Inilah Arti Warna Hijau Menurut Feng Shui, Termasuk Contoh Penerapannya

Senin, 05 September 2022 | 13:44 WIB Sumber: The Spruce
Inilah Arti Warna Hijau Menurut Feng Shui, Termasuk Contoh Penerapannya

ILUSTRASI. Inilah Arti Warna Hijau Menurut Feng Shui, Termasuk Contoh Penerapannya


FENG SHUI - Jakarta. Sudah tahu belum? Inilah arti warna hijau menurut Feng Shui, termasuk contoh penerapannya. Apa kata Feng Shui tentang warna hijau ini? Dan bagaimana contoh penerapannya di rumah?

Dikutip dari The Spruce, warna adalah cara yang paling sederhana dan mudah untuk mulai menerapkan prinsip Feng Shui ke rumah Anda. 

Dalam Feng Shui, ada beragam cara yang berbeda untuk setiap warna, termasuk hubungan dan maknanya masing-masing. Warna juga dapat mewakili jenis qi atau energi tertentu, dari salah satu dari banyak sistem energi di Feng Shui.

Misalnya, masing-masing dari lima elemen yang ada di dalam Feng Shui, terhubung dengan warna yang berbeda pula.

Dari sekian banyak warna yang Anda kenal, apakah Anda menyukai warna hijau? Hijau adalah salah satu warna yang mewakili elemen Feng Shui.

Sistem lima elemen mengenali lima jenis energi yang berbeda, masing-masing dengan kualitas dan karakteristik yang berbeda pula. Dalam Feng Shui, kita kerap kali melihat elemen berbeda ini dengan tujuan menciptakan lebih banyak harmoni dan keseimbangan rumah serta kehidupan seseorang.

Nah, hijau sendiri terhubung dengan elemen kayu, yang semuanya berhubungan dengan kasih sayang, fleksibilitas, penyembuhan, dan pertumbuhan.

Dinding rumah berwarna hijau sage

Baca Juga: 8 Panduan Feng Shui untuk Pengusaha, Membawa Hoki dan Kesuksesan Bisnis

Dalam Feng Shui dikenal juga yang disebut peta Bagua. Bagua adalah salah satu dari beberapa alat Feng Shui yang digunakan untuk melihat bagaimana kehidupan kita sesuai dengan rumah kita.

Dalam sistem bagua, warna hijau adalah warna area Feng Shui Bagua yang berhubungan dengan keluarga. Area ini disebut sebagai area Keluarga yang mewakili awal baru dan hubungan kita dengan alam.

Hijau, mengingatkan kita kepada energi musim semi dan awal yang baru, seperti rerumputan yang tumbuh ke atas.

Dengan membawa warna hijau ke dalam ruangan di rumah Anda, ini akan terhubung dengan energi yang menghijau dan vital dari rumput, pohon, dan alam secara keseluruhan.

Lalu, bagaimana cara menggunakan atau contoh penerapan warna hijua di dalam rumah menurut Feng Shui?

Dalam Feng Shui, warna di dalam rumah tidak hanya membuat penampilan ruangan tertentu terlihat menarik. Ketika Anda memasukkan warna hijau ke rumah, itu benar-benar dapat membawa dekorasi ruangan tersebut ke level berikutnya.

Hijau akan membantu mengundang lebih banyak fleksibilitas dan kasih sayang, meningkatkan keharmonisan keluarga, memulau sesuatu yang baru atau bahkan menginspirasi ide dan kreativitas baru.

Contoh penerapan warna hijau di rumah Anda juga ada banyak cara. Mulai dari menegcat dinding atau bagian tertentu, furnitur dengan warna senada, karya seni, tekstil dan barang-barang dekorasi lainnya yang berwarna hijau.

Warna hijau yang cerah akan membangkitkan semangat. Untuk mengundang lebih banyak energi penyembuhan dan suasana yang menenangkan, carilah perpaduan warna hijau-biru yang lembut.

Jika Anda merasa buntu dan membutuhkan dorongan energi, cobalah menerapkan warna hijau seperti hutan yang lebat.

Baca Juga: Inilah 4 Aturan Feng Shui yang Mudah untuk Menghadirkan Kebahagiaan di Rumah

Untuk merangsang kreativitas, tambahkan warna hijau cerah dengan nada kuning.

Tak cukup sampai di situ saja, Anda juga dapat menambahkan warna hijau ke dalam rumah lewat tanaman. Tanaman hias adalah cara yang bagus untuk membawa warna hijau ke dalam rumah Anda tanpa harus mengecat apa pun.

Mereka semua mewujudkan elemen kayu, dan pertumbuhan ke atas adalah metafora yang kuat.

Perlu diperhatikan, Anda juga harus mengurus tanaman hias di dalam rumah. Biarkan mereka tumbuh dengan sehat, tumbuhan juga membutuhkan perawatan dan perhatian, bukan?

Masih kurang? Feng Shui juga bukan hanya tentang rumah atau hunian Anda. Ada banyak cara yang bekerja dengan Feng Shui dan warna di luar ruang hidup fisik Anda.

Misalnya, Anda dapat menggunakan pakaian berwarna hijau. Ketika Anda merasa sedikit tidak bersemangat, coba kenakan sesuatu yang berwarna hijau, seperti kemeja, syal atau bahkan perhiasan dengan batu berwarna hijau.

Ada pun tips untuk lebih banyak keharmonisan hadir dalam keluarga Anda juga bisa menambahkan warna hijau ke area keluarga di peta Bagua. Adalah dengan menemukan posisi Zhen atau Zhen positition.

Untuk menemukan area tersebut, Anda dapat beridiri di pintu masuk utama rumah, lalu menghadap ke dalam. Bayangkan sebuah kotak tiga kali tiga membentang di seluruh rumah Anda.

Di bagian kiri tengah adalah area Keluarga. Anda juga dapat menggunakan proses yang sama di ruangan tertentu di rumah Anda, seperti kamar tidur Anda, lalu beridiri di pintu masuk lalu menghadap ke dalam rumah, lalu temukan bagian kiri di tengah ruangan.

Untuk meningkatkan keharmonisan, Anda dapat menambahkan tiga tanaman hijau ke area keluarga di rumah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru