Inilah 4 Cara Menambah Kolom pada Microsoft Excel untuk Pemula

Sabtu, 16 November 2024 | 10:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Inilah 4 Cara Menambah Kolom pada Microsoft Excel untuk Pemula

ILUSTRASI. Microsoft Excel


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara menambah kolom di Excel yang harus diketahui oleh pengguna. Tampilan Microsoft Excel, terutama bagian kolom, adalah elemen penting yang perlu dipahami.

Microsoft Excel adalah aplikasi yang sering digunakan untuk mengelola angka dan data dengan berbagai fitur formula. Banyak perusahaan dan mahasiswa yang memanfaatkan Excel untuk keperluan pekerjaan mereka.

Excel menyediakan berbagai fitur yang mendukung pengelolaan dokumen elektronik dengan efisien. Salah satu fitur utama adalah kolom dalam dokumen Excel yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna.

Baca Juga: Cara Mencari Nama atau Kata Lain pada File PDF di HP hingga Laptop

Cara menambah kolom di Excel

Daftar rumus Excel yang sering digunakan di dunia kerja

Kolom di Excel berfungsi sebagai kategori yang membagi setiap baris dalam spreadsheet menjadi beberapa bagian vertikal. Kolom-kolom tersebut ditandai dengan huruf abjad, mulai dari A hingga Z.

Setiap kolom di Excel dapat diisi dengan berbagai jenis data, seperti teks, angka, tanggal, dan lainnya. Pengguna dapat memilih satu atau lebih kolom untuk mengelola dan memformat data sesuai kebutuhan.

Selain itu, Excel memungkinkan pengguna untuk menambah atau menghapus kolom berdasarkan kebutuhan mereka. Ingin tahu cara menambah kolom di Excel?

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menambah kolom sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Microsoft Excel Not Responding yang Mudah Diterapkan

1. Tambah kolom di Excel lewat Shortcut

Nah, ada langkah untuk menambahkan langkah mudah untuk kolom excel dengan shortcut.

  • Buka file Microsoft Excel.
  • Pilih sel yang disampingnya akan ditambahkan kolom.
  • Klik Ctrl + Shift bersamaan dengan tanda plus.
  • Kolom Excel akan bertambah ke sisi samping.

2. Tambah kolom di Excel lewat menu Insert

Pengguna bisa menambahkan kolom melalui menu Insert Column yang disediakan Excel.

  • Buka file Microsoft Excel.
  • Pilih sel Excel di mana kolom ingin ditambahkan
  • Pilih menu Home.
  • Klik Insert
  • Klik Insert Sheet Columns.
  • Nantinya kolom Excel akan bertambah.

Baca Juga: Ini Cara Install Microsoft Office 365 di Laptop secara Legal

3. Tambah kolom di Excel dengan shortcut keyboard

Berikutnya, pengguna bisa ikuti langkah mudah untuk menambahkan kolom di Excel berikut ini.

  • Buka dokumen Microsoft Excel. 
  • Letakkan kursor di sel yang berada di kanan sel baru. 
  • Sorot atau blok semua kolom 
  • Klik secara bersamaan menu shortcut.
  • Untuk Windows, klik tombol ctrl + shift + + tanda plus).
  • Untuk Mac, klik command + shitf + + (tanda plus).
  • Nantinya kolom Excel akan bertambah.

4. Tambah kolom di Excel dengan Klik Kanan

Terakhir, pengguna bisa memanfaatkan fitur klik Kanan dari mouse untuk menambahkan kolim di Microsoft Excel.

  • Buka dokumen Microsoft Excel.
  • Pilih bagian Sel yang di sisi kolom yang akan ditambahkan.
  • Klik kanan pada sel.
  • Klik Insert.
  • Pilih Entire Column.
  • Klik OK.
  • Nantinya kolom Excel akan bertambah.

Itulah penjelasan terkait cara menambah kolom di Excel dapat diterapkan oleh pengguna sesuai kebutuhan.

Selanjutnya: Daftar Buah Rendah Gula yang Cocok untuk Penderita Diabetes Konsumsi

Menarik Dibaca: Daftar Buah Rendah Gula yang Cocok untuk Penderita Diabetes Konsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru