Ini Persamaan dan Perbedaan Jenjang D4 dan S1, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Persamaan dan Perbedaan Jenjang D4 dan S1, Calon Mahasiswa Wajib Tahu


PERGURUAN TINGGI -  Ada banyak jenjang pendidikan tinggi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa sperti D3, D4, dan S1. Bagi siswa yang masih bingung memilih, berikut ini informasi tentang persamaan dan perbedaan jenjang D4 dan S1.

Banyak siswa yang masih bingung tentang jenjang-jenjang pendidikan tinggi khususnya jenjang D4 dan S1.

Pengertian dari Sarjana atau S1, menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pendidikan Tinggi, adalah pendidikan akademik yang menyiapkan mahasiswa menjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional. 

Sedangkan Diploma Empat (Sarjana Terapan) atau D4 adalah pendidikan vokasi yang menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi yang terampil untuk memasuki dunia kerja sesuai keahliannya. 

Baca Juga: Mengenal Pembelahan Sel Secara Mitosis dan Meiosis serta Tahapannya

Persamaan D4 dan S1

Masih banyak siswa yang beranggapan jika D4 dan S1 tidak setara sehingga ragu memilih.Melansir unggahan Instagram Ditjen Dikti, D4 setara dengan S1.

Menurut Perpes Nomor 8 Tahun 2021 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau KKNI, penyetaraan ini didasarkan capaian pembelajaran yang dihasilkan oleh program D4 dan S1. 

Baik S1 maupun D4 juga memiliki kesamaan dalam lama studinya. Mahasiswa yang memilih salah satu program ini bisa menempuh pendidikan maksimal tujuh tahun. 

Beban studi yang diterima mahasiswa adalah sebanyak minimal 144 Satuan Kredit Semester atau SKS. Ketentuan ini mengacu pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

Perbedaan D4 dan S1

Meskipun setara dan memiliki lama studi yang sama, dua program pendidikan tinggi ini tetap memiliki perbedaan.

D4 dan S1 dirancang untuk mendapatkan capaian pembelajaran yang berbeda. Hal ini menyebabkan kompetensi dan keterampilan yang dihasilkan berbeda. 

Baca Juga: Tata Cara Pendaftaran SIPSS 2022 dan Berkas Persyaratannya

Lulusan S1 diarahkan untuk mampu menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan di bidang tertentu. Mereka diharapkan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidang keahliannya. 

Lulusan S1 juga diharapkan mampu bersikap dan berperilaku dalam kehidupan bersama masyarakat. Untuk lulusan D4, mereka lebih fokus untuk memiliki kemampuan dasar profesional keterampilan manajerial. 

Mereka juga mampu mengikuti perkembangan, pengetahuan, dan teknologi di dalam bidang tertentu. Singkatnya, S1 memiliki porsi pembelajaran teori lebih banyak dibandingkan praktek. Sebaliknya, D4 memiliki beban pembelajaran praktik lebih banyak dibanding teori. 

Perbedaan D4 dan S1 berikutnya adalah gelar yang didapat setelah lulus. Setelah lulus atau wisuda, mahasiswa pendidikan tinggi akan mendapatkan gelar yang ditulis di belakang maupun di depan nama mereka.

Saat sudah lulus atau wisuda, mahasiswa S1 akan mendapatkan gelar sarjana seperti S.H (Sarjana Hukum) atau S.Kep (Sarjana Keperawatan). Sedangkan lulusan D4 akan mendapatkan gelar sarjana terapan seperti S Tr.T (Sarjana Terapan Teknik).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru