kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.197
  • SUN90,77 -0,26%
  • EMAS624.167 0,32%

Ini tujuh kedai kopi Instagrammable di Indonesia, Anda setuju?

Senin, 05 Februari 2018 / 17:36 WIB

Ini tujuh kedai kopi Instagrammable di Indonesia, Anda setuju?
ILUSTRASI. Kedai Kopi Tuku di Jakarta



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Media sosial Instagram berkembang menjadi referensi terkini terkait berbagai hal termasuk makanan dan tempat hang out. Salah satu bisnis yang mencuri perhatian di Instagram adalah kedai kopi susu kekinian.

Es kopi susu tetangga kedai kopi TUKU bahkan sudah dicicipi oleh Presiden Jokowi. Popularitas kopi telah tumbuh semakin besar di Indonesia, sebagai minuman yang cocok dinikmati saat mengobrol bersama teman dan membangkitkan semangat.


Para pecinta kopi di Indonesia masih terus berkembang. Menurut International Coffee Organization (ICO), Indonesia telah menjadi salah satu pengekspor biji kopi terbesar sedunia di tahun 2016-2017. Provinsi Bengkulu, Sulawesi Selatan, dan Lampung tercatat sebagai kontributor terbesar biji kopi.

Terlebih lagi, budaya meminum kopi pun semakin menarik perhatian para Instagrammers, saat kedai kopi memberikan atensi lebih pada dekorasi ruangan, presentasi kopi, hingga feed Instagram yang mencuri perhatian.

Instagram Indonesia menjabarkan tujuh kedai kopi yang mampu menarik perhatian para Instagrammers di Indonesia belakangan ini.

1. @district7.coffee
District7 coffee terkenal dengan tiga jenis signature drinks nya, antara lain: Original coffee-7 (kopi susu); Irish Blue, segelas kopi dingin yang memiliki perpaduan aroma rum dan cream; serta Pink Punch yang terbuat dari buah sirsak segar.

Anda bisa menikmati District7 coffee di kedainya yang terletak di Pantai Indah Kapuk, atau Cotton Ink Café di Kemang. Dengan desain interior yang berwarna pink ini akan membuat kopimu semakin terasa unik! Kabarnya, makanan di kedai kopi ini juga wajib banget dicoba.


2. @sehidupsekopi
Didirikan pada April 2017, Sehidup Sekopi berkolaborasi dengan emNTWRK untuk menyelenggarakan sharing session mingguan yang berfokus pada pengembangan kreatif bagi karyawan-karyawannya. Mirip dengan Kopi Kenangan, Sehidup Sekopi menggunakan istilah-istilah yang menarik dalam menunya, seperti Es Kopi Gebetan, Es Kopi Kekasih, Es Kopi Selingkuhan, dan Es Kopi Mantan.

Selamat berakhir pekan Teman-teman Sekopi! Hati-hati di jalan dan jangan lupa pesan #EsKopiKesayangan nya ya! Oia, siap-siap juga ya untuk kehadiran anggota keluarga baru dari #EsKopiKesayangan kalian! . Mampir Sehidup Sekopi terus cobain #EsKopiKesayangan pasti pas banget. Masih ada PROMO PAKET 5 ES KOPI seharga Rp 100,000 lho! Bisa bebas pilih varian #EsKopiKesayangan kalian! Dan kalau belum sempat mampir, di GoJek-in aja via app @GoJekIndonesia @GoFoodJakarta ! Promonya berlaku juga lho untuk pemesanan via GoJek! Tunggu apa lagi, yuk cobain rasa baru #EsKopiKesayangan yang siapa tau makin nyangkut di hati kalian! . Sehidup Sekopi Ruko Kebayoran Arcade 1, blok C1 no. 5 Boulevard Bintaro Jaya, Bintaro Sktr. 7 Pdk. Aren, Tangsel. . #SebuahCerita #SepenuhRasa #SehidupSekopi #JanganBuruBuru #SekopiDulu #EsKopiKesayangan #EsKopiGebetan #EsKopiKekasih #EsKopiSelingkuhan #EsKopiMantan #GoJek #GoFoodJakarta #GoFoodTangsel #GoFoodCoffee

A post shared by Sehidup Sekopi (@sehidupsekopi) on


3. @klinikkopi
Klinik Kopi mulai mencuri perhatian sejak diluncurkannya film Ada Apa Dengan Cinta (AADC 2). Terletak di Sleman, Jogjakarta, interior kedai kopi ini didekorasi dan dihiasi dengan foto-foto tentang sejarah kopi. Hanya dengan Rp 15.000, Anda bisa menikmati secangkir kopi lengkap dengan kisah perjalanan biji kopi yang Anda nikmati.

