Edukasi

Ini tips dari LTMPT biar tetap lancar hadapi UTBK 2021 saat puasa Ramadan

Senin, 12 April 2021 | 20:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini tips dari LTMPT biar tetap lancar hadapi UTBK 2021 saat puasa Ramadan

KONTAN.CO.ID - UTBK-SBMPTN 2021 berlangsung mulai Senin (12/4). Pelaksanaan seleksi Penerimaan mahasiswa Baru (PMB) jalur ini dibagi menjadi dua sesi untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, yaitu sesi pagi dan siang.  

Sedangkan kelompok ujian Campuran hanya terdapat satu sesi saja setiap harinya. 

Jadwal pelaksanaan UTBK masih tetap seperti yang telah dirilis oleh LTMPT, meskipun sebagian besar ujian dilaksanakan saat bulan Ramadan. 

Karena dilaksanakan saat bulan puasa, tentu bagi umat Muslim ada sedikit kekhawatiran jika nanti ada kendala saat mengerjakan UTBK. 

Agar tetap lancar, LTMPT membagikan tips yang bisa diterapkan peserta yang kebetulan mendapatkan jadwal saat puasa Ramadan. 

Melalui unggahan Instagram nya, LTMPT memberi tips dan motivasi agar peserta tetap bersemangat mengerjakan UTBK 2021. 

 

Baca Juga: 50 Universitas terbaik Indonesia versi Webometrics 2021, nomor 1 bukan ITB atau UGM

Tips saat menghadapi UTBK 2021 di bulan puasa

Peserta sebaiknya sudah berada di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai. Sebelumnya, hitung perkiraan waktu tempuh antara rumah atau penginapan menuju lokasi ujian. 

Jangan sampai perkiraan Anda salah sehingga menyebabkan terlambat mengikuti UTBK. Pakailah pakaian yang rapi, bersih, dan sopan serta bersepatu. 

Bagi yang tidak berpuasa, pastikan sudah makan dan minum sebelum mengikuti ujian. Jika Anda membawa makanan dan minuman, dimohon untuk menghormati peserta lain yang berpuasa. 

Jangan lupa bawa dokumen penting yang di antaranya adalah:

  1. Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021
  2. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi bagi lulusan 2019 dan 2020
  3. Surat Keterangan Kelas 12 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, yang berisi nama siswa, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto terbaru dengan ukuran bebas bagi angkatan 2021. 
  4. Identitas diri lain seperti KTP, SIM, atau Kartu Pelajar. 

Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker yang dianjurkan oleh pemerintah. Peserta juga disarankan memakai face shield dan diperbolehkan menggunakan sarung tangan. 

Saat menunggu di lokasi ujian, perhatikan jarak Anda dengan peserta lain. Pastikan jarak Anda dengan orang lain minimal 1-1,5 meter saat duduk atau menunggu giliran masuk ruangan ujian.

Sediakan handsanitizer yang mudah untuk dibawa saat mengikuti UTBK 2021. Tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan agar saat mengerjakan UTBK 2021 lancar tanpa kendala yang berarti.

Selanjutnya: Daftar PKN STAN 2021? Ini persyaratan dan alur pendaftarannya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru