Ini Pengertian dan Besaran Zakat Fitrah dalam Bentuk Uang atau Beras

Kamis, 28 April 2022 | 15:47 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ini Pengertian dan Besaran Zakat Fitrah dalam Bentuk Uang atau Beras

ILUSTRASI. Umat Islam membayar zakat fitrah melalui amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (10/5/2021). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


RAMADAN -Jakarta. Menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri seluruh umat Islam wajib melakukan zakat fitrah. Besaran zakat fitrah juga sudah ditentukan di antaranya bisa dengan beras,makanan pokok atau uang. 

Selain itu, zakat fitrah juga diwajib bagi anak-anak termasuk bayi yang baru dilahirkan. Oleh karena itu zakat fitrah hukumnya wajib bagi seluruh umat Islam. 

Zakat fitrah bertujuan untuk mensucikan diri setelah melaksanakan ibadah di bulan Ramadan. Selain itu zakat fitrah juga dimaknai sebagai kepedulian terhadap sesama yang kurang mampu. 

Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Booster Kimia Farma 2022, Cek Tanggal dan Persyaratannya

Pengertian Zakat Fitrah

Dilansir dari laman resmi Badan Amil Zakat Nasional, sesuai dengan hadist Ibnu Umar ra zakat adalah zakat yang diwajibkan bagi seluruh umat muslim laki-laki dan perempuan yang dilakukan pada bulan Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Adapun beberapa syarat zakat fitrah di antaranya beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadan, serta mempunyai rezeki lebih menjelang malam dan dari Raya Idul Fitri. 

Lantas berapa besaran zakat fitrah yang harus dilakukan?

Baca Juga: Cara Mengatasi Wajah Berminyak, Coba 6 Bahan Alami Ini

Besaran Zakat Fitrah 

Melansir dari laman resmi Badan Amil Zakat Nasional, besaran zakat dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per orang. 

Sedangkan dalam bentuk uang, berdasarkan SK Ketua Badan Amil Zakat Nasional No.10 Tahun 2022 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Ibu Kota DKI Jakarta dan Sekitarnya ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara denag uang sebesar Rp. 45.000,- per orang. 

Waktu pelaksaan zakat fitrah sendiri dapat dilakukan sejak awal bulan Ramadan dan paling lambat sebelum pelaksaan Salat Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru