Sport

Ini jadwal resmi Olimpiade Tokyo, digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021

Selasa, 31 Maret 2020 | 09:06 WIB Sumber: Kompas.com
Ini jadwal resmi Olimpiade Tokyo, digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021

ILUSTRASI. Olimpiade Tokyo Akan Digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021. REUTERS/Dado Ruvic TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tanggal penyelenggaraan Olimpiade pada 2021 telah resmi ditetapkan. Melansir BBC, Olimpiade Tokyo akan dimulai pada 23 Juli-8 Agustus 2021, tetap dengan nama Olimpiade Tokyo 2020 meskipun berlangsung pada tahun depan. Sementara itu, Paralimpiade yang sedianya berlangsung pada 25 Agustus 2020 resmi ditunda hingga 24 Agustus-5 September 2021. 

"Saya yakin jika kami bekerja sama dengan panitia penyelenggara, pemerintah Metropolitan Tokyo, Pemerintah Jepang, dan semua pemangku kepentingan, kita dapat menyelesaian tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach. 

Baca Juga: Jepang larang masuknya wisatawan asing, termasuk dari Indonesia

"Seluruh manusia kini seperti hidup dalam terowongan gelap (karena pandemi virus corona). Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi cahaya di ujung terowongan ini," kata dia melanjutkan. 

Sementara itu, Presiden Komite Paralimpiade Internasional, Andrew Parsons, menambahkan bahwa Paralimpiade yang diadakan tahun depan bisa menjadi perayaan global setelah sukses memerangi pandemi ini. "Ketika Paralimpiade diadakan di Tokyo tahun depan, itu akan menyatukan kita semua dalam perayaan global dan pertandingan olahraga yang sensasional," ujar dia. 

"Paralimpiade Tokyo 2020 berlangsung 512 hari lagi. Semua yang terlibat dalam pesta olahraga ini harus fokus untuk tetap aman dan sehat bersama keluarga mereka selama masa sulit ini," ucap Andrew Parsons. 

Ketua Panitia Olimpiade Tokyo 2020, Yoshiro Mori, mengatakan dia telah mengusulkan waktu penyelanggaraan pada 23 Juli-8 Agustus 2021 kepada IOC. Setelahnya, Ketua IOC, Thomas Bach, mengonfirmasi dirinya setuju dengan perubahan tanggal tersebut dan telah berkonsultasi dengan federasi olahraga internasional. 

Editor: Handoyo .


Terbaru