Inilah daftar sepeda motor yang bisa jadi investasi menguntungkan, harga ratusan juta

Kamis, 23 Juli 2020 | 07:05 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah daftar sepeda motor yang bisa jadi investasi menguntungkan, harga ratusan juta

ILUSTRASI. Yamaha RX-King, salah satu sepeda motor yang kini berharga mahal


SEPEDA MOTOR TERMAHAL - Jakarta. Sejumlah sepeda motor bekas kini bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Pasalnya, di tengah jumlah yang semakin langka, harga sepeda motor bekas itu semakin mahal, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. 

Umumnya, sepeda motor yang bisa menjadi investasi itu adalah keluaran tahun 1990. Pada periode itu, teknologi sepeda motor sudah lumayan canggih dibandingkan tahun 1980-an dan sebelumnya.

Selain itu, sepeda motor tahun 1990 juga memiliki desain yang bagus. Jika dirawat dengan baik dan terjaga orisinalitasnya, banyak kolektor siap membayar dengan harga tinggi.

Baca juga: Ada hadiah US$ 2 juta atau Rp 29 miliar jika bisa bantu tangkap hacker ini

Berikut beberapa deretan motor produksi lawas yang masih punya harga tinggi :

1. Honda Astrea Grand

Motor bebek yang satu ini bisa dibilang berperan dalam tren bebek retro belakangan ini. Astrea Grand tersedia dalam dua tipe, pertama model tahun 1991 dengan buritan yang rata.

Sedangkan yang kedua, di atas lampu belakang sudah ada tambahan lampu kecil. Model yang diburu oleh konsumer otomotif mulai dari generasi awal.

Berdasarkan situs jual beli motor bekas, motor ini ada yang dibanderol dengan harga Rp 15 juta. Padahal, saat baru dirilis tahun 1990-an dulu, harga motor Honda Astrea Grand hanya sekitar Rp 3 jutaan.

2. Honda Win 100

Tren modifikasi yang sedang marak dilakukan saat ini, membuat motor bekas Honda Win 100 banyak diminati konsumer otomotif. Pemilik toko Roda Gila 99, mengatakan, tren Win 100 saat ini ada dua gaya.

Pertama untuk restorasi dan kedua untuk modifikasi. “Untuk Honda Win 100 tahun 1984 yang sudah direstorasi dengan kondisi 90 persen harganya mencapai Rp 28 jutaan, sedangkan untuk yang sudah dimodifikasi bergaya semi trail ada dikisaran Rp 18 jutaan,” ujar Irfan kepada Kompas.com.

3. Yamaha TZM 150

Pada pertengahan tahun ’90-an, Yamaha sempat menggemparkan pasar motor sport berbodi fairing, 2-tak yakni TZM 150. Motor ini menggunakan sistem karburasi menggunakan mikuni VM30SS dengan power jet nozzle, yang merupakan teknologi paling mutakhir pada masa itu.

Motor ini memiliki kisaran harga Rp 24 jutaan hingga Rp 40 jutaan, tergantung dengan kondisi nya.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru