Otomotif

Ini tips ringan merawat sepeda motor saat WFH

Rabu, 25 Maret 2020 | 17:36 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Ini tips ringan merawat sepeda motor saat WFH

ILUSTRASI. Sepeda motor honda di sebuah showroom Wahana, Jakarta, Senin (01/10). KONTAN/Fransiskus SImbolon/01/10/2012

KONTAN.CO.ID . JAKARTA. Memanfaatkan waktu kerja di rumah sebagai efek dari mewabahnya virus corona atau Covid-19, pasti tersedia banyak waktu luang. Apalagi mau pergi kemana-mana pun saat ini sepertinya harus kita pikirkan dua kali efeknya karena corona.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut. Salah satunya adalah dengan merawat kendaraan bermotor, seperti sepeda motor. Misalnya dengan mencuci sepeda motor itu dengan bersih. Kegiatan berikutnya adalah melakukan perawatan ringan sepeda motor Anda.

Dalam keterangan tertulis yang Kontan.co.id terima, Rabu ini (25/3), Tim Training Techinal Service Function (TSF) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang yakni Wahana Artha Group memberikan  beberapa tips ringan perawatan sepeda motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Baca Juga: Cuci motor bisa jadi solusi usaha di kala musim hujan

Pertama adalah melakukan pencucian menyeluruh sepeda motor. Bersihkan bagian bodi, mesin hingga bagian bawah jok. Setelah motor bersih, biasanya kita dapat mengetahui beragam kemungkinan kerusakan yang terjadi di sepeda motor. Misalnya saja adanya lecet bodi ataupun bagian mesin sepeda motor yang rembes oleh oli, cairan rem, ataupun cairan pendingin mesin. Kalau ini terjadi, maka Anda bisa  melakukan tindakan yang lainnya.

Baca Juga: Cara merawat jas hujan, jangan langsung disimpan di bawah jok

Langkah berikutnya adalaah memeriksa kondisi oli dengan membuka deepstick oli untuk mengetahui keenceran oli dan level tinggi oli. Jangan lupa cek kondisi kekencangan rantai untuk sepeda motor tipe cub dan sport.  Sedangkan untuk tipe sepeda motor otomatis bisa dilakukan dengan menyalakan motor tersebut sembari mendengarkan suara mesin dan bagian CVT untuk mendeteksi adanya gangguan.

Terakhir, pastikan seluruh komponen penting sepeda motor seperti lampu, kanvas rem, kondisi tekanan angin dan alur ban masih baik untuk digunakan berkendara. Kalaupun ada gangguan di seputar komponen tersebut, tentu lebih baik membereskan sepeda motor Anda dibengkel langganan atau yang sudah dipercaya kemampuannya.


Editor: Markus Sumartomjon


Terbaru