HOME

Inilah fungsi WhatsApp yang bakal hilang bila tidak menyetujui kebijakan baru

Kamis, 13 Mei 2021 | 07:45 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah fungsi WhatsApp yang bakal hilang bila tidak menyetujui kebijakan baru

KONTAN.CO.ID - Inilah fungsi WhatsApp yang bakal hilang bila tidak menyetujui kebijakan baru. Secara bertahap beberapa fungsi WhatsApp tidak berjalan semestinya, apa saja?

Gembar-gembor WhatsApp terkait kebijakan baru membuat banyak user atau penggunanya ragu-ragu untuk menerima kebijakan privasi barunya. Alih-alih menghubungkan WhatsApp dengan Facebook membuat sebagian user khawatir jika datanya bakal dibagikan ke Facebook.

Namun demikian, pihak WhatsApp pun telah mengkonfirmasi bahwa data privasi tetap aman. Mendekati batas akhir kebijakan privasi baru WhatsApp yang jatuh pada tanggal 15 Mei, apakah Anda sudah siap menyetujui kebijakan tersebut?

Mengutip dari laman FAQ WhatsApp, adapun beberapa fungsionalitas WhatsApp yang bakal dibatasi hingga pengguna menerima kebijakan privasi baru WhatsApp. Fungsionalitas tersebut terbilang cukup penting di WhatsApp, jadi apabila kita tidak menyetujuinya, fungsi utama WhatsApp bakal hilang.

Pihak WhatsApp mengungkapkan bahwa fungsionalitas WhatsApp akan menjadi terbatasi sampai pengguna menerima pembaruan. Hal ini tidak terjadi secara serentak untuk semua pengguna.

Baca Juga: Jelang 15 Mei, WhatsApp gencar munculkan notifikasi soal kebijakan baru

Adapun beberapa fungsi yang dibatasi, seperti berikut ini:

  • Anda tidak akan dapat mengakses daftar chat, tetapi masih bisa menjawab panggilan suara dan video yang masuk. Jika Anda telah mengaktifkan notifikasi, Anda dapat mengetuk notifikasi untuk membaca atau menjawab pesan, atau menelepon baik panggilan suara dan video yang tak terjawab.
  • Setelah pengguna mengalami fungsionliatas yang terbatas selama beberapa minggu, pengguna tidak akan menerima panggilan masuk atau notifikasi. WhatsApp akan berhenti menyampaikan pesan dan panggilan ke telepon Anda.

Pihak WhatsApp pada dasarnya bakal membatasi penggunanya apabila belum atau tidak menyetujui kebijakan privasi barunya. Mulai dari tidak bisa mengakses daftar chat hingga kehilangan fungsi utamanya yang mempermudah komunikasi, yakni tidak bisa menerima panggilan masuk maupun notifikasi.

Kebijakan privasi baru WhatsApp

Apabila Anda membuka WhatsApp dan muncul notifikasi pembaruan kebijakan baru, tinggal ketuk "ACCEPT" atau "SETUJU" untuk menerima kebijakan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari pembatasan fungsionalitas WhatsApp setelah 15 Mei mendatang.

Selanjutnya: WhatsApp pastikan tak ada akun yang bakal dihapus pada 15 Mei 2021

Editor: Arif Budianto
Terbaru