Inilah penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook down berjam-jam

Selasa, 05 Oktober 2021 | 09:15 WIB Sumber: Engadget,Engadget,The Verge
Inilah penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook down berjam-jam

ILUSTRASI. Inilah penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook down berjam-jam


WHATSAPP - Inilah penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook down berjam-jam. Beberapa sumber mengatakan bahwa pembaharuan BGP (Border Gateway Protocol) yang salah menjadi penyebab utama tumbangnya beberapa layanan Facebook malam tadi (4/10/2021).

Malam tadi (4/10/2021), warga dunia maya mengungkapkan kekesalannya karena tumbangnya beberapa layanan aplikasi yang kerap kali digunakan. Ya, WhatsApp yang merupakan salah satuu aplikasi yang kerap kali digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia down selama berjam-jam.

Bukan hanya itu saja, selain WhatsApp, produk atau layanan di bawah Facebook lainnya juga ikut tumbang. Sebut saja Facebook dan Instagram yang mengalami kejadian serupa, sulit diakses.

Selama WhatsApp, Instagram, dan Facebook down, Twitter seketika ramai dengan cuitan-cuitan yang mengungkapkan keresahan para pengguna layanan tersebut atas peristiwa yang sedang terjadi.

Hingga pada akhirnya, sekitar pukul 00.00 pihak Facebook mengumumkan bahwa layanan mereka memang sedang mengalami gangguan dan sulit diakses. Lewat akun resmi Twitternya (@Facebook), mereka meminta maaf atas kejadian tersebut dan segera memperbaikinya supaya kembali normal.

 Situs Downdetector juga mencatat bahwa peristiwa WhatsApp down yang juga disusul oleh Facebook dan Instagram puncaknya terjadi sekitar pukul 00.00.

Baca Juga: Layanan masih down, Facebook, Instagram, dan WhatsApp minta maaf

Lalu, apa sebenarnya penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook down?

ILUSTRASI: WhatsApp, Instagram, dan Facebook

Mengurip dari Engadget, reporter keamanan Brian Krebs melaporkan bahwa tumbangnya WhatsApp, Instagram, dan Facebook disebabkan oleh masalah yang terjadi pada BGP (Border Gateway Protocol). Menurut Krebs, pembaruan rutin BGP yang salah menyebabkan tumbangnya berbagai layanan dan produk Facebook, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Mengutip dari The Verge, BGP merupakan salah satu sistem yang digunakan internet untuk mengarahkan traffic atau lalu lintas internet Anda ke tempat yang dibutuhkan secepat mungkin. Tugas BGP adalah menunjukkan jalan dan memastikan itu merupakan rute yang terbaik.

Penyedia layanan DNS Cloudflare juga mengungkapkan bahwa BGP menajdi pelaku utama atas peristiwa WhatsApp down, yang juga menimpa dua rekannya, yakni Facebook dan Instagram. 

Apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook sudah kembali normal (online)?

Dalam cuitan akun resmi Facebook (@Facebook) di Twitter, produk dan layanan Facebook, termasuk WhatsApp dan Instagram sudah kembali pulih.

Dalam cuitan yang diposting sekitar dua jam yang lalu, pihak Facebook juga meminta maaf atas peristiwa yang menimpa seluruh pengguna produk dan layanan mereka di seluruh dunia.

Nah, sekarang Anda dapat mengecek WhatsApp, Instagram atau Facebook. Apakah sudah kembali normal?

Selanjutnya: Tumbang 6 jam, akhirnya Facebook, Instagram dan WhatsApp bisa diakses lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru