Ini Pentingnya Komunikasi dalam Kehidupan Rumah Tangga yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Pentingnya Komunikasi dalam Kehidupan Rumah Tangga yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Ini Pentingnya Komunikasi dalam Kehidupan Rumah Tangga yang Perlu Anda Ketahui.


HUBUNGAN SUAMI ISTRI -Jakarta. Dalam kehidupan rumah tangga, komunikasi menjadi salah satu faktor penting yang membuat hubungan dengan pasangan awet dan langgeng.

Menurut Marriage, komunikasi menjadi kunci hubungan rumah tangga yang bahagia dan merupakan pondasi utama dari sebuah hubungan. 

Namun, tidak semua orang mampu berkomunikasi dengan baik dengan pasangannya. Tidak sedikit suami istri yang komunikasinya tidak lancar karena mereka tidak tahu cara berkomunikasi yang benar.

Dengan tahu pentingnya komunikasi dalam pernikahan, Anda bisa mulai melatih kemampuan ini agar rumah tangga langgeng. 

Mari simak penjelasan pentingnya komunikasi dalam rumah tangga berikut ini yang dirangkum dari Firstcry Parenting dan Marriage:

Baca Juga: Kata-Kata Irregular Nouns yang Paling Sering Dipakai dalam Kalimat Bahasa Inggris

  • Memperkuat hubungan

Dalam membangun rumah tangga yang sehat dan awet, ada banyak faktor yang terlibat. Kepercayaan, kasih sayang, dan kejujuran adalah beberapa contoh faktor yang mengikat hubungan suami istri. 

Tapi tanpa komunikasi yang baik, faktor-faktor tersebut menjadi tidak berarti. Dengan menunjukkan rasa sayang atau kepercayaan, membuat hubungan Anda dengan pasangan jadi lebih kuat. 

Sampai saat ini belum ada orang yang mampu membaca pikiran orang lain. Karena hal inilah komunikasi, baik verbal ataupun non-verbal, menjadi jembatan agar Anda tahu apa yang pasangan rasakan dan inginkan. 

Komunikasi verbal bisa dilakukan dengan mengobrol saat makan bersama atau sebelum tidur. Bisa membaca situasi dan raut wajah pasangan menjadi salah satu bentuk komunikasi non-verbal. 

Kedua jenis cara berkomunikasi ini tentu perlu dibiasakan agar Anda bisa memahami pasangan dengan baik.

  • Jembatan memahami pasangan

Sering berbicara pada pasangan membuat Anda lebih memahami apa yang mereka inginkan. Selain memahami pasangan, hubungan suami istri juga akan semakin kuat dengan sering berkomunikasi. 

Jika suatu saat terjadi selisih paham, Anda bisa lebih cepat menyelesaikannya karena sudah memahami pasangan Anda.

Dengan berkomunikasi, Anda bisa memiliki kepercayaan yang lebih pada pasangan karena sudah memahami pasangan dengan baik. 

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN PT Brantas Abipraya 2022, Simak Formasi yang Dibutuhkan

  • Penanda buruk tidaknya hubungan rumah tangga

Komunikasi menjadi parameter suatu hubungan. Jika komunikasi berjalan dengan baik maka bisa dipastikan hubungan Anda juga baik. Sebaliknya, hubungan yang buruk bisa disebabkan karena komunikasi yang kurang. 

Tidak jarang komunikasi yang tidak lancar bisa berujung pada perceraian. Salah satu pasangan merasa tidak dihargai atau tidak diperhatikan karena komunikasi dalam pernikahan tidak baik.

Komunikasi yang sehat bukan sekedar sering berbincang dengan pasangan namun tidak ada kesetaraan.Komunikasi yang baik dalam pernikahan berarti Anda menghargai pendapat pasangan begitu juga sebaliknya. 

Jika saat berkomunikasi salah satu pihak mendominasi, hal tersebut masuk dalam kategori komunikasi yang buruk. 

Anda bisa mencoba mengontrol emosi masing-masing dan berikan kesempatan pada pasangan untuk mengutarakan pendapatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru