Inilah deretan mobil mikro terkecil di dunia yang pernah diproduksi, ada dari BMW

Minggu, 23 Agustus 2020 | 12:00 WIB Sumber: Hot Cars
Inilah deretan mobil mikro terkecil di dunia yang pernah diproduksi, ada dari BMW

KONTAN.CO.ID - AMERIKA SERIKAT. Mobil berukuran normal sudah banyak di jalanan. Terdapat mobil berukuran kecil yang bernama mobil mikro. Mobil ini menyasar pada mobil yang hanya memuat satu orang dewasa. Kini, mobil mikro terkecil masih bisa dilihat di berbagai belahan dunia.

Kontan.co.id mengutip dari Hotcars, 5 mobil mikro terkecil di dunia yang ada saat ini, berikut daftarnya:

1. Peel P50

Mobil terkecil di dunia

Peel P50 memimpin sebagai mobil terkecil yang pernah diproduksi. Mobil ini mampu digerakkan dengan tangan karena tidak memiliki gigi mundur.

Para desainer menginginkan sebuah mobil yang dapat digunakan di kota. Desainer juga merancang mobil menampung satu orang dewasa dan satu tas belanja. Mobil terkecil ini dibanderol sekitar $ 8.500 dolar atau Rp 125 juta.

Peel P50 memiliki tiga roda, satu pintu (di sisi kiri), pembersih kaca depan, dan lampu depan. Kecepatan tertinggi Peel P50 adalah 45 km/jam. Peel P50 memiliki panjang 1.341mm, lebar 980mm, dan tinggi 1.000mm.

Uniknya, Peel P50 sudah diakui  legal di jalan raya AS, Inggris Raya, Belanda, dan Uni Eropa. Peel P50 tidak dianggap sebagai kendaraan bermotor berjenis mobil. Di Belanda, Peel P50 adalah moped dan di Uni Eropa disebut sebagai quadricycle.

2. Brutsch Mopetta

Mobil terkecil di dunia

Brutsch Mopetta adalah contoh mobil terkecil asal Jerman. Total 14 mobil diproduksi antara 1956-1958. Mobil kecil itu memiliki kecepatan tertinggi 35 km/jam.

Mopetta menggunakan penggerak roda belakang dengan rantai dan mesin yang dapat dihidupkan dengan menggunakan tarikan starter. Panjang mobil itu 1.650mm. Lebar sekitar 914mm, dan tinggi 234mm.

Baca Juga: Semakin terjangkau, harga mobil bekas Honda City bekas kini mulai Rp 60 juta

3. Peel Trident

Mobil terkecil di dunia

Peel Trident merupakan salah satu mobil mikro terkecil di dunia kini masih diproduksi. Peel Trident mulai diproduksi pada 2011 di Pulau Man. Sejak awal, telah dibuat 45 unit mobil Peel Tridents.

Peel Trident memiliki flip-top dan tanpa pintu serta mengandalkan mesin 4.2 horsepower. Mobil itu memiliki panjang 1854mm dan lebar 990mm. Mobil ini telah muncul di beberapa acara televisi Amerika dan Inggris.

Pengemudi Peel Trident tidak perlu khawatir karena mobil ini hanya mampu melaju 45 km/jam.

4. Heinkel Kabine

Mobil terkecil di dunia

Mobil mikro terkecil selanjutnya yakni Heinkel Kabine. Heinkel Kabine diproduksi antara tahun 1956 dan 1958 oleh perusahaan manufaktur pesawat Jerman.

Namun, lisensi produksi telah dipindahkan beberapa kali, dari Perusahaan Teknik Dundalk di Irlandia ke Trojan Cars Ltd di Inggris. Lisensi tersebut kemudian dipindahkan ke Los Cedros S.A.di Argentina.

Mobil mikro ini hadir dengan satu pintu dan mesin empat silinder yang berkekuatan hingga 9,2 horsepower. Heinkel Kabine memiliki panjang 26.000mm, lebar 1.369mm, dan tinggi 1.320mm.

Karena mobil hanya memiliki satu pintu, para perancang benar-benar memasang atap kanvas di atasnya. Sehingga memungkinkan pengemudi untuk keluar ketika pintu macet.

Mobil tekecil dari Heinkel ini dirilis dalam tiga model mobil. Mulai dari kecepatan tertinggi 54, 55, dan 56 km/jam.

5. BMW Isetta

Mobil terkecil di dunia

BMW juga memproduksi mobil mikro terkecil di dunia yakni BMW Isetta. BMW Isetta memiliki desain tiga roda dengan pintun yang tidak biasa. BMW Isetta memiliki satu pintu yang hanya terbuka dari depan.

Hal ini dapat menjadi tantangan bagi pengemudi untuk turun dari mobil, terutama jika mereka parkir terlalu dekat dengan mobil lain.

BMW Isetta memiliki panjang 2.845mm dan lebar 1.371mm. Mobil ini sebenarnya didukung oleh mesin sepeda motor. Dengan mesin ini, Isetta dapat melaju dari 0 hingga 48 km/jam dalam 30 detik. Mobil terkecil milik BMW ini memiliki kecepatan tertinggi 77 km/jam

Baca Juga: Sedan mewah sudah murah, harga Toyota Camry bekas kini mulai Rp 110 Juta

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru