Ini Ponsel Misterius Oppo yang Dicurigai Bakal Segera Masuk Indonesia, Model Apa?

Kamis, 09 Februari 2023 | 07:09 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Ponsel Misterius Oppo yang Dicurigai Bakal Segera Masuk Indonesia, Model Apa?

ILUSTRASI. Ilustrasi Oppo Find N2 Flip.


GADGET BARU - Bagi Anda penggemar ponsel Oppo, sebaiknya bersiap mendapatkan kejutan.

Melansir Kompas.com, Oppo tampaknya tengah bersiap untuk kembali meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia.  

Pasalnya, ada satu ponsel misterius Oppo dengan model "Oppo CPH2437" yang baru saja mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada Selasa (7/2/2023) kemarin.  

Berdasarkan penelusuran di internet, model tersebut mengarah ke ponsel lipat terbaru Oppo yang mirip Galaxy Z Flip 4, yaitu Oppo Find N2 Flip. 

Pantauan KompasTekno pada Rabu (8/2/2023), ponsel Oppo yang memiliki dukungan 5G ini sudah lolos uji sertifikasi TKDN dengan nilai TKDN mencapai 36,35 persen. 

Belum bisa dipastikan apakah perangkat terbaru Oppo yang lolos uji TKDN ini merupakan ponsel lipat Find N2 Flip atau bukan. Namun apabila benar itu merupakan Find N2 Flip, maka perangkat ini bakal menjadi ponsel lipat pertama Oppo yang dirilis di pasar Indonesia. 

Baca Juga: 12 Rekomendasi HP 3 Jutaan Terbaik 2023, dari Xiaomi hingga Samsung

KompasTekno sempat memintai keterangan Oppo Indonesia terkait kejelasan perangkat ini. Namun, pihak Oppo Indonesia, yang diwakili PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, tidak memberikan jawaban yang tegas. 

Ia tidak mengamini maupun membantah kehadiran Find N2 Flip di Indonesia. 

"Ditunggu saja nanti ya," jelas Aryo singkat kepada KompasTekno di sela acara peluncuran Oppo Reno8 T 4G, Selasa (8/2/2023) kemarin. 

Spesifikasi Oppo Find N2 Flip 

Seperti diwartakan sebelumnya, Oppo Find N2 Flip sudah meluncur lebih dulu di pasar China pada Desember 2022 lalu.  

Ponsel lipat ini memiliki form factor atau desain yang menyerupai Samsung Galaxy Z Flip 4. Namun, layar sekunder (cover display) berukuran 3,6 inci di bagian belakang Find N2 Flip memiliki orientasi vertikal (portrait), bukan horizontal (landscape) layaknya Galaxy Z Flip 4. 

Untuk bagian depan, ponsel lipat ini mengusung layar AMOLED berukuran 6,8 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. 

Layar ini mendukung fitur HDR10+ serta memiliki tingkat kecerahan (brightness) hingga 1.600 nits. Di bagian atas layar, terdapat kamera selfie yang memiliki resolusi 32 MP (f/2.4). 

Baca Juga: Harga HP Vivo Y16 untuk Semua Varian Ada di Kelas Rp 1 Jutaan, Dapat RAM Besar

Kamera ini dimuat dalam sebuah lubang (punch hole) yang diletakkan di tengah atas layar. 

Pada sektor hardware, Oppo Find N2 Flip ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 9000 Plus. Chipset ini dipadukan dengan tiga opsi RAM LPDDR5 8 GB/12 GB/16 GB, serta dua opsi media penyimpanan (storage) UFS 3.1 256 GB/512 GB. 

Pada sektor daya, perangkat yang bisa dilipat menjadi ringkas ini ditopang dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh yang mendukung pengisian cepat berdaya 44 watt. 

Oppo mengeklaim daya ponsel lipat ini bisa terisi 34 persen dalam waktu 15 menit. 

Fitur pendukung lainnya yang ada di Oppo Find N2 Flip mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan bersama dengan tombol power, serta sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka ColroOS 13.0. 

Di China, Oppo Find N2 Flip tersedia dalam varian warna ungu, hitam, dan emas. Perangkat ini dijual dengan harga termurah 6.000 yuan (sekitar Rp 13,4 juta) untuk varian 8 GB/256 GB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Siap Masuk Indonesia?"
Penulis : Bill Clinten
Editor : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru