Inilah 6 alasan kucing sangat disukai sebagai hewan peliharaan favorit

Jumat, 22 Januari 2021 | 15:42 WIB   Penulis: Mega Putri
Inilah 6 alasan kucing sangat disukai sebagai hewan peliharaan favorit

Beragam alasan kucing sangat disukai sebagai hewan peliharaan di rumah.

KONTAN.CO.ID - Kucing masih menjadi salah satu hewan peliharaan yang favorit. Beberapa orang bahkan sanggup memelihara lebih dari satu kucing lucu di rumahnya. 

Padahal, memelihara kucing bisa menambah kesibukan setiap harinya. Memelihara kucing juga membuat Anda harus menyisihkan uang untuk perawatan hewan ini atau biaya makanannya. 

Selain itu, kucing juga sering melakukan tingkah aneh. Kira-kira apa yang membuat kucing tetap sangat disukai? Simak 6 alasan di bawah ini. 

Lucu dan menggemaskan

Alasan pertama yang membuat orang sangat menyukai kucing adalah karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Mulai dari bentuk tubuh kucing, suara, dan gerakan ekornya membuat kucing terlihat menggemaskan.

Baca Juga: 5 Penyebab kucing mendadak mengeong dengan keras

Bertingkah aneh

Meski menggemaskan, kucing seringkali bertingkah aneh saat sendiri atau bersama kucing lain. Hewan ini juga melakukan hal-hal berbahaya. Semua tingkah anehnya justru membuat manusia tersenyum dan menjadi hiburan tersendiri.

Menghilangkan rasa stres

Melansir situs Psycology Today, orang yang memelihara kucing memiliki resiko serangan jantung yang lebih rendah. Hasil penelitian lain mengungkapkan, memelihara kucing dapat menurunkan tekanan darah.

Memelihara kucing juga dapat memberikan efek meningkatkan dopamin dan serotonin dalam tubuh manusia. Hormon-hormon tersebut dapat mengurangi stres dan meningkatkan fungsi daya tahan tubuh. 

Beberapa hal yang membuat kucing sangat disukai manusia.

Tidak sulit dipelihara

Kucing sangat disukai karena mudah dipelihara. Kucing tidak membutuhkan banyak ruang di dalam rumah dan tidak sulit untuk menyiapkan makanan atau minumannya. Kucing juga dapat ditinggalkan sendiri di rumah selama pemiliknya bekerja. 

Baca Juga: Kucing Anda mendadak tidak mau makan? inilah 5 hal yang mungkin menjadi penyebabnya

Berperilaku mirip anjing

Menurut situs Patch, kucing berperilaku mirip anjing. Sama seperti anjing, kucing sangat disukai saat antusias menyapa orang yang masuk ke dalam rumah dan senang saat mendapatkan perhatian dari manusia. 

Mengurangi rasa sepi di rumah

Satu lagi yang membuat kucing sangat disukai karena bisa mengurangi rasa sepi di rumah. Kucing dan manusia dapat melakukan aktivitas bersama atau sekedar menemani kegiatan manusia di rumah.

Selanjutnya: Kenapa kucing suka masuk ke dalam kardus? Ini penjelasannya

Editor: Mega Putri


Terbaru