kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini tips pakai lampu LED agar tetap awas saat melalui jalan berkabut


Rabu, 09 Oktober 2019 / 10:41 WIB

Ini tips pakai lampu LED agar tetap awas saat melalui jalan berkabut

KONTAN.CO.ID - PEKALONGAN. Sejumlah mobil baru mulai menanggalkan lampu halogen biasa yang menggunakan bohlam, dengan lampu LED yang lebih hemat energi. 

Saat dipakai di perkotaan, karakter cahaya berwarna putih atau kebiruan mungkin dapat menerangi jalan dengan baik. Namun lain halnya saat dibawa berkendara ke luar kota, terutama saat menghadapi jalanan berkabut. 

“Biasanya pancaran sinar LED memang tidak sebaik lampu halogen dalam kondisi berkabut,” ujar Denny Sulistyo, Kepala Bengkel Honda Jakarta Center, Jakarta Pusat, saat ditanya Kompas.com belum lama ini. 

Saat terkena hujan atau kabut, lampu LED akan memantulkan pancaran sinarnya ke sekitar. Hal tersebut yang membuat visibilitas pengemudi tidak bisa maksimal. 

Perasaan ini turut dirasakan awak redaksi saat berkendara dengan Honda BR-V dalam acara ‘ Merapah 5 Warisan Budaya Batik’. Dalam rute Cirebon-Pekalongan, kami melewati jalur pegunungan dengan kondisi berkabut. 

“Solusi sederhananya adalah dengan menyalakan lampu kabut atau fog lamp. Cahaya fog lamp berwarna kekuningan, biasanya memiliki satuan di bawah 5000 kelvin,” katanya. 

Meski begitu, dalam situasi yang lebih parah, kondisinya memang tak lebih baik. Sebab lampu kabut hanya menerangi bagian depan-bawah mobil. 

Oleh karena itu Denny menganjurkan pengemudi untuk mengurangi kecepatan saat kondisi berkabut agar dapat lebih sigap merespons sesuatu di depan. (Dio Dananjaya)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Pakai Lampu LED Agar Tetap Awas saat Jalan Berkabut", 
 


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan


Close [X]
×