Inilah beberapa fitur baru Android 12, makin smooth hingga peningkatan sisi keamanan

Minggu, 23 Mei 2021 | 08:45 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah beberapa fitur baru Android 12, makin smooth hingga peningkatan sisi keamanan


ANDROID - Inilah beberapa fitur Android 12 yang perlu Anda ketahui. Mulai dari perombakan penampilan yang lebih cantik nan smooth hingga peningkatan dari sisi privasi dan keamanan.

Setiap tahun Google punya agenda untuk meningkatkan versi sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan di smartphone saat ini. Ya, Android setiap tahunnya mendapatkan versi terbaru yang kali ini menginjak versi ke-12.

Tidak serta merta hanya mengubah dari angka 11 ke 12, meningkatnya versi Android umumnya menghadirkan beberapa perubahan, termasuk penambahan fitur. Begitu pula dengan Android 12 yang belum lama ini diumumkan oleh Google mengenai fitur-fitur yang diusungnya.

Berbicara tentang fitur, Android 12 menghadirkan beberapa perombakan, khususnya dari segi tampilan visual. Tidak hanya itu saja, Google juga meningkatkan dari sisi keamanan sehingga memberikan ruang privasi tersendiri bagi pengguna.

Tak perlu berlama-lama lagi, mari kita simak fitur baru di Android 12 di bawah ini dikutip dari blog resmi Google.

Perombakan tampilan antarmuka, hadirkan pengalaman kustomisasi yang lebih personal

Android 12

Seperti yang kita ketahui, hampir setiap versi Android memiliki tampilan khasnya masing-masing. Semakin baru, tampilan antarmuka Android terlihat semakin cantik dan tentu saja menghadirkan kustomisasi yang lebih luas.

Termasuk di Android 12, Google memoles penampilan antarmuka Android 12 sedemikian rupa sehingga tampil lebih cantik. Efek-efek animasi baru juga ditambahkan ketika pengguna berinteraksi dengan layar smartphone.

Menurut Google, perombakan desain Android 12 merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Android. 

Dari segi personalisasi, Google menghadirkan pengalaman unik dimana tampilan antarmuka Android 12 bakal menyesuaikan warna wallpaper yang kita gunakan. Misalkan kita menggunakan wallpaper yang didominasi oleh warna biru, maka warna antarmuka yang tampil adalah warna biru.

Penyesuaian warna ini juga bakal berlaku untuk widget, icon, notification shade, lock screen, volume control dan masih banyak lagi.

Tidak berhenti di situ saja, Google juga menghadirkan efek animasi yang menarik di Android 12. Google menyebutnya dengan fluid motion and animations

Setiap interaksi yang kita lakukan di Android 12, seperti menghapus notifikasi, menggeser layar dan lain sebagainya terasa begitu smooth alias mulus. Efek animasi seperti mengalir begitu saja ketika kita melakukan interaksi apapun di Android 12.

Masih belum berakhir di sini, Google juga memanfaatkan ruang-ruang kosong yang ada di notifikasi. Dengan demikian pengguna Android 12 bisa melihat informasi yang lebih banyak lagi ketika membuka notifikasi.

Editor: Arif Budianto

Terbaru