CLOSE [X]

Ini Wajib Ada di Kamar Minimalis ala Korea, Catat, ya!

Minggu, 08 Mei 2022 | 14:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Ini Wajib Ada di Kamar Minimalis ala Korea, Catat, ya!


KONTAN.CO.ID - Banyak aspek dalam kehidupan orang-orang yang saat ini dipengaruhi oleh kebudayaan Korea, termasuk desain dan dekorasi kamar tidur.

Dekorasi kamar ala Korea ini sebagian besar terinspirasi dari penampilan kamar tidur yang ada di drama-drama Korea. Mengusung penampilan kamar yang simpel namun tetap estetik, tidak heran jika banyak penggemar drama Korea yang ingin mengadaptasi penampilan tersebut ke kamar mereka.

Anda termasuk orang yang tertarik mendekorasi kamar dengan gaya ala Korea? Dilansir dari girlstyle.com dan Homify Malaysia, berikut beberapa hal yang wajib ada untuk menciptakan dekorasi kamar estetik ala Korea.

Palet warna minimalis

Dekorasi kamar ala Korea memiliki prinsip minimalisme, jadi Anda cukup menggunakan warna-warna yang minimalis untuk menciptakan estetika kamar ala Korea. Gunakan warna-warna netral yang lembut seperti putih, abu-abu, cream, beige, dan coklat muda.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan warna putih atau light cream pada dinding kamar. Warna terang pada dinding akan memberikan kesan ruangan yang bersih dan luas, serta membantu menonjolkan furnitur dan dekorasi di dalam kamar.

Sebagai aksen, tambahkan warna lainnya yang tetap senada, misalnya kuning, biru, atau ungu pastel yang lembut. Anda bisa memberikan aksen warna ini melalui pernak-pernik kamar, misalnya sprei, selimut, karpet, atau hiasan dinding.

Pencahayaan yang lembut

Pencahayaan yang optimal di dalam kamar adalah salah satu aspek penting dalam interior gaya Korea. Sinar matahari yang alami menjadi salah satu sumber pencahayaan yang paling banyak digunakan untuk menciptakan suasana kamar yang estetik.

Cara paling mudah tentu saja menggunakan jendela besar atau skylight pada atap supaya cahaya matahari dapat masuk ke dalam kamar. Jika dirasa terlalu silau, Anda bisa menggunakan vitrase untuk membantu mengurangi intensitas cahaya yang masuk dan menciptakan kesan pencahayaan yang lembut di dalam kamar.

Terakhir, tambahkan sumber pencahayaan lain seperti lampu meja atau string light. Pilihlah lampu dengan pencahayaan hangat yang lembut supaya penampilan kamar Anda tetap terlihat cantik.

Kayu warna terang

Salah satu hal yang umum ditemui di kamar bergaya Korea adalah penggunaan material kayu berwarna terang, baik pada furnitur maupun lantai.

Warna coklat muda dari kayu berwarna terang sangat cocok dipadukan dengan dinding putih dan pencahayaan lembut di kamar, sehingga memberikan hasil akhir berupa penampilan kamar yang segar, luas, dan estetik.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Memilih Sprei yang Tepat? Simak Tipsnya Berikut Ini

Furnitur rendah dan fungsional

Sama seperti Jepang, salah satu kunci dekorasi interior ala Korea adalah penggunaan furnitur yang rendah dan sederhana. Pasalnya, orang-orang Korea terbiasa melakukan kegiatan sehari-hari sambil lesehan di lantai, misalnya menonton TV, bekerja, atau makan. Supaya makin nyaman, gunakan aksesoris tambahan seperti bantal duduk di lantai.

Selain bentuknya yang rendah dan simpel, Anda juga harus memperhatikan fungsionalitasnya. Pilihlah furnitur yang praktis dan mudah digunakan, tanpa desain dan bentuk yang berlebihan.

Rak buku

Ciri khas dekorasi interior ala Korea yang lainnya adalah penggunaan rak buku di dalam ruangan. Jadi, tidak heran apabila Anda akan sering menjumpai rak buku di dalam kamar yang ditata dengan gaya Korea.

Selain menjadi tambahan furnitur di kamar, rak buku dapat menjadi tempat yang sempurna untuk memajang dekorasi kamar. Pilihlah rak buku dengan desain terbuka dan sederhana, lalu isi dengan buku-buku dan pernak-pernik dekorasi lainnya.

Baca Juga: 5 Alasan Sebaiknya Menggunakan Warna Netral di Rumah

Kaca cermin yang disandarkan

Jika cermin biasanya dipasang dengan cara dipaku ke dinding, interior kamar ala Korea menggunakan cara sebaliknya, yaitu dengan membiarkan cermin disandarkan begitu saja ke dinding.

Kaca cermin yang disandarkan ke dinding akan memberikan kesan kamar yang santai, kasual, dan instagrammable. Selain itu, kaca cermin dapat membantu memantulkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lapang.

Anda dapat menggunakan cermin meja dengan bentuk simpel, atau cermin besar full-body supaya kamar terlihat makin estetik.

Dekorasi unik

Walaupun kamar bergaya Korea mengusung prinsip minimalisme, bukan berarti Anda harus membiarkan kamar terlihat polos.

Kuncinya, gunakan dekorasi dan pernak-pernik kecil yang terlihat harmonis bila dipadukan. Anda bisa menggunakan hiasan dinding seperti macrame, string lights, bahkan poster sederhana. Tambahkan juga tanaman hias atau boneka imut bila ingin.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib ada di kamar Anda untuk menciptakan penampilan kamar yang estetik ala Korea. Bagaimana, siap mempercantik kamar Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru