HOME

Inilah jajaran model wah dari jam tangan mewah Richard Mille

Sabtu, 12 Juni 2021 | 09:00 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Inilah jajaran model wah dari jam tangan mewah Richard Mille

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Nama jam tangan Richard Mille kembali kondang di Tanah Air. Kali ini bukan ada kaitannya dengan Setya Novanto, pesakitan di kasus korupsi e-KTP.  Mantan Ketua DPR tersebut pernah menerima sogokan sebuah jam tangan Richard Mille yang dibeli di Beverly Hills.

Tetapi terkait adanya gugatan ke salah satu toko jam tangan di ibukota dari seorang pembeli yang hingga kini tidak kunjung menerima dua jam tangan Richard Mille. Yakni seri tipe RM 56-02 Blue Sapphire Unique Piece dan RM 57-03 wg Black Sapphire Dragon. Harganya, masing-masing Rp 70 miliar di tahun 2019. 

Sebelumnya, jam Richard Mille ini juga sempat bikin heboh. Ini tatkala Kepala Staf Kepresiden Moeldoko saat menjabat sebagai Panglima TNI, memamerkan  jam tangan Richard Mille RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph "Black Kite" di pergelangannya saat wawancara dengan salah satu media Singapura.

Baca Juga: Richard Mille membuka kembali kisah dengan Setya Novanto

Balai lelang Christie mengamini, jam tangan Richard Mille memang menjadi salah satu kolektor bagi para the have. Salah satu penyebab adalah Richard Mille, sang pembuat, ingin membuat jam tangan high end dengan inovasi teknis yang tidak terbatas. 

Dari sisi desain, jam tangan Richard Mille diibaratkan sebagai supercar mini di pergelangan tangan. Maklum, Richard Mille kerap berkolaborasi dengan olahraga otomotif, seperti dengan Mc Laren serta Ferrari.

Dan yang terutama dari semua itu adalah, di setiap seri jam tangan yang Richard Mille produksi, jumlahnya amat terbatas. Dalam setahun, Richard Mille paling banter memproduksi hingga 5.000 jam tangan saja.

Berikut, beberapa model jam Richard Mille yang bikin takjub.

RM 001
Inilah produksi perdana jam tangan dari Richard Mille yang mulai berkiprah di 2001. Meski langsung tancap gas masuk ke pasar jam mewah, uniknya, tidak ada logam mahal yang menempel di jam tersebut, seperti emas, berlian atau logam bernilai lainnya. Yang ada hanyalah desain engineering sebuah jam tangan. Harganya kala itu sekitar € 159.000 (sekitar Rp 2,7 miliar dengan kurs € 1 setara Rp 17.000) dan cuma diproduksi 30 unit saja.

RM 56 Sapphire
Salah satu produk termahal besutan Richard Millle. Sekilat pandang, kita akan meyangka kalau jam tangan ini terbuat dari plastik karena sinar yang ditimbulkannya. Ternyata seluruh kasing jam ini terbuat dari safir. Dan diklaim, jam tangan ini tahan dibawa hingga ke luar angkasa. Wow. Harganya? Sekitar US$ 1,56 juta (Rp 21,84 miliar dengan kurs Rp 14.000 per dolar AS) saat awal dikeluarkan dan cuma ada 5 unit saja di dunia.

RM 25-01 Red Skull
Model RM 25-01 ini terbilang tidak biasa dari model Richard Mille lainnya. Bayangkan di tengah jam, ada desain tengkorak manusia. Namun dengan bingkai yang terlihat megah, model tersebut terlihat eksklusif. Maklum, Richard Mille hanya memproduksi 21 unit saja, dan harga perdananya yakni US$ 1,4 juta atau sekitar Rp 19,6 miliar.

RM  018 Meteorite Watch
Ini adalah hasil kerjabareng Richard Mille dengan perusahaan perhiasan legendaris Boucheron. Jam tangan ini punya desain inovatif dan roda penggerak mekanik jamnya diklaim terbuat dari meteorit. Barang langka ini kala dibuat cuma ada 30 unit saja dengan harga perdana sekitar $ 1 juta atau Rp 14 miliar lebih.

RM 008 Felipe Massa
Ini adalah jam seri perdana kerjabareng Richard Mille dengan pembalap Felipe Massa yang didaulat menjadi duta jam Swiss tersebut. Jam tangan ini terbuat dari emas putih, tali kulit serta 85 komponen yang tergabung satu sama lainnya. Sesuai namanya, mantan pembalap Felipe Massa pernah menjadi duta Richard Mille dan mengenakan jam tersebut saat dirinya memacu jet darat di setiap lintasan. Jam tangan ini diproduksi juga dengan jumlah terbatas dengan harga yang dipatok US$ 850.000 atau sekitar Rp 12 miliar lebih. Setelah RM 008, terdapat beberapa seri lanjutan Felipe Massa, seperti RM 009, serta RM 011 tentu dengan produksi yang terbatas juga.

Selanjutnya: Richard Mille, jam tangan mewah kaum jetset yang kini tuai persoalan

 

Editor: Markus Sumartomjon
Terbaru