Inilah Profil Hokky Caraka, Striker Timnas Pencetak 4 Gol di Piala AFF U19 2022

Selasa, 05 Juli 2022 | 07:26 WIB Sumber: Kompas TV
Inilah Profil Hokky Caraka, Striker Timnas Pencetak 4 Gol di Piala AFF U19 2022

ILUSTRASI. Inilah Profil Hokky Caraka, Striker Timnas Pencetak 4 Gol di Piala AFF U19 2022


PIALA AFF - Jakarta. Hokky Caraka, Striker Timnas U19 Indonesia, menjadi kunci kemenangan saat mengalahkan Brunei Darussalam di Piala AFF U19 2022. Siapa Hokky Caraka? Berasal dari klub sepakbola mana Hokky Caraka?

Mengutip Kompas.tv, Hokky Caraka sukses berkontribusi besar dalam kemenangan Garuda Muda atas Brunei Darussalam di Piala AFF U19 2022. Timnas Indonesia sukses membantai Brunei dalam matchday 2 Grup A Piala AFF U19 2022 dengan skor 7-0, Senin (4/6/2022) di Stadion Patriot Bekasi.

Hokky Caraka menyumbang 4 gol kemenangan Indonesia. Gol-gol Hokky Caraka lahir pada menit ke-2, 14, 18, serta 45+1.

Sedangkan tiga gol lainnya dibukukan oleh Alfriyanto Nico (61'), Ronaldo Kwateh (11'), dan Arkhan Fikri (20').

Kemenangan ini membawa Indonesia ke posisi 2 klasemen Grup A dengan koleksi 4 poin. Anak asuh Shin Tae-yong unggul selisih gol atas Vietnam yang di posisi 3, dan berjarak 2 poin dari pemuncak Thailand.

Catatan quattrick ini juga membuat Hokky Caraka menjadi top skor sementara Piala AFF U19 2022. Hokky Caraka unggul 2 gol atas bomber Vietnam Nguyen Quoc Viet.

Baca Juga: Piala AFF U19: Thailand Sudah Menanti Setelah Timnas Tekuk Brunei 7-0

Sebelum menjadi striker untuk Timnas U19, Hokky Caraka ternyata dulunya merupakan seorang bek atau pemain bertahan. Walau demikian, posisi bermain Hokky Caraka mulai berganti setelah menjalani program belajar di Eropa bersama Garuda Select.

Pelatih Garuda Select, Dennis Wise menganggap Hokky Caraka punya atribut kecepatan yang sangat baik. Atas pengamatan tersebut, Hokky Caraka kemudian dialihfungsikan sebagai penyerang.

"Saya waktu mendapatkan pertanyaan dari tim pelatih, ‘Selain posisi stopper kamu bisanya apa, saya jawab jadi striker," dikutip dari Tribun Jogja.

"Kemudian saat sesi game, babak pertama jadi stopper kemudian babak kedua di tes jadi striker, alhamdulillah cetak tiga gol."

"Dari situ Dennis Wise makin yakin saya aslinya bukan stopper jadinya dipasang jadi striker," tandas pemain yang saat ini memiliki kontrak bersama klub Liga 1, PSS Sleman.

Hokky Caraka masih bisa berkembang

Kompas.tv memberitakan, Pelatih Timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong, menganggap Hokky Caraka masih memiliki banyak kekurangan meski sukses mencetak 4 gol dalam laga kontra Brunei Darussalam.

Shin Tae-yong meyakini Hokky Caraka masih bisa lebih bagus lagi. Pasalnya, permainan Hokky Caraka masih ada kekurangan. "Hari ini meskipun dia mencetak empat gol, tetapi dia masih banyak kekurangan," kata Shin Tae-yong dikutip dari Kompas.com.

"Dia masih harus lebih banyak belajar untuk ke depannya," lanjut mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Untuk laga selanjutnya, Indonesia sudah dinantikan oleh lawan kuat Thailand. Duel Indonesia vs Thailand akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Rabu (6/7/2022) malam WIB.

Profil Hokky Caraka

  • Nama: Hokky Caraka Bintang Briliant
  • Lahir: Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 21 Agustus 2003
  • Tinggi badan: 177 cm
  • Posisi: Striker
  • Klub saat ini: PSS Sleman

Itulah profil Hokky Caraka. Semoga Hokky Caraka kembali bermain bagus besok Rabu 5/7/2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru