Ini kebiasaan yang perlu diterapkan bikers memasuki era new normal

Kamis, 18 Juni 2020 | 10:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ini kebiasaan yang perlu diterapkan bikers memasuki era new normal

ILUSTRASI. Bikers harus membiasakan diri dengan style baru di era new normal selama pandemi corona berlangsung.


OTOMOTIF -  JAKARTA.Tak ada yang tahu sampai kapan pandemi Covid-19 atau virus corona berlangsung di Indonesia. Untuk itu, masyarakat perlu meghadapi kondisi ini dalam era adaptasi kebiasaan baru alias new normal, termasuk bikers.

New normal adalah pola hidup baru yang ditandai dengan penyesuaian perilaku di tengah pandemi Covid-19 dengan cara menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian, termasuk saat berkendara.

Beberapa hal perlu diperhatikan dan dilakukan para bikers untuk berkendara agar tetap aman dan sehat di era new normal, mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara, hingga setelah berkendara.

Baca Juga: 10 mobil terlaris Mei 2020: Avanza terlempar jauh, XL7 masuk tiga besar

Sebelum Berkendara

Sebelum berkendara, ada baiknya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, disarankan untuk tidak beraktivitas di luar rumah.

Johannes Lucky, Manager Safety Riding AHM, mengatakan, periksa kondisi motor, khususnya jika sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan, mulai dari yang kasat mata, seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

“Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara.

Para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktifitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman,” ujar Lucky, dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Begini strategi Bintraco Dharma (CARS) memasuki era new normal pandemi Covid-19

Lucky menambahkan, para bikers juga perlu memperhatikan riding gear yang digunakan dalam era new normal. Hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara, untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

"Bikers yang berkendara menggunakan buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan," kata Lucky.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru