikan musik yang anak-anak dengarkan sesuai dengan umur mereka ya Moms. Moms bisa menjadikan lagu anak-anak sebagai playlist harian mereka. Selain bermanfaat untuk perkembangan otak, lagu anak-anak juga bisa dijadikan sebagai metode belajar yang menyenangkan untuk mereka.

Selanjutnya: Kucing Ternyata Hanya Bisa Hidup Sampai 20 Tahun

Editor: Ana Risma
Terbaru