Inilah 4 Fakta Menarik Sirius, Bintang yang Paling Terang di Langit Malam

Selasa, 08 Februari 2022 | 11:14 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah 4 Fakta Menarik Sirius, Bintang yang Paling Terang di Langit Malam


SPACE - Inilah 4 fakta menarik Sirius, bintang yang paling terang di langit malam. Seperti apa penampakan bintang yang paling terang ini? Cek fakta menarik mengenai bintang Sirius selengkapnya di sini.

Apakah Anda pernah mendengar kata Sirius? Bukan Sirius Black yang merupakan karakter di Harry Potter, tetapi yang dimaksud adalah bintang yang paling terang di langit malam.

Ya, Sirius adalah bintang yang paling terang apabila Anda melihatnya di langit malam. Dengan demikian, lebih mudah untuk mengenali bintang yang satu ini bila Anda mencarinya pada saat malam hari.

Pada dasarnya, Sirius adalah sebuah sistem bintang biner (sistem bintang yang terdiri dari dua komponen bintang), terdiri dari Sirius A dan Sirius B.

Berikut 4 fakta menarik tentang bintang Sirius:

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Sepasang Asteroid Termuda, Meskipun Begitu Usianya Sekitar 300 Tahun

Bintang Sirius

1. Nama Sirius diambil dari Bahasa Yunani, apa aritnya?

Masih digunakan sampai saat ini, ternyata nama bintang Sirius ini berasal dari Bahasa Yunani. Dengan kata aslinya Seirios, yang memiliki arti "berkilau".

Nama Sirius ini memang sudah menggambarkan bagaimana bintang ini tampil paling mempesona dan berkilau di langit malam. Sirius hampir dua kali lebih terang dari bintang Canopus, yang menduduki urutan ke-2 sebagai bintang yang paling terang di malam hari.

2. Penampakan bintang Sirius, bagaimana cara melihatnya?

Bintang Sirius pada dasarnya dapat dilihat dari semua tempat di permukaan Bumi. Namun demikian, beberapa orang yang tinggal pada garis lintang di atas 73,284 derajat utara tidak dapat melihat betapa berkilaunya bintang Sirius ini.

Waktu terbaik untuk melihat bintang Sirius jatuh pada tanggal 1 Januari, di mana bintang tersebut mencapai meridian (garis khayal pada permukaan Bumi) pada tengah malam.

Editor: Arif Budianto

Terbaru