Inilah 5 Planet Paling Terang yang Terlihat dari Bumi meskipun Tanpa Teleskop

Kamis, 03 Maret 2022 | 13:06 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah 5 Planet Paling Terang yang Terlihat dari Bumi meskipun Tanpa Teleskop

ILUSTRASI. Inilah 5 planet paling terang yang terlihat dari Bumi meskipun tanpa teleskop.


SPACE - Inilah 5 planet paling terang yang terlihat dari Bumi meskipun tanpa teleskop. Planet-planet ini adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Yuk, intip fakta menarik tentang planet-planet tersebut di sini.

Tahukah Anda, ternyata tidak hanya bintang yang bisa Anda lihat dengan mata telanjang tanpa bantuan teleskop di langit. Beberapa planet di tata surya juga dapat Anda saksikan di saat-saat tertentu meskipun tanpa alat bantuan optik.

Mengutip dari Nakedeyeplanets, setidaknya ada lima planet di tata surya yang bisa Anda lihat dengan mata telanjang. Planet-planet tersebut dapat terlihat dari Bumi karena paling terang.

Baca Juga: NASA Deteksi Asteroid Raksasa Melintas Dekat Bumi Awal Maret ini, Apakah Aman?

Bahkan sejak zaman kuno, orang-orang bisa melihat dengan mata telanjang planet-planet yang terang ini. Namun demikian, tidak semua planet dapat terlihat dalam satu malam.

Berbeda dengan bintang yang bisa memproduksi cahayanya sendiri, planet memantulkan cahaya dari sinar matahari. Proporsi sinar matahari yang dipantulkan oleh planet dikenal sebagai albedo. 

Kecerahan sebuah planet dapat dilihat dari Bumi dengan mata telanjang tergantung pada sejumlah faktor. Misalnya, jarak dari Matahari, ukurannya yang tampak (ukuran sudutnya jika dilihat dari Bumi), serta posisi relatif planet dan Bumi dalam orbitnya.

Baca Juga: Kawah Tumbukan Meteor Terbesar Ditemukan, Lokasinya di Negeri Tirai Bambu

Editor: Arif Budianto

Terbaru