Ada dua hal konsep yg berbeda dalam sebuah warung kopi. Mungkin ini hanya dua yg kami tahu dan kami rasakan.  Konsep yg sebetulnya ada keuntungan dan kelemahan. Itu kenapa, baiknya bbrp orang yg mau membuka warung harus tahu gimana atau mau kayak gimana konsep nantinya. Warung pertama adalah yg kami alami, Ya warung kopi yg sangat personal. Artinya, peran seorang sangat berpengaruh dalam sebuah warung kopi. Kalo penyeduhnya lagi keluar kota atau lagi kondangan, maka warung bisa kapan saja tutup dadakan. Misal tiba2 ada tetangga yg meninggal, maka harus tutup atau tiba2 air dari sawah sebelah meluap, kami bisa tutup secara tiba2. Tak ada pertimbangan yg berat, tutup ya tutup saja, juga dengan jam buka yg cenderung selonggarnya tuan rumah. Kedua warung kopi semi otomatis : Warung model begini cenderung lebih banyak dipilih karena simpel dan ga repot.  Owner bisa kapan saja datang hanya untuk cek roasted beans, cek gimana penggunaan listrik, hingga cek gimana penjualan. Owner sesekali ikut nyeduh kopi sambil menyapa pembeli, lalu tiba2 jam 11 owner meeting dengan bank tapi warung masih bisa jalan tanpa ada keberadaan owner.  Dengan pola begini, sistem yg harus bener2 jalan. Gimana cara pembayaran, gimana pola handel pembeli dll. Intinya, system dalam warung kopi sangat penting sekali. Ketiga adalah warung autopilot : Model warung begini cenderung yg ukuran besar dan sekala nyeduhnya juga banyak. Owner hanya datang paling sebulan sekali buat cek2 kekurangan warung : Gimana stok roasted beans, gimana susu, gimana gula dll. Pola ini dipilih bagi yg punya kekuatan modal besar.  Tapi harus punya sistem yang kuat juga. Bbrp warung besar rata2 bertahan  karena emang menejemennta bagus. Ada juga yg besar, tiba2 bangkrut karena menjementnya ga di kelola bagus. Ketiganya punya pola yg beda, punya tingkat kerumitan yg beda-beda juga, termasuk beda juga soal pendanaan membangun warung kopi. Lalu pertanyaan kami, mau milih yg mana konsep yg akan dibangun ? pertama? kedua atau ketiga ? Sebenarnya jika tahu konsep dasarnya, semua bisa lancar2 saja…asal sesuai kemampuan. Nb : Foto saat kami ke dongree setahun lalu.

A post shared by klinikkopi (@klinikkopi) on


4. @thfcoffee
Dengan desain interior yang artsy, kekayaan cita rasa dari secangkir kopi Anda rasanya semakin mengigit. Two Hands Full terkenal dengan menu andalannya, Chai Latte yang memberikan perpaduan rasa manis, creamy, herb, dan susu. Kunjungi Two Hands Full dalam bentuk garage yang keren di 107 Garage Room, Bandung untuk menikmati kopi pilihan dalam suasana yang keren.


5. @senimancoffee
Salah satu lokasi wajib dikunjungi bagi penggemar kopi di Ubud, Seniman Coffee yang didirikan oleh David Sullivan dan Rodney Glick di 2010 silam menggabungkan konsep seni dan kopi. Di kedai kopi ini, Anda tidak akan melihat teko kopi atau mesin espresso karena setiap cangkir kopi akan dipanggang, diseduh, dan dituang secara manual dengan menggunakan biji kopi lokal.


6. @kopip3dia
Semarang kerap mencuri perhatian dengan berbagai pilihan kuliner yang tak terlupakan. Jika Anda mencari kedai kopi untuk hangout bersama teman di Semarang, Kopipedia bisa menjadi referensi. Mirip Seniman Coffee di Ubud, Kopipedia akan menyajikan kopi Anda secara manual. Tinggal menyebut jenis kopi dan cara yang diinginkan, secangkir kopi akan langsung dibuat khusus untuk Anda. Unik? Sudah pasti.


7. @ottencoffee
Jika Anda ingin mencari pengalaman yang lengkap, Otten Coffee menawarkan seni dan sains dibalik dari secangkir kopi. Dengan misinya #MengopikanIndonesia, Anda bisa merasakan rasa dari kopi lokal dan mencoba untuk menyeduh kopi dengan benar – baik melalui metode manual atau mesin. Kalau Anda lebih menyukai membuat kopi sendiri, Anda dapat membeli peralatan-peralatan di Otten Coffee seperti biji kopi lokal, mesin espresso, penggiling, serta perangkat barista. Berlokasi di Medan, Otten Coffee merupakan salah satu list kedai kopi yang wajib Anda kunjungi!


 

Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Rizki Caturini

KOPI

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0009 || diagnostic_api_kanan = 0.0454 || diagnostic_web = 0.3207

Close [X]
×